kekurangan vitamin k

7 Bahaya Kekurangan Vitamin K yang Mesti Diwaspadai

Salah satu vitamin yang paling mudah didapat sebenarnya adalah vitamin K. Anda bisa menemukan kandungan vitamin ini di berbagai jenis makanan dengan jumlah berlimpah. Sayuran hijau serta protein hewani merupakan sumber-sumber vitamin K yang bisa langsung mememuhi kebutuhan harian yang dianjurkan tiap kali Anda menyantap per porsinya. 

Kasus kekurangan vitamin K pun menjadi sangat jarang terjadi terkait kemudahan mendapatkan jenis vitamin ini lewat berbagai makanan. Namun tidak bisa ditampik, kasus-kasus terkait kekurangan vitamin K tetap ada dan mengintai siapapun, khususnya pada bayi maupun orang tua lanjut usia. Pada saat itu, pemberian suplemen vitamin K yang tepat sesuai petunjuk dokter mungkin diperlukan untuk menghindari kondisi-kondisi yang tidak diharapkan. 

Bagaimanapun, vitamin K merupakan vitamin esensial yang dapat memberikan banyak manfaat kesehatan bagi tubuh Anda. Kurangnya kadar vitamin K di dalam tubuh Anda pada akhirnya bisa menyeret Anda ked alma berbagai kondisi tidak menyenangkan, seperti di bawah ini. 

Mudah Memar 

Kekurangan vitamin K di dalam tubuh akan membuat proses pembekuan darah menjadi bermasalah. Salah satu akibatnya, Anda akan sangat mudah mengalami memar, walaupun hanya bersentuhan dengan benda tumpul. Kondisi memar ini jangan dipandang remeh karena bisa menjadi indikasi akan risiko berbagai penyakit yang lebih serius. Kondisi mudah memar, khususnya pada orang-orang yang kekurangan vitamin K, menunjukkan telah terjadi mineralisasi yang sangat mudah di tubuh sehingga peredaran darah menjadi tidak lancar. 

Risiko Osteoporosis Lebih Awal 

Sudah banyak orang yang paham bahwa fungsi dari vitamin K yang paling esensial adalah menjaga dan memelihara kekuatan tulang. Ketika Anda kekurangan vitamin K, risiko masalah tulang pun akan lebih terbuka lebar. Salah satu masalah tulang yang paling ditakuti adalah osteoporosis, di mana kondisi tulang Anda akan mengeropos hingga menjadi sulit bergerak ataupun lebih mudah mengalami patah tulang. Biasanya, osteoporosis dialami oleh orang-orang lanjut usia, namun bisa terjadi lebih cepat jika Anda terus mengalami kekurangan vitamin K. 

Mudah Pikun 

Vitamin K juga sangat berhubungan dengan daya ingat seseorang. Aliran darah yang lancar akibat prose pembekuan darah tidak terjadi secara berlebihan membuat fungsi otak terjaga. Orang-orang dengan kadar vitamin K tinggi nyatanya memiliki daya ingat lebih kuat hingga usianya di atas 70 tahun. Sebaliknya, orang-orang yang kekurangan vitamin K bisa saja menjadi lebih mudah pikun, walaupun umurnya masih tergolong usia produktif. 

Ancaman Penyakit Jantung 

Anda mungkin tidak pernah menduga bahwa berawal dari kekurangan vitamin K dari tubuh, ancaman terkena penyakit yang menjadi pembunuh nomor satu di dunia menjadi lebih besar. Ya, orang-orang dengan kadar vitamin K yang rendah di tubuhnya akan lebih mudah bermasalah dengan jantungnya. Ini karena kekurangan vitamin K membuat mineralisasi di pembuluh darah lebih mudah terjadi sehingga menimbulkan plak di arteri. Peredaran dari dari dan ke jantung pun menjadi terhambat sampai membuat kerja jantung menjadi berlebihan sehingga lebih rentan bermasalah atau rusak. 

Peluang Stroke Lebih Besar 

Sama seperti risiko penyakit jantung yang lebih besar karena kekurangan vitamin K, peluang terkena serangan stroke pun menjadi lebih tinggi. Alasannya hampir serupa karena menyangkut aliran darah yang tidak lancar akibat mineralisasi yang lebih mudah terjadi di pembuluh darah. Di mana karena rendahnya kadar vitamin K dalam tubuh, pembekuan darah lebih mudah terjadi dan menjadi sumbatan ke berbagai organ penting tubuh, tidak terkecuali ke bagian saluran dan organ otak yang berisiko menjadi serangan stroke. 

Jadi, jangan remehkan kadar vitamin K dalam tubuh Anda jika tidak ingin mengalami berbagai kondisi di atas, ya. Perbanyak mengonsumsi sayuran hijau maupun protein hewani guna menghindari kerentanan kekurangan vitamin K. 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *