5 Rekomendasi Obat Herbal untuk Asam Urat

Penyakit asam urat ditandai dengan gejala nyeri pada bagian sendi. Pada kondisi tertentu, asam urat bisa membuat penderitanya kesulitan berjalan. Untuk mengatasinya, kamu bisa mengonsumsi obat herbal untuk asam urat.

Obat herbal untuk asam urat dijual bebas, sehingga tidak perlu menggunakan resep dokter. Kamu bisa langsung membelinya di apotek terdekat atau secara online melalui Toko SehatQ.

Berikut ini rekomendasi obat herbal untuk asam urat yang bisa mengatasi nyeri pada persendian. 

Dami Sariwana Uricid

Dami Sariwana Uricid memiliki khasiat untuk meredakan rasa pegal linu dan juga nyeri pada bagian sendi. 

Obat herbal Dami Sariwana Uricid memiliki kandungan bahan-bahan alami seperti, celery seed extract (biji seledri) 60 mg, curcumae domesticae Rhizoma (rimpang kunyit) 125 mg, equiseti Herba (daun greges otot) 75 mg, dan ricini Folium (daun jarak) 50 mg.

Penggunaan obat ini sebaiknya sesuai dengan dosis yang diberikan ya, yakni 1 kapsul untuk 2 kali sehari. 

1 box Dami Sariwana Uricid isi 80 kapsul dijual dengan harga Rp132.000. 

Borobudur Herbal Murat Kapsul

Obat Borobudur Herbal Murat Kapsul memiliki khasiat untuk mengatasi nyeri pada sendi dan tulang, melancarkan peredarah darah, meredakan pegal linu, hingga melancarkan buang air kecil. 

Obat ini terbuat dari beberapa bahan-bahan alami seperti jahe yang bersifat anti-inflamasi, lengkuas untuk meredakan pegal, kumis kucing yang memiliki kandungan glikosida orthosiphonin yang berfungsi melarutkan asam urat, dan kunyit yang bersifat anti-inflamasi pada sendi. 

Untuk penggunaan obat ini, sebaiknya dibarengi dengan minum air putih minimal 2,5 liter per harinya, ya. Untuk hasil maksimal, konsumsi obat sebanyak 2 kapsul 3 kali sehari. 

1 box Borobudur Herbal Murat Kapsul isi 60 kapsul dijual dengan harga Rp75.000.

Herbamed Progelin Plus Kapsul

Herbamed Progelin Plus Kapsul memiliki khasiat untuk mengatasi beberapa masalah seperti:

  • Melancarkan sirkulasi darah karena kolesterol dan asam urat
  • Meredakan rasa sakit karena peradangan
  • Banyak mengeluarkan air seni sehingga sisa metabolisme yang tidak berguna termasuk asam urat bisa keluar
  • Menormalkan kadar asam urat
  • Mendukung fungsi ginjal untuk mencegah terbentuknya kristal asam urat

Obat ini terdiri dari bahan-bahan alami seperti rimpang jahe, daun tempuyung, herba sambiloto, temulawak, brotowali, dan juga sidaguri. 

Berdasarkan dosis yang dianjurkan, konsumsi obat ini 2 kapsul sebanyak 3 kali sehari dan sebaiknya konsumsi 30 menit sebelum makan. 

1 botol Herbamed Progelin Plus Kapsul isi 50 kapsul dijual dengan harga Rp80.000.

ProUric Kapsul

ProUric Kapsul memiliki manfaat untuk mengatasi nyeri sendi karena asam urat. Obat ini memiliki kandungan seperti sambiloto, temulawak, tempuyung, lada hitam, dan teki ladang yang efektif meredakan nyeri karena asam urat. 

Untuk hasil yang maksimal, sebaiknya penggunaan obat mengikuti dosis sebagai berikut ini:

  • Untuk dosis awal: 2 kapsul sebanyak 2 kali sehari
  • Dosis pemeliharaan: 1 kapsul sebanyak 2 kali sehari

Konsumsi obat ini setelah makan, ya. Karena tergolong obat bebas, ProUric Kapsul tidak perlu resep dokter, namun penggunaannya sebaiknya sesuai dengan petunjuk yang ada. 

ProUric Kapsul isi 10 kapsul dijual dengan harga Rp6.930.

Borobudur Herbal Sarat Kapsul

Obat Borobudur Herbal Sarat Kapsul memiliki khasiat meredakan pegal linu, mengurangi rasa sakit, serta menurunkan kadar asam urat. 

Obat ini memiliki kandungan dari bahan alami seperti daun salam yang bekerja dengan cara meningkatkan produksi urin, sehingga asam urat bisa larut dan keluar dari tubuh. 

Penggunaan obat ini harus sesuai dengan dosis yang disarankan yakni 2 kapsul sebanyak 2 kali sehari. Untuk hasil maksimal, konsumsi obat ini saat makan atau tanpa makan. 

1 botol Borobudur Herbal Sarat Kapsul isi 60 kapsul dijual dengan harga Rp75.000.

Itu dia beberapa rekomendasi obat herbal untuk asam urat yang bisa kamu pilih. Pastikan konsumsi sesuai dosis yang disarankan, ya. 

Berbagai Fasilitas dan Pelayanan Kesehatan di RS Sentra Medika Cisalak

RS Sentra Medika Cisalak

Setiap rumah sakit pasti memiliki fasilitas dan pelayanan yang berbeda, hal tersebut akan tergantung pada fasilitas serta alat medis yang dimiliki oleh rumah sakit tersebut. Satu hal yang sama adalah mereka membantu semua orang tanpa terkecuali untuk sembuh atau merawat penyakit yang sedang di deritanya. 

Sama halnya dengan RS Sentra Medika Cisalak yang memiliki misi memberikan pelayanan kesehatan yang bermutu, cepat dan informatif kepada masyarakat dengan biaya terjangkau. Nah, berikut kami akan mengulas apa saja pelayanan medis yang tersedia pada rumah sakit tersebut. 

RS Sentra Medika Cisalak

Rumah Sakit Sentra Medika Cisalak adalah rumah sakit yang berlokasi di Jalan Raya Bogor No. 33 atau lebih tepatnya di daerah Sukmajaya, Depok. Berbagai fasilitas tersedia di rumah sakit ini, misalnya saja seperti, IGD, polikklinik spesialis, rawat inap, MCU dan lain-lain. RS Sentra Medika Cisalak ini memiliki jam operasional selama 24 jam setiap harinya. 

Prosedur medis dan pelayanan medis RS Sentra Medika Cisalak

RS Sentra Medika Cisalak menyediakan berbagai fasilitas prosedur dan pelayanan medis yang cukup lengkap. Berikut beberapa layanan yang ada di rumah sakit ini, meliputi:

  1. Layanan 24 jam

Layanan 24 jam di RS Sentra Medika CIsalak tersedia untuk membuhi kebutuhan layanan kesehatan bagi masyarakat yang sewaktu-waktu membuthkan pemeriksaan penunjang medis ataupun tindakan medis yang bersifat darurat. 

  • Instalasi gawat darurat (IGD). Melayani pertolongan pertama pada kasus atau penyakit yang tergolong darurat atau harus segera dilakukan tindakan medis. Misalnya seperti diagnosis dan pengobatan pada penyakit akut dan cedera yang memerlukan tindakan segera. 
  • Instalasi laboratorium. Pelayanan ini melayani beberapa pemeriksaan patologi klinik, patologi anatomi, serologi, bakteriologi dan pemeriksaan astrup (gas darah). 
  • Instalasi farmasi. Merupakan pengelolaan mulai dari perencanaan, pengadaan, penyimpanan, peracikan, pelayanan langsung kepada pasien sampai dengan pengendalian semua pembekalan kesehatan yang beredar dan digunakan dalam rumah sakit baik sebagai pasien rawat jalan atau rawat inap. Farmasi tersebut melakukan pelayanan 24 jam yang didukung oleh para Apoteker dan petugas professional lainnya. 
  • Instalasi radiologi. RS Sentra Medika Cisalak menyediakan berbagai fasilitas, seperti pemeriksaan rontgen thorax, panoramic, USG, MSCT 64 slice, mammografi, dan CT Scan dengan didukung dengan peralatan canggih dan teknologi terkini. 
  • Kamar operasi. Rumah sakit ini memiliki 4 kamar operasi yang bisa digunakan dalam waktu yang bersamaan, serta 4 bed recovery room. 
  1. Poliklinik spesialis

Layanan poliklinik spesialis RS Sentra Medika Cisalak hadir dengan beberapa dokter spesialis professional. Hadir dengan dokter-dokter spesialis dan sub-spesialis yang ahli dibidangnya yang akan memberi pelayanan professional dan terintegrasi untuk masyarakat. 

  1. Rawat inap

Rumah sakit ini memiliki ruang rawat inap untuk pasien dewasa dan anak-anak dengan fasilitas yang nyaman dan lengkap guna membantu pemulihan kesehatan pasien. Meliputi:

Ruang perawatan umum, yang terdiri dari:

  • VIP anak
  • VIP umum
  • VIP kebidanan
  • Kelas I
  • Kelas II
  • Kelas III

Ruang perawatan intensif, meliputi:

  • Ruang NICU, yang disiapkan sebagai antisipasi penanganan kondisi gawat darurat pada bayi baru lahir. 
  • Ruang ICU, yang dilengkapi dengan peralatan khusus yang sesuai dengan kebutuhan pasien dan di dukung oleh dokter-dokter ahli. 
  1. Medical check up (MCU)

Layanan ini merupakan suatu kebutuhan yang sangat penting bagi setiap orang, karena semua orang membutuhkan kondisi tubuh yang sehat. Dengan rutin melakukan medical check up di RS Sentra Medika Cisalak, Anda dapat mengetahui dan mendeteksi berbagai penyakit yang ada di dalam tubuh. 

Tips Memilih Alat Olahraga yang Aman dan Tepat

Bagi sebagian orang yang ingin berolahraga tetapi tidak ada waktu untuk pergi ke gym, membeli alat olahraga sendiri untuk digunakan di rumah adalah pilihan yang tepat. Ada beberapa hal yang perlu Anda perhatikan sebelum membeli alat olahraga supaya tidak salah memilih dan justru merugikan Anda. Berikut tips yang bisa Anda ikuti untuk memilih alat olahraga:

Sesuaikan dengan kebutuhan olahraga dan kondisi tubuh

Selain menjaga kesehatan dan kebugaran tubuh, setiap orang pasti memiiki tujuan tersendiri saat melakukan olahraga. Misalnya, melatih stamina, membakar kalori, membentuk dan mengencangkan otot pada tubuh, atau olahraga khusus untuk penderita penyakit tertentu. Oleh sebab itu, alat olahraga yang digunakan juga berbeda-beda jenisnya. Jika ingin menurunkan berat badan, membakar kalori, dan menghilangkan lemak, Anda bisa menggunakan alat olahraga kardio seperti treadmill atau sepeda statis. Namun jika ingin melatih kekuatan otot, Anda bisa mencoba alat olahraga dumbbell atau resistance band. Selain itu, perhatikan juga kondisi tubuh Anda jika memiliki penyakit tertentu yang tidak membolehkan olahraga berat. Jangan sampai penggunaan alat olahraga justru memperburuk kesehatan tubuh Anda.

Pastikan membeli alat olahraga dari produsen terpercaya

Membeli alat olahraga dari produsen yang tidak terjamin kualitasnya bisa membahayakan keselamatan dan meningkatkan risiko terjadinya cedera ketika digunakan. Anda bisa mencari tahu terlebih dahulu mengenai kelebihan dan kekurangan alat olahraga tersebut melalui review dari para pengguna dan pembeli di internet. Selain itu, pastikan alat olahraga yang Anda beli memiliki garansi. Beberapa alat olahraga memiliki harga yang tidak murah, sehingga garansi menjadi faktor penting agar Anda tidak mengeluarkan uang terlalu banyak jika nantinya ditemukan kerusakan.

Siapkan ruangan khusus untuk menyimpan peralatan olahraga

Beberapa alat olahraga memiliki ukuran yang cukup besar seperti sepeda statis dan treadmill. Oleh karena itu, ketika Anda sudah memastikan ingin membeli alat olahraga, siapkan juga ruangan khusus untuk menyimpannya. Jangan menyimpan alat olahraga secara sembarangan seperti di dapur atau dekat dengan tempat mencuci baju. Cipratan minyak dan air sabun bisa jadi membuat alat olahraga menjadi tidak awet. Jika Anda ingin membuat ruangan khusus seperti tempat gym pribadi, perhatikan ukuran luas dan tinggi ruangan. Misalnya untuk memasang Pull Up Bar agar tingginya sesuai dengan kebutuhan.

Lengkapi juga dengan peralatan penunjang olahraga lainnya

Berolahraga di rumah bukan berarti Anda tidak menggunakan peralatan pelengkap lainnya. Kelengkapan seperti pakaian atau sepatu dibutuhkan untuk mengurangi risiko terjadinya cedera ketika berolahraga. Jika Anda membeli alat olahraga yang digunakan untuk jogging atau berlari seperti treadmill, maka perlu membeli sepatu khusus lari. Selain sepatu, perlengkapan penunjang lain yang dibutuhkan yaitu matras olahraga dan sarung tangan. Matras bisa digunakan sebagai alas saat melakukan yoga, push up, atau sit up. Sedangkan sarung tangan khusus olahraga bisa digunakan ketika Anda menggunakan barbel, dumbbell, atau pull up bar agar tidak licin. Jika Anda pernah memiliki cedera, jangan lupa untuk menggunakan supporter pada bagian persendian seperti lutut, siku, bahu, dan bagian tubuh lainnya. Tujuannya yaitu untuk mencegah pergeseran sendi atau cedera kambuh dan bertambah parah saat menggunakan alat olahraga.

Ada banyak alat olahraga yang mungkin menarik minat Anda, terlebih jika dijual dengan harga diskon dan fitur-fitur modern. Namun, jangan langsung impulsif untuk membeli semua, ya. Pastikan dahulu apakah alat olahraga tersebut cocok digunakan dengan kondisi tubuh dan sesuai dengan kebutuhan Anda. Jika Anda tergolong pemula, pilihlah alat olahraga yang tingkat kesulitannya seperti bobot dan tekanan sesuai dengan kemampuan tubuh.

10 Obat Penghilang Nyeri Otot dan Sendi dari Bahan Alami

Apabila tak suka mengonsumsi tablet untuk mengatasi nyeri otot dan sendi, kita bisa membuat obat penghilang nyeri otot dan sendi sendiri di rumah dengan memanfaatkan bahan-bahan alami. 

Beberapa bahan alami seperti teh hijau, kunyit, peppermint hingga lidah buaya memiliki kandungan anti inflamasi yang efektif meredakan rasa nyeri pada daerah otot dan juga sendi.

Berikut ini pilihan obat penghilang nyeri otot dan sendi yang bisa dibuat dari beberapa bahan-bahan alami. 

Kurkumin

Bahan-bahan yang mengandung kurkumin di antaranya adalah kunyit, jahe, dan juga kayu manis. 

Kurkumin sendiri bersifat anti-inflamasi yang efektif untuk membuat otot jadi lebih rileks dan tidak tegang. 

Selain itu, bahan makanan dengan kandungan kurkumin juga memiliki sifat anti radang yang efektif mengatasi nyeri sendi serta gangguan rematik. 

Kurkumin bekerja dengan cara mencegah produksi sitokin yang merupakan enzim penyebab munculnya inflamasi. Diketahui kandungan kurkumin mirip dengan kandungan ibuprofen dan juga diklofenak. 

Jahe

Jahe juga dikenal memiliki sifat anti-inflamasi yang bisa meredakan nyeri sendi karena peradangan. 

Selain itu, jahe juga dikenal mampu mengatasi nyeri pada penderita osteoarthritis pada pinggul dan juga lutut. 

Chamomile

Chamomile dikenal dengan kandungan flavonoid yang bersifat anti-radang sehingga efektif mengatasi nyeri otot. 

Untuk hasil maksimal, kamu bisa mengonsumsi minuman chamomile dengan cara menyeduhnya dengan air hangat. 

Apabila kamu memiliki minyak esensial dari bunga chamomile, kamu juga bisa langsung mengoleskan pada area yang nyeri. 

Peppermint

Kandungan di dalam peppermint berkhasiat untuk membuat otot jadi lebih rileks dan tidak kaku. Caranya, yakni dengan cara mengoleskan minyak esensial peppermint ini pada bagian otot yang kaku, dan pijat secara perlahan. 

Saat menggunakan peppermint, akan muncul sensasi rasa dingin, sehingga membuat otot semakin rileks dan tidak tegang. 

Lidah buaya

Di dalam lidah buaya, terdapat kandungan anti-radang yang dipercaya bisa meredakan rasa nyeri sendi yang disebabkan oleh osteoarthritis. 

Cara kerjanya yakni dengan menghambat produksi enzim yang memicu munculnya rasa nyeri. Kamu cukup mengoleskan gel lidah buaya pada area kulit yang terasa nyeri. 

Namun, khasiat dari lidah buaya untuk meredakan nyeri sendi masih harus dilakukan penelitian lebih lanjut. 

Teh hijau

Teh hijau kaya akan kandungan epigallocatechin 3-gallate (EGCG) yang memiliki sifat antioksidan dan juga antiradang dan berkhasiat untuk mengatasi radang sendi. Selain itu, teh hijau juga bermanfaat untuk menjaga kesehatan tulang. 

Makanan tinggi vitamin D

Makanan dengan kandungan vitamin D yang tinggi juga dipercaya efektif meredakan nyeri otot, seperti telur, ikan, dan juga susu yang sudah difortifikasi. 

Selain makanan di atas, kandungan vitamin D juga bisa kamu dapatkan dari sinar matahari pagi. 

Nanas

Pada buah nanas, terdapat kandungan bromelain yang efektif untuk meredakan nyeri karena radang sendi, terutama pada rheumatoid arthritis dan osteoarthritis. 

Kamu bisa langsung mengonsumsi nanas namun jangan sampai berlebihan, ya. Sebab hal ini bisa memunculkan efek samping seperti sakit perut dan diare. 

Minyak Borage

Minyak ini memiliki kandungan asam lemak omega-6 yang bersifat anti-inflamasi, sehingga efektif untuk meredakan rasa nyeri pada sendi, terutama pada rheumatoid arthritis. 

Untuk mengatasinya, kamu tinggal mengoleskan minyak borage ini pada bagian tubuh yang mengalami nyeri. 

Blueberry

Blueberry kaya akan kandungan antioksidan yang dipercaya efektif meredakan nyeri pada otot. Selain itu, Blueberry juga memiliki sifat anti-inflamasi, sehingga bisa menurunkan produksi enzim yang menyebabkan rasa nyeri. 

Itu dia beberapa bahan alami yang bisa dijadikan obat penghilang nyeri otot dan sendi. Apabila nyeri otot dan sendi tak kunjung mereda, sebaiknya kamu segera menemui dokter untuk penanganan lebih lanjut, ya. 

5 Alasan Kenapa Harus Memilih RS Amelia Pare

RS Amelia Pare

Bagi beberapa orang, memilih fasilitas kesehatan harus dengan seksama karena itu sama dengan menyerahkan jiwa raganya. Fasilitas lengkap, pelayanan yang baik, serta tenaga medis berkompeten menjadi indikator penting dalam memilih rumah sakit favorit. Misalnya, salah satu sarana kesehatan terbaik di di Pare, Kota Kediri adalah RS Amelia – Pare. 

Profil RS Amelia Pare

Mulanya, pada sekitar tahun 1993 didirikan Rumah Bersalin Amelia oleh Yayasan Amelia yang pada saat itu diketuai oleh Dr. H. Soepriyo. Selanjutnya pada tahun 2005, keluar Surat Keputusan Menteri Kesehatan Republik Indonesia yang memberikan izin perpanjangan kepada Yayasan Amelia Pare Kediri untuk menyelenggarakan Rumah Sakit Umum dengan nama Rumah Sakit Amelia.

RS Amelia – Pare menilai kepuasan pasien dan keluarganya sebagai kebanggaan RS Amelia, Pare. Rumah sakit ini memiliki visi untuk menjadi rumah sakit pilihan masyarakat, dengan misi memberikan pelayanan yang bermutu serta optimal dan dapat dijangkau masyarakat. 

5 Alasan Memilih RS Amelia – Pare

Rumah Sakit Amelia Pare selalu berkomitmen menghadirkan inovasi layanan yang terbaik untuk pasien. Berikut ini beberapa alasan kenapa RS Amelia – Pare layak dipertimbangkan menjadi rumah sakit favorit Anda. 

  1. Tenaga medis profesional

RS Amelia didukung oleh dokter dan tenaga medis terbaik dan profesional di bidangnya. RS Amelia – Pare memiliki 35 dokter sub spesialis, 111 dokter spesialis, 24 dokter umum, perawat, dan paramedis. 

  1. Layanan setiap saat

Sebagai salah satu rumah sakit besar di Yogyakarta, Rumah Sakit Amelia membuka layanan Poli Spesialis setiap hari sejak pukul 08.00 WIB sampai malam jam 21.00 WIB. 

Selain itu, Tim Reaksi Cepat Unit Gawat Darurat (UGD) siap setiap saat melayani pasien yang membutuhkan perawatan medis darurat selama 7 hari seminggu, 24 jam sehari. RS Amelia Pare juga menghadirkan Poli Spesialis Anak 24 jam dimana dokter spesialis anak selalu siaga 24 jam, sehingga orang tua tidak perlu khawatir saat sang bua hati sakit di tengah malam. 

  1. Elektronik rekam medis

Keamanan pasien (patient safety) adalah hal yang utama dalam pelayanan Rumah Sakit. Ketepatan pemberian obat, pengambilan sampel laboratorium, tindakan saat operasi, dan banyak lainnya harus dilakukan secara benar dan presisi berdasarkan rekam medis pasien. 

Untuk meminimalisir human error. RS Amelia – Pare mengimplementasikan Elektronik Rekam Medis (ERM) dimana rekam medis pasien tersimpan di sistem komputer. 

  1. Peralatan medis lengkap

Hampir setiap tahun RS Amelia – Pare menghadirkan alat medis baru yang terbarukan untuk membantu dokter menegakkan diagnosa dan memberikan pelayanan medis yang efektif dan pengobatan tuntas tanpa perlu dirujuk ke tempat lain.

Saat ini peralatan medis yang baru hadir di Rumah Sakit Amelia adalah:

  • Cathlab untuk mendiagnosa dan terapi penyakit jantung, tumor dan saraf.
  • Bone Mineral Densitometri (BMD) untuk pemeriksaan kepadatan tulang dan deteksi osteoporosis.
  • Mammografi untuk pemeriksaan tumor / kanker payudara.
  1. Kenyamanan khas

RS Amelia – Pare memiliki kenyamanan khas yang pasti akan selalu diingat oleh pasien dan pengunjung rumah sakit. Senyum ramah para staf, dan empati para dokter dan perawat yang selalu siap mendengarkan dan menjelaskan keluhan penyakit pasien membuat pasien puas dan merasa lebih diperhatikan.

Fasilitas rumah sakit ini juga lengkap, dimulai dari tempat parkir yang luas, suasana lobby dengan iringan musik yang menenangkan, minimarket, musholla, dan suasana kamar rawat inap yang homey seperti di rumah sendiri. 

Selain kelima hal tersebut, RS Amelia – Pare juga terletak di lokasi yang strategis. Rumah Sakit Amelia terletak di wilayah Kecamatan Pare Kabupaten Kediri yang berbatasan dengan kabupaten lain sehingga bisa diakses melalui beberapa jalur.

Buat janji temu atau konsultasi dengan dokter RS Amelia Pare

Acne Laser Termurah dan Terbaik

Sebagian orang ingin menjaga penampilan karena dapat meningkatkan rasa percaya diri. Ada berbagai upaya yang dapat dilakukan untuk menjaga penampilan, salah satunya termasuk menggunakan acne laser. Acne laser merupakan perawatan yang bertujuan untuk menjaga kondisi kulit wajah supaya terlihat bersih.

Tips Sebelum Mencoba Acne Laser

Jika Anda ingin menjaga penampilan dan ingin mencoba acne laser, Anda sebaiknya pahami beberapa tips di bawah terlebih dahulu:

  • Biaya

Salah satu hal yang sebaiknya Anda pahami adalah biaya yang ditawarkan kepada publik. Jika biayanya terlalu mahal, Anda sebaiknya pertimbangkan lagi keputusan tersebut. Namun, fasilitas kesehatan akan memberikan potongan harga kepada publik. Anda perlu perhatikan apakah promonya masih berlaku atau tidak dan apa saja syarat dan ketentuan untuk mendapatkan promo tersebut.

  • Kualitas pelayanan

Hal lain yang sebaiknya Anda pahami adalah kualitas pelayanan yang diberikan kepada publik. Banyak orang akan memberikan ulasan di Google. Setelah mengetahui ulasannya, Anda akan mengetahui apakah fasilitas kesehatan tersebut memiliki kualitas pelayanan yang baik atau tidak.

  • Izin operasi

Hal lain yang penting untuk dipahami adalah izin operasi. Pada umumnya, fasilitas kesehatan berada di tempat yang strategis atau terbuka (seperti di dekat mal), alih-alih di daerah perumahan (termasuk di sekitar gang). Mungkin saja bisnis yang ada di daerah perumahan tidak memiliki izin. Oleh karena itu, Anda sebaiknya periksa lokasinya terlebih dahulu.

  • Diskusi dan rekomendasi

Hal lain yang dapat membantu keputusan Anda dalam merawat kulit wajah bisa melalui diskusi dan rekomendasi dengan orang-orang yang Anda kenal dan pernah mengalami hal tersebut. Jika Anda sudah mengetahui pendapat mereka dan mayoritas memberikan tanggapan positif, Anda bisa melakukan perawatan tersebut.

  • Syarat dan ketentuan

Sebelum Anda melakukan perawatan wajah, Anda perlu baca syarat dan ketentuan yang tersedia di fasilitas kesehatan yang Anda tuju. Contohnya, pasien harus berusia 17 tahun ke atas untuk melakukan perawatan tersebut dan promonya mungkin hanya berlaku di beberapa cabang.

  • Efek pada kulit wajah

Melakukan perawatan acne laser dapat menimbulkan berbagai efek samping seperti kemerahan, rasa gatal, dan infeksi pada kulit wajah. Oleh karena itu, Anda sebaiknya tanyakan kepada dokter apakah perawatan tersebut aman bagi kulit wajah Anda atau tidak.

Promo Acne Laser

Jika Anda ingin mencoba acne laser, SehatQ memberikan sejumlah pilihan fasilitas kesehatan yang dapat membantu Anda untuk memilih lokasinya. Untuk informasi lebih lanjut, Anda dapat mengunjungi situs SehatQ

Jika Kulit Anda Bermasalah

Jika Anda mengalami masalah pada kulit seperti rosacea, Anda sebaiknya temui dokter. Sebelum bertemu dengan dokter, Anda dapat mempersiapkan diri dengan beberapa hal di bawah:

  • Daftar pertanyaan yang berkaitan dengan kondisi Anda.
  • Daftar gejala yang Anda alami.
  • Daftar riwayat medis (jika diperlukan).

Ketika Anda bertemu dengan dokter, dokter akan menanyakan kondisi Anda seperti:

  • Kapan gejala tersebut terjadi?
  • Berapa lama gejala tersebut terjadi?
  • Apakah Anda sering mengalami masalah pada kulit wajah?

Diagnosis

Setelah mengetahui kondisi Anda, dokter dapat melakukan diagnosis seperti kultur (tes yang bertujuan untuk mengetahui apakah virus, bakteri, atau jamur yang menyebabkan Anda mengalami masalah tersebut).

Pengobatan

Setelah melakukan diagnosis, dokter dapat memberikan pasien pengobatan seperti obat antibiotik dan suntikan vitamin atau steroid.

Pencegahan

Beberapa pencegahan dapat dilakukan, contohnya adalah sebagai berikut:

  • Mengkonsumsi air putih secara rutin.
  • Mengkonsumsi makanan yang bernutrisi secara rutin.
  • Rajin membersihkan benda-benda yang sering Anda gunakan.
  • Hindari stres.
  • Hindari kontak langsung dengan orang yang mengalami masalah pada kulit seperti infeksi.

Kesimpulan

Acne laser merupakan salah satu cara yang dapat dilakukan untuk merawat kulit wajah. Sebelum melakukan perawatan tersebut, Anda sebaiknya pahami tips yang disebutkan di atas dan berkonsultasi dengan dokter apakah aman bagi kulit wajah Anda atau tidak.

Benarkah Promil Prenagen Esensis Berhasil? Ini Penjelasannya

Banyak yang bertanya-tanya apa benar promil Prenagen Esensis berhasil mempercepat kehamilan. Susu dari Prenagen yang diformulasikan khusus untuk persiapan kehamilan ini diklaim mampu meningkatkan kemungkinan hamil pada wanita.

Kandungan protein dalam susu memang menjadi bagian yang sangat vital bagi ibu dalam masa sebelum dan saat hamil, serta selepas persalinan dan saat menyusui. Tapi apakah susu khusus tersebut penting dan wajib untuk dikonsumsi?

Susu pelancar ASI atau susu penambah ASI tidak selalu dapat menambah ASI

Benarkah Promil Prenagen Esensis Bikin Cepat Hamil?

Prenagen Esensis adalah susu program hamil (promil) yang dikeluarkan oleh Prenagen khusus bagi calon ibu yang sedang merencanakan kehamilan. Susu jenis rendah lemak ini disebut sangat baik untuk persiapan kehamilan, sehingga sangat disarankan untuk dikonsumsi ketika ingin segera hamil.

Nutrisi lengkap dalam susu promil ini akan menjaga kesehatan calon ibu, termasuk kesehatan reproduksi, dengan optimal. Akan tetapi, benarkah susu promil Prenagen Esensis berhasil bikin wanita cepat hamil?

Faktanya, belum ada penelitian yang memadai mengenai risiko penggunaan susu jenis ini pada calon ibu. Di sisi lain, kita juga sudah tahu bahwa sedari dulu banyak ahli yang merekomendasikan konsumsi susu rendah lemak jika ingin cepat hamil.

Namun kini kenyataannya banyak ahli gizi yang sepakat bahwa susu tinggi lemak lebih bermanfaat pada wanita yang ingin hamil. Ada sebuah penelitian yang mengungkapkan bahwa mengonsumsi susu jenis tersebut dan produk susu lainnya bisa menurunkan risiko infertilitas. 

Susu tinggi lemak juga mengandung lemak sehat yang bisa menjadi cara alami mengatur nafsu makan dan menjaga tubuh tetap sehat. Selain itu susu juga mengandung kalsium yang membantu menyehatkan sistem reproduksi dan juga janin. 

Efek Samping Minum Prenagen Esensis

Sebagaimana semua hal yang bisa kita konsumsi dan masuk ke tubuh kita, Prenagen Esensis dengan segala manfaatnya pun tak luput dari beragam efek samping dan juga risiko. 

Ada efek samping yang bisa timbul saat Anda mengonsumsi susu program hamil ini, seperti mual, muntah, dan reaksi alergi pada orang yang memiliki riwayat alergi susu atau intoleransi laktosa.

Meskipun begitu, penting untuk diketahui bahwa efek samping yang timbul bisa berbeda-beda pada tiap orang dan juga tidak semuanya mengalami efek samping tersebut. 

Sementara itu, banyak penelitian yang menyebutkan bahwa susu rendah lemak kini memiliki dampak yang negatif bagi kesuburan Anda. Hal ini disebabkan proses pembuangan lemak yang juga membuat hormon estrogen dan progesteron yang ada di dalamnya.

Oleh karena itu, susu rendah lemak seperti Prenagen Esensis cenderung memiliki kandungan hormon androgen dan hormon pria saja. Mengonsumsinya dapat membuat Anda berisiko mengalami ketidakseimbangan hormon.

Anda bisa mengonsumsi produk susu tinggi lemak, pilih yang berlabel organik jika tersedia. Tak hanya susu pasteurisasi, meminum susu murni juga bisa membantu Anda untuk cepat hamil karena mendapatkan semua nutrisi alami yang baik. 

Minum 1-2 porsi susu tinggi lemak setiap hari merupakan langkah yang baik untuk mempersiapkan diri menjelang kehamilan. Atau juga bisa mengonsumsi produk susu lainnya, seperti keju cheddar, yogurt Greek, atau smoothie dari pisang dan susu. Sebaiknya hindari makanan tinggi gula seperti es krim. 

Jika Anda khawatir akan efek samping dan risiko yang bisa terjadi atau jika Anda memiliki riwayat alergi susu sapi, sebaiknya konsultasikan ke dokter kandungan untuk informasi lebih lanjut. 

Alternatif Susu Ibu Hamil Lainnya

Apabila Anda memiliki riwayat alergi susu sapi atau kondisi yang tidak memungkinkan Anda untuk mencerna nutrisi yang ada dalam susu sapi, Anda bisa menggantinya dengan susu alternatif yang terbuat dari bahan nabati atau kambing.

Akan tetapi, susu nabati umumnya tidak memiliki lemak atau rendah kandungan lemak. Seperti yang sudah dijelaskan di atas, sebaiknya Anda tidak mengonsumsinya terlalu banyak dan mempertimbangkan sumber kalsium dan protein lainnya.

1. Susu kambing

Tidak sepopuler susu sapi, namun susu kambing sangat bernutrisi tinggi, seperti protein, lemak, kalori, dan vitamin B2. Vitamin B2 diketahui dapat menstimulasi produksi antibodi yang menjaga kesehatan kekebalan tubuh, tentunya sangat baik untuk mempersiapkan kehamilan. 

2. Susu kedelai

Susu kedelai memang bebas lemak, namun tinggi akan kalsium, serat, dan bahkan mengandung jumlah protein yang hampir sama dengan susu sapi. Lemak sehat dan antioksidan di dalamnya sangat baik untuk kesehatan tubuh dan juga bagi calon bayi dan ibu. 

3. Susu beras

Susu beras atau yang lebih akrab dengan sebutan tajin ternyata memiliki kandungan vitamin dan nutrisi tinggi. Anda bisa membuatnya sendiri atau membelinya dalam bentuk kemasan, di mana kandungan karbohidratnya empat kali lebih tinggi dari susu sapi, serta vitamin B dan kandungan lemak yang rendah. 

4. Susu almond

Susu almond menjadi salah satu susu alternatif paling populer, terutama bagi Anda yang intoleransi laktosa, alergi susu, dan alergi kedelai. Susu almond bebas lemak jenuh dan kolesterol, kaya akan serat, asam folat, vitamin B dan E, protein, kalsium, dan zat besi yang dibutuhkan bagi calon ibu untuk persiapan hamil. 

5. Susu oat 

Susu oat mulai banyak diincar sebagai alternatif susu sapi maupun kedelai. Tingginya kandungan serat dapat mencegah sembelit saat hamil dan juga mengendalikan nafsu makan, memantau kadar gula darah, dan membawa lebih banyak oksigen ke sel-sel tubuh. 

6. Susu kelapa atau santan

Susu kelapa atau santan memang tinggi kalori dan lemak sehat, namun kandungan kalsiumnya hampir sama tinggi dengan susu hewani. Namun jika Anda ingin mengonsumsinya, sebaiknya konsultasikan terlebih dahulu dengan dokter. 

Sebelum minum susu Prenagen Esensis dan susu program hamil lainnya, penting bagi Anda untuk mempertimbangkan segala manfaat dan risiko yang ada. 

Selain itu, hindari konsumsi susu ini dalam jangka panjang. Hanya gunakan sesuai jangka waktu yang sudah diresepkan dokter atau yang tertera pada label kemasan. Jangan memaksa untuk terus mengonsumsinya hanya karena Anda ingin susu promil Prenagen Esensis berhasil.

Rekomendasi Masker Putih Jenis KN95 Terbaik

Masker Putih

Masker KN95 merupakan jenis masker yang diproduksi oleh China dengan lapisan yang cukup baik untuk mencegah masuknya virus atau bakteri ke dalam tubuh. Banyak orang yang memilih masker putih jenis KN95 ini untuk aktivitas sehari-hari. 

Selain itu, masker KN95 juga memiliki desain yang cukup unik dan mengikuti bentuk wajah, sehingga dalam penggunaannya tidak membuat sesak dan tetap nyaman.

Berikut ini rekomendasi masker putih jenis KN95 terbaik yang bisa jadi referensi.

M+ Masker KN95

M+ Masker KN95 terdiri dari 5 lapisan yang mampu melindungi pernapasan dari virus, bakteri, kuman, hingga debu. 

Masker ini juga terbuat dari bahan non-woven sehingga efektif mencegah droplet atau percikan air ke dalam tubuh. 

Selain itu, masker ini juga dilengkapi dengan tali earloop yang elastis sehingga nyaman digunakan, meskipun dalam waktu yang lama. 

M+ Masker KN95 isi 10 pcs dijual dengan harga mulai dari Rp109 ribuan. 

Madame Gie Protect You KN95 Mask

Masker KN95 dari Madame Gie ini mengklaim bisa menyaring virus, bakteri, debu, kuman, dan partikel kecil lainnya hingga 95%. 

Masker ini juga terdiri dari 5 lapisan, sehingga bisa melindungi diri dari paparan virus atau bakteri dengan efektif. 

5 lapisan dari masker Madame Gie ini terdiri dari:

  • 1 lapisan dengan material non-woven yang bisa mencegah masuknya droplet atau percikan air
  • 1 lapisan berupa hot air cotton
  • 2 lapisan berupa BFE dengan tingkat 95-99%
  • 1 lapisan smooth non-woven

Madame Gie Protect You KN95 Mask isi 5 pcs dijual dengan harga mulai dari Rp30.000.

Masker Mouson KN95

Masker ini terdiri dari 5 lapisan yang terbuat dari bahan yang cukup tebal, nyaman, dan tidak membuat sesak saat digunakan. 

Memiliki tingkat BFE hingga 99,5%, sehingga bermanfaat mencegah masuknya kuman, bakteri, dan juga virus. Masker ini juga didesain khusus mengikuti bentuk wajah, sehingga pas di wajah. 

Masker Mouson KN95 isi 50 pcs dijual dengan harga Rp68.700.

Masker King Mask KN95 Putih

Masker ini dibuat dari bahan-bahan premium yang efektif mencegah masuknya bakteri, virus, dan juga kuman lainnya.

Bentuknya yang menyesuaikan bentuk wajah membuat masker ini nyaman digunakan dan tidak membuat sesak. 

Masker ini cocok digunakan untuk aktivitas sehari-hari karena bisa menutup bagian hidung dan mulut hingga dagu. 

Masker King Mask KN95 Putih isi 20 ocs dijual dengan harga mulai dari Rp26.000.

POKANA KN95 6-PLY

POKANA KN95 merupakan masker medis dengan perlindungan hingga 6 lapis, sehingga pencegahan masuknya virus, bakteri, dan kuman atau partikel kecil lainnya maksimal. 

Selain itu, penggunaan masker ini juga bisa melindungi dari paparan sinar ultraviolet, debu, asap kendaraan, hingga polusi.

Masker ini sudah menggunakan teknologi Nano Guard Technology yang efektif menyaring partikel berukuran 0,3 micron hingga 99%. 

Bahan yang digunakan pun bebas dari alergi sehingga cukup aman dan nyaman apabila digunakan dalam waktu lama. 

Selain berwarna putih, masker POKANA KN95 ini juga memiliki warna lain seperti midnight black, forest green, dark grey, deepsea navy, marble grey. Nude pink, dan juga soft beige. 

1 pcs masker POKANA KN95 dijual dengan harga mulai dari Rp17 ribuan.

Itu dia beberapa rekomendasi masker putih dengan jenis masker KN95. Masker ini bisa digunakan untuk aktivitas sehari-hari dan memiliki keefektifan untuk menyaring bakteri atau virus hingga 99,9%. Tetap jaga jarak dan rajin pakai masker, ya!

Hindari Risiko dengan Cara Membersihkan Kuas Make Up

Hindari Risiko dengan Cara Membersihkan Kuas Make Up

Sangat penting mengetahui cara membersihkan kuas make up yang tepat. Pasalnya, jika memakai kuas make up yang kotor, Anda mesti bersiap menghadapi berbagai risiko yang menanti di wajah Anda. 

Sebenarnya, tidak sulit untuk membersihkan kuas make up secara benar. Anda hanya cukup mencucinya dengan air mengalir maupun air hangat yang dicampur dengan larutan sampo. Jangan lupa untuk mencampurkan larutan sampo agar bakteri dan kotoran yang tersisa di kuas make up benar-benar hilang dan aman untuk digunakan di wajah. 

Dengan menerapkan cara membersihkan kuas make up yang benar, berbagai risiko di bawah ini bisa dihindari. Berikut ini adalah risiko yang bisa mengintai Anda jika tidak rutin melakukan cara membersihkan kuas make up yang benar.

  1. Riasan Terlihat Buruk 

Kuas yang tidak bersih akan langsung berpengaruh pada hasil make up Anda. Bulu kuas yang kotor akan mudah membuat riasan Anda terlihat tidak merata dan warna make up menjadi tidak terlalu keluar. Akhirnya, wajah Anda yang dirias bisa terlihat tidak mulus dan jauh dari harapan. 

  1. Pori-pori Kulit Tersumbat 

Sangat penting mengetahui cara membersihkan kuas make up dengan benar agar tidak ada sisa kotoran dan debu yang terperangkap di bulu kuas. Tujuannya agar ketika dipakai, tidak ada bakteri dan kotoran yang menyumbat pori-pori kulit Anda. Patut Anda ketahui, pori-pori kulit yang tersumbat adalah awal dari berbagai masalah kulit, mulai dari jerawat sampai komedo. 

  1. Kulit Alami Iritasi 

Bakteri dan kotoran yang menumpuk di kuas juga bisa menimbulkan masalah kulit yang lebih parah. Soalnya bakteri dan kotoran yang menumpuk dapat memperburuk kondisi kulit dan rentan menimbulkan iritasi. Tentu Anda tidak ingin mengalami hal seperti ini, bukan? 

  1. Menumbuhkan Banyak Kerutan 

Tidak tahu cara membersihkan kuas make up secara benar dapat menjadi malapetaka bagi kondisi kulit Anda yang menawan. Pasalnya, memakai kuas make up yang kotor rentan menimbulkan stress oksidatif bagi kulit yang berasal dari radikal bebas. Pada akhirnya, ini menyebabkan kerusakan kolagen yang memicu berbagai masalah penuaan bagi Anda, mulai dari garis-garis halus sampai kerutan.  

  1. Terkena Gigitan Serangga 

Rajin-rajinlah memeriksa kondisi kuas make up Anda. Jangan sampai Anda memakai kuas kotor yang di dalamnya terdapat serangga! Ini bukan mitos. Tidak jarang ditemukan kasus di mana wajah Anda menjadi terluka karena gigitan serangga akibat Anda tidak mengetahui cara membersihkan kuas make up secara benar. 

  1. Mata Menjadi Merah 

Mata merah, dapat menyebar dengan berbagi kosmetik, termasuk kuas riasan. Meskipun ini adalah infeksi yang umum dan tidak mematikan, mata merah adalah sesuatu yang mungkin ingin Anda hindari jika memungkinkan. Karena itu, biasakanlah melakukan cara membersihkan kuas make up secara tepat. 

  1. Bulu Mata Tercabut 

Jarang melakukan cara membersihkan kuas make up yang benar bisa membuat bulu-bulu kuas saling menempel. Kondisi ini akan sangat mudah melukai bagian wajah Anda, khususnya di area bulu mata. Tidak jarang kuas yang kotor dan menempel pada akhirnya mencabut bagian bulu mata Anda. 

  1. Terkena Infeksi Staph 

Kuas riasan yang jarang dibersihkan dapat menjadi sumber sel kulit mati, kotoran, minyak, polusi, dan bakteri. Banyaknya kotoran ini dapat mengandung bakteri staphylococcus, streptococcus, dan e coli. Jamur dan virus pun kemungkinan bisa terdapat di bulu kuas. Berhati-hatilah, kondisi ini dapat menularkan infeksi Staph yang menyembuhkan kelumpuhan di bagian lengan dan kaki. 

*** 

Sekarang sudah mengerti bukan pentingnya mengetahui cara membersihkan kuas make up yang benar? Biasakanlah selalu mencuci dan membersihkan kuas make up setiap hari habis dipakai, ya.

Apa Penyebab Telat Haid 3 Bulan tapi Tidak Hamil?

Penyebab Telat Haid 3 Bulan tapi Tidak Hamil

Pada sebagian besar wanita, haid datang setiap 21-35 hari sekali. Namun, ada wanita yang mengalami siklus haid tidak teratur. Haid disebut tidak teratur ketika jadwalnya datang lebih cepat atau lebih lama dari yang seharusnya.   

Tidak menstruasi sering hilang begitu saja penyebabnya setelah diobati. Tapi terkadang kita tetap harus mencari tahu penyebab telat haid 3 bulan tapi tidak hamil agar tahu cara menanganinya dengan tepat. 

Sebaiknya menemui dokter jika tidak terjadinya menstruasi, karena penyebab utamanya mungkin memerlukan perawatan. 

Namun, Anda bisa mengenali penyebab telat haid 3 bulan tapi tidak hamil serta cara mengembalikan siklusnya berikut ini. 

Penyebab telat haid 3 bulan tapi tidak hamil 

Penyebab paling umum terlambat haid memang kehamilan. Namun, jika Anda tidak melakukan hubungan suami istri, mungkin haid datang terlambat yang mungkin bisa disebabkan oleh beberapa hal berikut:

  • Faktor hormonal, seperti stres, kelelahan.
  • Perubahan berat badan yang terjadi secara mendadak (baik berupa penambahan berat badan atau penurunan berat badan). 
  • Polycystic ovary syndrome atau PCOS,
  • Pemakaian KB  
  • Faktor gaya hidup, termasuk berat badan dan tingkat olahraga.
  • Obat-obatan seperti antipsikotik dan antidepresan, obat kemoterapi dan obat-obatan yang mengobati tekanan darah tinggi. 
  • Cacat fisik seperti masalah struktural pada organ reproduksi perempuan dapat membuka kemungkinan atas tidak terjadi atau tertundanya menstruasi.

Dalam kasus yang jarang terjadi, penyebab telat haid 3 bulan tapi tidak hamil bisa menjadi gejala sindrom Asherman. Ini terjadi karena jaringan parut di rahim setelah operasi, yang dapat mencegah menstruasi.

Cara Mengembalikan Siklus Menstruasi Agar Teratur

Setelah mengetahui penyebab telat haid 3 bulan tapi tidak hamil, tentu Anda ingin segera mengembalikan siklus menstruasi agar kembali normal, bukan?

Jika iya, berikut ini beberapa langkah yang dapat Anda lakukan untuk mengembalikan siklus haid menjadi teratur: 

Istirahat 

Stress dan lelah fisik, bisa jadi penyebab telat haid 3 bulan tapi tidak hamil  Karena stress, haid bisa datang lebih cepat atau lebih lambat dari seharusnya, mungkin saja haid dua kali dalam sebulan atau bahkan tidak sama sekali ketika sedang stres.

Jika Anda sedang mengalami banyak pikiran dan stress, maka hilangkan dengan beristirahat. Berhenti bergadang dan tidur cukup dapat membantu tubuh dan pikiran lebih rileks, sekaligus menjaga kerja hormon pengatur menstruasi. 

Meditasi

Meditasi membantu mengurangi stres dengan menyeimbangkan kadar hormon di dalam tubuh. Anda bisa melakukan meditasi dengan cara:

  • Temukan tempat yang tenang untuk duduk bisa di dalam atau luar ruangan
  • Duduklah dengan posisi tubuh yang tegak dengan tangan rileks di atas paha
  • Ambil napas melalui hidung dan hembuskan perlahan melalui mulut
  • Tenangkan pikiran dengan memfokuskan diri pada suara napas dan suara-suara di sekitar Anda

Lakukan meditasi setiap hari di pagi atau malam hari sebelum tidur. Meditasi bisa membuat tidur Anda lebih nyenyak dan pagi Anda jadi lebih bersemangat.

Ganti Alat KB

KB implan, KB suntik, atau IUD (KB spiral), bisa jadi penyebab telat haid 3 bulan tapi tidak hamil dan mengganggu siklus menstruasi. Maka jika Anda memakai alat KB hormonal dan belakangan haid jadi tidak teratur, konsultasi ke dokter.

Dokter kemungkinan akan mengganti jenisnya. Mungkin akan perlu beberapa kali percobaan untuk menemukan alat KB yang cocok dan minim efek samping untuk Anda.

Untuk itu, jangan sungkan untuk berkonsultasi ke dokter jika haid Anda jadi tidak teratur setelah pasang alat KB.

Terapi Hormon

Terapi hormon yang dilakukan bisa dengan memberikan obat mengandung hormon estrogen dan progesteron dalam dosis tertentu. 

Biasanya terapi hormon diberikan untuk wanita dengan siklus haid tidak teratur yang sampai membuat sulit hamil, seperti wanita pengidap PCOS.

Seperti obat-obatan pada umumnya, obat hormonal memiliki efek samping yang bervariasi. Mual, nyeri payudara, sakit kepala, berat badan yang bertambah, hingga hasrat seksual yang menurun bisa Anda rasakan.

Mengonsumsi Ramuan Herbal 

Meski penelitian belum banyak, tetapi tak ada mencoba berbagai bahan herbal sebagai cara alami untuk melancarkan haid, bisa Anda lakukan. Apalagi jika Anda belum mengetahui penyebab telat haid 3 bulan tapi tidak hamil. 

Adapun beberapa ramuan herbal antara lain:

  • Minum rebusan air jahe. Anda juga dapat menambahkan gula atau madu agar rasanya lebih nikmat. Anda bisa mencobanya setelah memastikan Anda tidak alergi jahe.
  • Kayu manis membantu melancarkan haid dan membantu mengatasi PCOS. Caranya larutkan kayu manis bubuk ke dalam segelas susu atau teh hangat.
  • Ramuan kunyit dengan teh, madu, atau susu. Gunakan buah kunyit asli yang telah digeprek atau kunyit bubuk agar lebih praktis. 

Demikian informasi mengenai penyebab telat haid 3 bulan tapi tidak hami dan cara mengembalikan siklusnya agar kembali normal. 

Jika setelah melakukan pengobatan tapi haid tak kunjung datang, segera konsultasi ke dokter kandungan untuk pemeriksaan lebih lanjut seperti USG perut agar bisa ditangani dengan tepat.