5 Cara Mempersiapkan Usia Pensiun yang Sejahtera

Memiliki kehidupan yang sejahtera bahkan ketika Anda sudah tidak lagi pada usia produktif kerja adalah impian setiap orang. Namun pada kenyataannya, angan untuk bisa memiliki kemakmuran di usia pensiun kerap sulit diraih karena minimnya persiapan. Tanpa persiapan jelas usia pensiun bisa hanya menjadi mimpi buruk karena kebutuhan Anda cenderung bisa meningkat, tetapi penghasilan Anda jauh berkurang bahkan bisa jadi tidak ada lagi.

Persiapan yang matang terkait finansial pun mutlak diperlukan bagi Anda yang mulai merencanakan kapan hendak pensiun. Banyak langkah yang bisa Anda ambil guna membuat kondisi finansial Anda di masa pensiun tidak jauh berbeda, bahkan lebih baik, dibandingkan ketika waktu Anda masih bekerja.

Berikut ini adalah beberapa cara yang bisa Anda tempuh untuk mendapatkan masa pensiun yang sejahtera. Semakin cepat dilakukan artinya persiapan Anda semakin matang dan Anda bisa menginjak usia pensiun dengan lebih tenang.

  1. Sisihkan Bujet Khusus Pensiun

Sudah saatnya Anda mulai meninggalkan gaya hidup yang berlebihan jika memang ingin menikmati kesejahteraan di usia pensiun. Lebih baik Anda menyisihkan uang lebih banyak untuk persiapan dana khusus pensiun alih-alih menghamburkan uang untuk kebutuhan yang konsumtif. Jika Anda biasa menabung hanya sekitar 10 persen dari total pendapatan, mulai sekarang teguhkan hati untuk menambah porsi tabungan sampai dua kali lipat dari biasanya guna persiapan dana pensiun.

  • Ikut Serta Dana Jaminan

Sudah banyak lembaga keuangan yang menyediakan produk penyediaan dana jaminan hari tua atau dana pensiun. Cobalah Anda menjadi bagian dari kepesertaannya. Umumnya, kantor-kantor memang sudah menyediakan jaminan pensiun bagi karyawannya. Pemerintah saat ini juga sudah mengadakan program jaminan pensiun lewat Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Ketenagakerjaan. Namun, menambah keikutsettaan Anda untuk program dana jaminan pensiun di lembaga keuangan swasta juga tidak ada salahnya guna memastikan dana untuk hidup Anda selepas usia produktif lebih terjamin.

  • Beli Asuransi Kesehatan

Semakin tua usia Anda, semakin rentan pula berbagai penyakit akan menyerang Anda. Penyakit menjadi sangat merepotkan karena bukan hanya membuat Anda tidak bisa beraktivitas bebas, melainkan juga siap menggerus harta Anda guna biaya pengobatannya. Tidak jarang ditemui, orang-orang yang berada di usia pensiun mendadak “miskin” karena sebagian hartanya habis untuk penganana kesehatan. Guna mengantisipasi hal itu, belilah asuransi kesehatan yang mumpuni guna menanggulangi jika Anda terserang berbagai penyakit.

  • Mulai Lirik Investasi

Kebutuhan yang Anda perlukan pada usia pensiun nilainya tentu akan lebih tinggi dibandingkan kebutuhan yang sama jika dibelanjakan hari ini. Kondisi tersebut terjadi karena adanya inflasi yang membuat semua harga barang naik dari waktu ke waktu sehingga nilai uang menjadi lebih rendah. Penyelamat yang bisa Anda pilih guna menghindari kondisi tergerusnya nilai harta yang Anda miliki adalah investasi. Masukkan sebagian tabungan yang sudah Anda punya ke beberapa instrument investasi jangka panjang yang memiliki risiko rendah, seperti emas, reksa dana, maupun saham. Tidak hanya mempertahankan nila harta, pilihan untuk berinvestasi bahkan bisa meningkatkan nilai uang Anda di kemudian hari secara signifikan.

  • Cari Pemasukan Pasif

Anda bisa saja tidak lagi berada di usia produktif, tetapi bukan berarti Anda tidak bisa menghasilkan uang. Lewat pemasukan pasif, Anda bahkan bisa menerima pendapatan bahkan ketika Anda hanya duduk santai di depan teras. Tentunya untuk bisa menerima kondisi menyenangkan seperti itu, Anda harus memulainya dari sekarang. Carilah pemasukan pasif yang bisa menjadi pendapatan hingga usia tua, seperti membeli unit apartemen untuk disewakan ataupun membangun jaringan bisnis yang hanya tinggal di pantau ketika Anda sudah tidak bekerja lagi.

***

Banyak jalan menuju roma. Banyak langkah pula yang bisa Anda lakukan guna bisa memperoleh hidup sejahtera pada usia pensiun. Yang terpenting adalah Anda berani mencoba dan konsisten terhadap jalan yang sudah Anda pilih. Selamat mencoba dan menikmati hari tua di masa depan!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *