Inilah Cara Untuk Mengatasi Vagina Gatal

Vagina gatal merupakan kondisi yang bisa memicu rasa gatal pada kemaluan wanita. Vagina gatal juga merupakan salah satu kondisi yang sering dialami wanita. Gejala yang timbul bisa ringan atau lebih serius.

Penyebab Vagina Gatal

Berikut adalah faktor yang dapat menyebabkan vagina gatal:

  1. Stres

Stres merupakan salah satu penyebab yang dapat memicu berbagai kondisi pada tubuh, termasuk vagina gatal. Jika seseorang mengalami stres, sistem imun tubuh melemah. Hal tersebut bisa memicu infeksi dan menimbulkan rasa gatal.

  1. Alergi

Alergi bisa menimbulkan reaksi yang berbeda pada tubuh. Reaksi alergi terjadi karena berbagai sumber. Salah satu  sumber penyebab alergi adalah perlengkapan untuk vagina seperti kondom. Jika perlengkapan yang digunakan tidak memberikan kenyamanan bagi tubuh, maka bisa menimbulkan iritasi seperti vagina gatal.

  1. Infeksi jamur

Infeksi bisa terjadi di bagian tubuh manapun, termasuk alat kelamin wanita. Contoh jamur yang memicu iritasi pada vagina adalah candida albicans. Candida albicans tidak hanya menyebabkan iritasi pada vagina, namun juga bisa menimbulkan cairan kental berwarna putih kekuningan pada area tersebut.

Pada umumnya, candida albicans bisa memicu infeksi pada bagian tubuh yang lembab. Oleh karena itu, vagina merupakan salah satu bagian tubuh yang lebih rentan terhadap infeksi jamur.

  1. Infeksi bakteri vaginosis

Infeksi bakteri vaginosis merupakan penyebab lain yang perlu diwaspadai, karena tidak hanya menimbulkan iritasi pada vagina, namun juga dapat menimbulkan peradangan, sensasi terbakar, dan cairan yang berbau tidak sedap pada bagian tersebut.

  1. Trikomoniasis

Trikomoniasis merupakan parasit yang bisa menyebar ke dalam tubuh penderita ketika melakukan hubungan seksual. Trikomoniasis bisa terjadi baik pada pria maupun wanita. Trikomoniasis bisa memicu berbagai gejala infeksi seperti iritasi.

  1. Lichen sclerosus

Lichen sclerosus merupakan kondisi yang memicu bercak putih pada vagina dan dapat menimbulkan rasa gatal dan peradangan. Lichen sclerosus merupakan kondisi yang langka dan lebih berisiko pada wanita yang telah mengalami menopause. Lichen sclerosus juga tidak dapat diobati, namun dapat dicegah dengan menggunakan obat krim steroid.

  1. Penyakit seksual yang menular

Ada berbagai penyakit seksual yang bisa memicu iritasi pada vagina, salah satunya termasuk gonore.

  1. Menopause

Menopause tidak hanya menghentikan menstruasi, namun juga bisa menurunkan hormon estrogen wanita. Penurunan hormon estrogen bisa menyebabkan dinding vagina menipis dan kering sehingga bagian tersebut terasa gatal.

Menopause juga tidak dapat diobati. Meskipun demikian, penderita dapat menggunakan obat krim steroid atau menjalani terapi hormon untuk mengurangi risiko tersebut.

  1. Kanker vulva

Kanker vulva bisa memicu rasa gatal pada vagina. Kanker vulva jarang terjadi, namun juga bisa menimbulkan gejala lain.

Jika Anda Mengalami Masalah Pada Vagina

Jika Anda mengalami masalah yang serius pada vagina, Anda bisa bertemu dengan dokter. Sebelum bertemu dengan dokter, Anda bisa mempersiapkan diri dengan beberapa hal di bawah:

  • Daftar pertanyaan yang ingin Anda tanyakan ke dokter.
  • Daftar gejala yang timbul.
  • Daftar riwayat medis (jika dokter memerlukannya).

Ketika Anda bertemu dengan dokter, dokter perlu mengetahui kondisi Anda dengan menanyakan pertanyaan seperti:

  • Kapan gejala yang Anda alami terjadi?
  • Apakah Anda mengalami gejala lain, selain gatal?
  • Apakah Anda sudah mengalami menopause?

Setelah mengetahui kondisi Anda, dokter akan melakukan diagnosis seperti pemeriksaan fisik. Pengobatan akan ditentukan berdasarkan penyebabnya. Obat antibiotik dan obat krim steroid merupakan contoh obat yang bisa digunakan pasien untuk mengatasi rasa gatal pada vagina.

Kesimpulan

Vagina gatal merupakan kondisi yang perlu diwaspadai, karena ada berbagai penyebab yang bisa meningkatkan risiko tersebut. Jika Anda ingin mengatasi rasa gatal pada vagina atau ingin tahu lebih lanjut tentang vagina, Anda bisa berkonsultasi dengan dokter.

Ciri Ciri Krim Bermerkuri yang Sudah Terkontaminasi di Wajah

Pernahkah kamu mengecek dan memeriksa lebih detail kandungan dalam produk-produk kecantikan kulit yang kamu miliki? Jika pernah, sudah pasti kamu akan melihat kandungan merkuri. Banyak ciri ciri krim bermerkuri yang masih dalam batas wajar namun ada pula yang melewati batas wajar sehingga menimbulkan banyak gangguan untuk kulitmu.

Salah satu manfaat hyaluronic acid adalah melembapkan kulit

Merkuri, yang disebut juga raksa (Hg), merupakan logam berat yang secara alami berada di alam. Hanya saja, zat ini dapat beracun bagi kesehatan dan lingkungan jika tidak dikontrol penggunaannya.

Dalam kosmetik, merkuri terbagi atas dua bentuk, yaitu anorganik dan organik. Merkuri anorganik digunakan dalam sabun dan krim pemutih kulit. Sementara itu, merkuri organik banyak dipakai untuk produk pembersih riasan dan maskara.

Di Indonesia, sebagian orang sudah mengidentikkan merkuri dengan produk pencerah wajah, sehingga tak sedikit yang sudah sadar akan bahayanya. Apalagi dengan adanya peringatan dari BPOM RI.

Sepanjang tahun 2014 silam, merujuk Tempo, lembaga tersebut menyita 68 jenis kosmetik berbahaya berupa bedak, krim pemutih, lipstik, dan perona wajah. Kosmetik tersebut dinyatakan mengandung bahan beracun, salah satunya merkuri.

Di berbagai negara lain, penggunaan merkuri pada kosmetik juga dilarang. Sayangnya, produk yang mengandung merkuri sering tidak teridentifikasi karena terkemas dalam wadah tidak berlabel.

Karena itu, hindari membeli produk kecantikan yang tidak memiliki daftar kandungan, tidak ada petunjuk penggunaan dalam bahasa Inggris, dan tidak memiliki reputasi legalitas BPOM RI. Karena dapat dipastikan itu termasuk dalam ciri-ciri krim bermerkuri yang berbahaya untuk kesehatanmu.

Waspada juga karena ada istilah lain yang digunakan untuk menyebut merkuri, seperti mercurous chloride, mercuric, mercurio, atau calomel.

Lantas, seperti apa efek samping merkuri dalam kosmetik? 

Sebagai bahan aktif, merkuri dapat mencerahkan warna kulit dan mengurangi bintik-bintik hitam. Namun, ada sejumlah efek samping, dan ini bisa berdampak serius untuk kesehatan.

Dilansir Medical Daily, penelitian yang dilakukan pada tikus betina menunjukkan bahwa merkuri dapat memengaruhi ginjal, hati, dan otak tikus tersebut.

Laporan lain menyebutkan bahwa logam ini juga dapat menyebabkan gangguan kognitif, kerusakan ginjal, sakit kepala, kelelahan, tremor, depresi, dan keluhan lainnya pada pengguna.

Lebih buruk lagi, menurut Food and Drug Administration (FDA) di Amerika Serikat, jika produk ini digunakan dari waktu ke waktu, merkuri dapat secara perlahan menguap ke udara.

Akibatnya, senyawa ini bisa mencemari seluruh rumah dan memengaruhi anggota keluarga lain, bahkan jika mereka tidak pernah menggunakan produk yang terkontaminasi tersebut.

Hal tersebut harus menjadi perhatian, apalagi beberapa orang seperti ibu hamil, bayi menyusui dan anak-anak, sangat rentan terhadap toksisitas merkuri.

Ciri ciri kulit wajah terkena krim bermerkuri

Bagaimana dengan bahaya merkuri terhadap kulit wajah? Seberapa jauhkah dampaknya? Seperti apa ciri-ciri kulit wajah terkena merkuri?

Dikutip dari WHO, meski efek samping utama dari merkuri anorganik yang terkandung dalam sabun dan krim pencerah kulit adalah kerusakan ginjal, masalah pada kulit juga dapat terjadi.

Secara umum, berikut ini adalah ciri-ciri kulit wajah terkena merkuri:

  • Muncul ruam kemerahan
  • Mengalami perubahan warna kulit yang sangat cepat dan berbeda dari warna kulit dasar
  • Terbentuk jaringan parut
  • Wajah terasa gatal dan perih
  • Kulit mudah terkelupas
  • Sangat rentan terkena infeksi bakteri maupun jamur

Tentu saja, berbagai efek samping tersebut sangat tidak menyenangkan, bahkan mengerikan. 

Jika wajahmu iritasi atau mengalami keluhan lain yang merupakan ciri-ciri kulit wajah terkena krim  bermerkuri setelah penggunaan suatu produk kulit, segera berobat ke dokter kulit agar dapat ditangani dengan baik. Bila kamu memang menginginkan kulit wajah yang lebih cerah, juga lebih baik berkonsultasi dengan dokter kulit. Mungkin biayanya lebih mahal, tapi setidaknya jauh lebih aman daripada terkena dampak kosmetik mengandung merkuri, bukan?

5 Cara Rumahan untuk Mengatasi Muka Gatal dan Kering

Salah satu penyebab muka gatal adalah kulit wajah yang sangat kering. Kulit wajah kering disebabkan oleh beberapa faktor, termasuk perubahan suhu atau kelembaban, penggunaan sabun berbahan keras, dan kondisi kulit seperti eksim. 

Kulit kering sangat mengganggu karena selain terasa gatal, wajah serasa seperti ketarik, kulit kasar, mengelupas, bahkan berdarah.

Wajah gatal bisa disebabkan oleh kulit kering karena bahan kimia produk tertentu

Penyebab kulit kering

Kulit memproduksi minyak alami yang disebut sebum. Sebum berfungsi untuk menjaga kelembaban kulit dan melindungi dari infeksi. 

Kulit yang menghasilkan terlalu banyak minyak memicu timbulnya jerawat. Sementara itu kulit yang tidak memproduksi cukup sebum bisa menjadi kering. 

Beberapa penyebab kulit wajah kering antara lain:

  • Cuaca dingin
  • Udara kering
  • Paparan bahan kimia keras yang terkandung dalam sabun atau produk lain
  • Mencuci wajah secara berlebihan
  • pH kulit tidak seimbang
  • Penyakit kulit, seperti dermatitis atopik, seboroik, dan psoriasis
  • Diabetes
  • Hipotiroidisme
  • Kebiasaan merokok
  • Terlalu lama terpapar sinar matahari

Mengatasi muka gatal dan kering

Meredakan muka gatal akibat kulit kering harus dimulai dengan mengatasi kulit wajah kering terlebih dahulu. Anda bisa mendapatkan kembali kelembaban kulit dengan cara rumahan berikut ini.

  1. Hindari air panas

Air panas dapat menghilangkan minyak alami. Sebaiknya, gunakan air hangat suam-suam kuku untuk mandi atau mencuci muka. 

Namun terlalu lama berendam di air juga dapat menghilangkan sebum. Menurut American Academy of Dermatology, mandi selama 5 – 10 menit cukup untuk membersihkan seluruh badan sekaligus mencegah kulit kering. 

  1. Cuci muka dengan lembut

Beberapa bahan kimia dalam sabun cuci muka, termasuk pewangi, pewarna, dan pengawet bersifat iritan dan bisa mengiritasi serta membuat kulit lebih kering. 

Sabun cuci muka yang baik adalah yang tidak mengandung bahan seperti:

  • Natrium lauril sulfat (SLS)
  • Minyak mineral, termasuk minyak bumi dan parafin
  • Paraben
  • Diethanolamine (DEA)
  • Monoethanolamine (MEA)
  • Trietanolamin (TEA)

Alih-alih, pilihlah sabun yang mengandung bahan yang mempertahankan kelembaban, seperti lanolin, surfaktan silikon, sulfur trioksida, asam sulfat, dan etilen oksida yang lembut untuk kulit sensitif. 

Anda juga harus membersihkan muka dengan lembut. Jangan gunakan alat tambahan karena dapat  mengiritasi kulit. 

  1. Gunakan pelembab secara rutin

Setelah mencuci muka, kunci kelembaban dengan mengoleskan pelembab. Pelembab wajah harus bebas alkohol dan pewangi karena kedua bahan tersebut dapat mengiritasi kulit. 

Pilihlah pelembab berbahan dasar minyak karena lebih efektif dan tahan lama dalam menghidrasi kulit. Produk berbahan dasar petrolatum adalah salah satu yang terbaik untuk kulit kering atau pecah-pecah. 

Anda juga bisa mencoba pelembab yang mengandung tabir surya agar lebih terlindungi dari paparan sinar matahari. 

  1. Eksfoliasi

Eksfoliasi berguna untuk mengangkat sel kulit mati dan memperbaiki tekstur kulit secara keseluruhan. Penumpukan sel kulit mati membuat kulit terasa kasar, muka gatal, dan menyumbat pori-pori yang memicu jerawat.

Terdapat dua jenis eksfoliator, yaitu bahan mekanis dan kimiawi. Eksfoliator mekanis menggunakan alat bantu (secara fisik) seperti sikat pembersih atau scrub wajah untuk menghilangkan sel kulit mati dari permukaan kulit.

Sementara eksfoliasi kimiawi menggunakan bahan atau zat yang bersifat sebagai eksfoliator. Contoh yang paling umum adalah asam alfa-hidroksi (AHA) dan asam beta-hidroksi (BHA).

Eksfoliasi wajah bisa dilakukan seminggu sekali, dan dilanjutkan dengan mengoleskan pelembab untuk mengunci kelembaban. 

  1. Gunakan humidifier

Terus-terusan berada di ruangan ber-AC dan pemanas ruangan dapat membuat kulit kering dan gatal. Sebagai gantinya, beralih ke humidifier untuk meningkatkan kelembaban udara di dalam ruangan. 

Pastikan untuk rutin membersihkan humidifier agar tidak menjadi sarang bakteri. 

Catatan

Jika cara-cara di atas tidak berhasil, ada baiknya untuk mengunjungi dokter spesialis kulit. Dokter biasanya akan meresepkan salep atau krim topikal untuk meredakan muka gatal dan kering.

Konsultasikan masalah Anda dengan dokter di aplikasi kesehatan SehatQ. Download aplikasinya sekarang di App Store atau Google Play Store.

Tips Memilih dan Rekomendasi Face Wash untuk Kulit Berminyak

Memastikan wajah tetap bersih adalah kunci utama untuk menghindari adanya masalah seperti jerawat atau komedo. Terlebih bagi pemilik kulit berminyak harus lebih extra dalam membersihkan kulit wajah. 

Pemilihan jenis face wash juga juga harus dilakukan hati-hati, karena face wash harus mampu mengangkat penumpukan minyak alami, kotoran, debu, bakteri, serta mencegah pori-pori tersumbat.

Rekomendasi 10 Facial Wash Lokal Terbaik

Tips Cara Memilih Face Wash untuk Kulit Berminyak

Jenis kulit tiap orang berbeda-beda, sehingga kebutuhan sabun wajahnya juga berbeda. Untuk memudahkan kamu memilih jenis sabun muka yang cocok untuk kondisi kulitmu, berikut tipsnya:

  • Lihat kandungan dari face wash

Mencermati kandungan dari sabun muka adalah hal yang harus dilakukan sebelum membelinya. Kandungan sabun wajah yang tepat dapat membantu kondisi kulit lebih baik, sedangkan kandungan yang tidak tepat malah membuatnya semakin buruk. Jenis kandungan yang dianjurkan ada pada sabun muka untuk kulit berminyak adalah seperti benzoil peroksida, asam glikolat, asam salisilat, dan niacinamide. Kandungan-kandungan tersebut dapat mengendalikan produksi minyak alami di wajah sehingga mencegah timbulnya jerawat.

  • Pilih face wash dengan label non comedogenic dan oil free

Untuk pemilik kulit berminyak, kamu dapat menggunakan sabun muka yang memiliki label ‘oil free’ dan ‘non comedogenic’ pada kemasannya sehingga tidak menyumbat pori-pori. 

Produk yang sudah melalui tes non comedogenic maka telah teruji tidak terdapat kandungan minyak di dalam produk tersebut.

Rekomendasi Face Wash untuk Kulit Berminyak

  1. Cetaphil Oily Skin Cleanser

Untuk mengurangi produksi minyak alami di wajah, kamu bisa menggunakan Cetaphil Oily Skin Cleanser. Walaupun mampu membersihkan minyak berlebih secara menyeluruh, kamu tidak perlu takut wajah menjadi terasa kering saat menggunakan produk ini.

Face wash ini menghasilkan busa lebih sedikit dibandingkan dengan dengan sabun muka lainnya dan mampu membersihkan wajah secara menyeluruh dengan efektif.

  1. Azalea Face Wash Oil Control 

Brand Azalea juga mengeluarkan sabun cuci muka khusus untuk kulit berminyak dan berjerawat. Azalea Face Wash Oil Control mampu membersihkan wajah dari sisa kotoran, make up, dan minyak berlebih secara menyeluruh. Dengan produk ini, wajah akan tampak lebih cerah, lembab, serta terasa lebih lembut saat disentuh.

  1. Cetaphil Gentle Skin Cleanser

Formula pada Cetaphil Gentle Skin Cleanser tidak menyebabkan iritasi dan lembut di kulit. Produk ini cocok digunakan dari berbagai rentang usia, kecuali bayi dan anak-anak. Tidak perlu khawatir, Cetaphil Gentle Skin Cleanser juga telah melalui proses non comedogenic yang aman bagi kulit berminyak. Face wash ini juga telah banyak disarankan oleh dokter dan ahli kesehatan kulit.

  1. Elsheskin Oily Cleanser Wash

Face wash yang ditujukan bagi kulit berminyak selanjutnya adalah Elsheskin Oily Cleanser Wash. Terdapat beberapa kandungan bahan aktif yang berguna untuk membersihkan sisa kotoran dan make up di wajah secara menyeluruh, yaitu glucose oxidase, lactoferrin, potassium thiocyanate, citric acid, lactoperoxidase, dan glucose pentaacetate.

Selain produksi minyak wajah yang berkurang, kamu juga bisa mendapatkan wajah yang lembut dengan menggunakan produk ini.

  1. Tea Tree Skin Clearing Facial Wash by The Body Shop

Face wash selanjutnya yang dapat dipertimbangkan adalah The Body Shop Tea Tree Skin Clearing. Terdapat kandungan tea tree oil yang terkenal ampuh untuk mencegah noda bekas jerawat, peradangan pada jerawat, dan mengontrol minyak alami yang berlebih pada wajah. Produk ini berwarna bening dan memiliki aroma mint yang segar saat digunakan. 

  1. Himalaya Herbal Oil Control Lemon Face Wash

Cari face wash untuk kulit berminyak dan sekaligus mencerahkan wajah? Kamu bisa memilih Himalaya Herbal Oil Control Lemon Face Wash. Produk ini memiliki kandungan ekstrak lemon sebagai antibakteri. Asam sitrat pada lemon mampu mencerahkan wajah dan mengurangi peradangan jerawat secara bersamaan.

Tidak hanya itu, terdapat kandungan ekstrak madu dan minyak jojoba yang mampu menjaga kelembapan kulit mu. Produk ini juga tidak mengandung paraben sehingga kamu bisa menggunakannya dengan aman setiap hari.

  1. Safi White Expert Oil Control and Anti Acne Facial Cleanser

Salah satu brand lokal yang dapat kamu pertimbangan dalam memilih face wash khusus kulit berminyak adalah Safi. Sabun muka untuk kulit berminyak yang dikeluarkannya adalah Safi White Expert Oil Control & Anti Acne Facial Cleanser. Diperkaya dengan oxy white, produk ini mampu membersihkan kotoran dan minyak berlebih pada wajah.

Tidak hanya itu, terdapat kandungan mineral zinc pada sabun muka ini yang dapat merawat kulit berminyak yang rentan berjerawat.

Itu tadi 7 rekomendasi face wash bagi kulit berminyak. Selalu pastikan wajah dalam keadaan bersih, terutama setelah beraktivitas diluar dan setelah menggunakan make up untuk menghindari masalah pada kulit wajah.

Lidah Kuning, Penyakit Apa Itu?

lidah kuning

Lidah kuning merupakan kondisi dimana lidah berubah menjadi kuning karena berbagai penyebab seperti pigmen berwarna yang dihasilkan bakteri, tumbuh dari sel kulit mati pada papila.

Papila merupakan tonjolan kecil yang timbul di permukaan lidah. Jika papila membesar atau lebih panjang, papila akan mengumpulkan sel mati, sisa makanan, dan zat lainnya di area tersebut. Kumpulan di lidah bisa memicu berbagai kondisi, termasuk lidah kuning.

Lidah kuning tidak memicu kondisi yang berbahaya bagi tubuh. Meskipun demikian, pada sebagian kasus, lidah kuning menunjukkan bahwa seseorang mengalami kondisi tertentu seperti gangguan hati.

Gejala

Berikut adalah gejala yang timbul akibat lidah kuning:

  • Warna kuning pada lidah.
  • Benjolan pada lidah.
  • Nafas bau.
  • Tersedak.
  • Sakit tenggorokan.
  • Sensasi terbakar.
  • Demam.
  • Mual.

Jika Anda mengalami gejala yang lebih serius, Anda sebaiknya temui dokter supaya kondisi Anda bisa segera ditangani.

Penyebab

Berikut adalah faktor yang menyebabkan lidah kuning:

  • Lidah berbulu

Lidah berbulu merupakan kondisi dimana lidah memiliki lapisan abnormal yang tampaknya seperti bulu. Pada awalnya, lidah berbulu membuat lidah tampak kuning, namun lidah bisa berubah menjadi hitam.

  • Mulut kering

Mulut kering merupakan kondisi dimana manusia kekurangan air liur di rongga mulut. Air liur memiliki kegunaan dalam membersihkan bakteri dari mulut. Jika manusia kekurangan air liur, bakteri akan tumbuh dan mengeluarkan pigmen kuning di lidah.

  • Kebiasaan bernafas dengan mulut

Kebiasaan bernafas dengan mulut bisa membuat mulut kering sehingga bisa meningkatkan risiko lidah kuning.

  • Kurang menjaga kebersihan mulut

Jika mulut tidak dijaga, maka sel kulit dan bakteri akan tetap menumpuk di papila lidah. Bakteri yang berada di bagian tersebut akan tumbuh dan mengeluarkan pigmen yang bisa membuat lidah kuning.

  • Lidah geografik

Lidah geografik merupakan kondisi dimana papila menghilang dan membentuk bercak yang terlihat seperti pulau. Bercak tersebut tidak hanya membuat lidah merah, namun juga bisa membuat lidah kuning.

  • Penyakit kuning

Penyakit kuning atau jaundice merupakan kondisi yang menyebabkan kekuningan pada kulit dan mata. Kekuningan disebabkan oleh peningkatan kadar bilirubin (pigmen kuning).

  • Obat-obatan

Sebagian obat bisa menimbulkan efek samping yang berbeda pada tubuh, termasuk lidah kuning. Contoh obat yang bisa meningkatkan risiko lidah kuning adalah obat antibiotik, obat pengencer darah, obat kanker, dan obat antipsikotik.

  • Merokok

Merokok merupakan faktor lain yang bisa memicu berbagai masalah pada tubuh, termasuk lidah kuning.

  • Kandidiasis oral

Kandidiasis oral merupakan infeksi jamur Candida yang menimbulkan bercak putih di lidah. Kondisi tersebut bisa membuat lidah kuning.

  • Masalah lambung

Masalah pada lambung seperti gastritis disebabkan oleh bakteri Helicobacter pylori. Bakteri tersebut bisa membuat lidah manusia kuning.

  • Penyakit autoimun

Penyakit autoimun merupakan penyakit yang bisa mengganggu sistem kekebalan tubuh. Penyakit autoimun dapat menyebabkan bakteri tumbuh di lidah dan membuat lidah kuning.

  • Zat-zat

Contoh zat yang bisa membuat lidah kuning adalah mentol dan alkohol.

Pengobatan

Pada umumnya, orang-orang yang mengalami lidah kuning tidak perlu menggunakan obat jika mereka ingin mengatasi kondisi tersebut. Namun, mereka harus menjaga mulut setiap saat. Lidah perlu dibersihkan ketika mereka menggosok gigi.

Pencegahan

Lidah kuning bisa dicegah dengan cara-cara seperti:

  • Mengkonsumsi air putih secara rutin.
  • Tidak merokok.

Kesimpulan

Meskipun lidah kuning tidak membahayakan tubuh, ada berbagai penyebab yang bisa meningkatkan risiko lidah kuning. Oleh karena itu, manusia perlu menjaga mulut setiap saat. Untuk informasi lebih lanjut tentang lidah, Anda bisa berkonsultasi dengan dokter.

Tips Memilih Penyangga Tubuh

Penyangga punggung atau juga disebut dengan penyangga tubuh merupakan alat bantu yang dibuat untuk memperbaiki postur tulang punggung. Dan pada saat yang sama alat ini juga mencegah sekaligus mengobati rasa sakit di area belakang tubuh, terdapat beberapa tipe penyangga punggung yang terdapat di pasaran, secara umum fungsi yang dimiliki sama.

Variteks - Knitted Malleol Ankle Support  harga terbaik 407500

Beberapa orang sudah pasti pernah mengalami sakit punggung, khususnya bagi mereka yang sudah berusia di atas 25 tahun. Jika seseorang tersebut tak pandai dalam merawat dan menjaga kesehatan tulang serta memiliki kebiasaan buruk, maka sakit punggung bisa saja muncul dan sangat mengganggu aktivitas sehari-hari mereka.

Penyangga Tubuh Sesuai Kondisi

Sebelum menggunakan penyangga punggung, pasien disarankan untuk melakukan konsultasi terlebih dahulu dengan dokter ortopedi. Hal ini penting dilakukan karena terdapat beberapa kondisi yang memang disarankan untuk menggunakan penyangga, terlepas banyak orang yang membutuhkan alat ini, berikut diantaranya kondisi tersebut.

  1. Pasca Operasi

Biasanya disarankan untuk menggunakan penyangga punggung jenis rigid atau kaku, untuk orang yang baru selesai menjalani operasi tulang belakang. Tujuannya untuk mengurangi mobilisasi dan mempercepat penyembuhan, penggunaan alat ini bisa dilakukan selama tiga sampai delapan minggu atau kurang lebih tergantung dari kondisi.

  1. Osteoarthritis

Penderita kondisi ini direkomendasikan untuk menggunakan penyangga jenis semi-grid, tujuannya untuk mengurangi rasa nyeri yang muncul akibat kerusakan tulang rawan yang menjadi bantalan tulang. Penggunaan alat ini bisa membuat penderita osteoarthritis dapat melakukan aktivitas relatif seperti biasa.

  1. Herniated Disc

Merupakan masalah pada tulang belakang dan bisa mengakibatkan munculnya rasa nyeri ketika melakukan aktivitas. Penderita kondisi ini disarankan untuk menggunakan penyangga punggung jenis rigid atau juga bisa menggunakan penyangga semi-rigid.

  1. Stenosis Spinal

Dalam kondisi ini, penyangga punggung digunakan pada punggung bagian bawah tujuannya untuk mengurangi tekanan dan nyeri. Setelah menggunakan alat ini, beberapa pengguna mengaku posturnya membaik dari sebelumnya.

  1. Kaku Otot atau Otot Tertarik

Dokter merekomendasikan penggunaan penyangga punggung yang lebih fleksibel pada penderita kaku otot atau otot tertarik, tepatnya di bagian punggung bawah. Penggunaan penyangga punggung bertujuan untuk mengurangi rasa nyeri yang muncul, namun hanya boleh digunakan dalam kurun waktu dua sampai empat hari.

  1. Spondylolisthesis Isthmic

Merupakan kondisi ketika ada ruas tulang belakang yang menyimpang hingga membuat terjadinya saraf terjepit. Penggunaan penyangga punggung digunakan agar rasa sakit yang muncul berkurang dan penderita lebih nyaman dalam berjalan, biasanya penderita disarankan menggunakan penyangga jenis rigid.

Manfaat Penyangga Tubuh

  1. Memperbaiki Postur

Tulang belakang seharusnya tegak lurus sehingga dada terlihat tegap dan tubuh bagian bawah menjadi lebih kuat. Namun, berbagai hal dapat mengakibatkan tulang belakang melengkung sehingga postur tubuh terlihat bungkuk dan tidak proporsional. Untuk memperbaiki kondisi ini bisa dengan menggunakan penyangga punggung.

  1. Mencegah Nyeri Punggung

Munculnya nyeri punggung tentu mengganggu aktivitas sehari-hari, termasuk ketika seseorang melakukan olahraga secara rutin. Penyangga punggung bisa dimanfaatkan untuk mengatasi kondisi ini, dipakai ketika mengerjakan tugas atau ketika melakukan aktivitas mengangkat beban yang cukup berat.

  1. Mempercepat Penyembuhan

Cara kerja alat ini prinsipnya dengan membuat stabil posisi punggung sehingga mencegah pergerakan atau untuk menggeser letak tulang belakang. Kondisi tulang yang lebih baik, membuat rasa nyeri yang muncul bisa berkurang sekaligus mempercepat proses penyembuhan terkait masalah punggung yang dialami dan tentunya mengganggu aktivitas sehari-hari.

Selai Kacang untuk Diet Bisa Turunkan Berat Badan, Kenali Manfaat Baik Lainnya

Selain kacang memang enak untuk dimakan dengan roti. Ternyata, konsumsi selai kacang untuk diet juga bisa menurunkan berat badan, lho. Kenapa sih? Bukannya selai kacang banyak lemak? Yuk, kita cari tahu.

Peanut butter memang tinggi lemak, akan tetapi semuanya adalah lemak sehat dan kaya nutrisi. Namun, selai kacang yang dimaksud jelas yang organik dan natural tanpa adanya bahan tambahan lain.

Pastikan kamu memilih produk selai kacang untuk diet dengan kandungan tepat

Benarkah Selai Kacang Baik untuk Diet?

Tahun 2010 lalu terdapat sebuah penelitian yang menyebut bahwa kacang bisa menjaga respons glikemik dalam tubuh. Artinya ketika ada perubahan kadar gula darah setelah makan bisa lebih terjaga.

Kacang juga mengandung serat yang membuat seseorang akan merasa kenyang lebih lama. Menurut penelitian dari Harvard School of Public Health menyebut bahwa orang yang mengonsumsi secara rutin selai kacang setidaknya dua kali dalam seminggu, maka bisa mengurangi risiko kenaikan berat badan hingga 8 tahun ke depan. Itulah kenapa selai kacang terkenal untuk menurunkan berat badan dalam waktu singkat.

Adapun kandungan dalam selai kacang ini adalah sumber lemak sehat dan protein. Ada juga kandungan vitamin dan mineral, seperti vitamin E, asam lemak omega 6, potasium, serta magnesium.

Dalam 2 sendok makan peanut butter, setidaknya mengandung:

  • Protein 7 gram
  • 191 kalori
  • Lemak 5 gram
  • Karbohidrat 7 gram

Takaran ideal konsumsi selai kacang ini dalam sehari adalah cukup 2 sendok makan saja. Tentu, selai kacang yang dipilih tanpa ada tambahan bahan lain seperti gula, garam, atau minyak. 

Adakah Manfaat Selain Kacang untuk Tubuh?

Dari berbagai penelitian yang pernah dilakukan, wajar jika selai kacang dijadikan alternatif menurunkan berat badan dalam waktu singkat. Selain itu, ada beberapa manfaat selai kacang bagi tubuh yang perlu diketahui, yaitu:

  1. Menurunkan Berat Badan

Selain kacang untuk diet tentu akan efektif jika tanpa tambahan bahan lain berupa gula, garam, serta bahan pengawet. Jadi, untuk mendapatkan manfaat menurunkan berat badan, maka sebaiknya pilihlah peanut butter organik karena kaya akan protein, lemak sehat, dan serat. Selai kacang juga bisa membuat sistem pencernaan jadi lebih lancar.

  1. Terasa Kenyang Lebih Lama

Keinginan untuk terus makan camilan di sela waktu makan memang menjadi musuh utama orang yang menjalani diet. Meskipun makan camilan sehat, biasanya akan tetap mudah lapar tidak lama setelahnya. 

Namun, mengonsumsi selai kacang bisa memberikan sensasi rasa kenyang yang lebih lama. Hal ini disebabkan adanya kandungan lemak sehat dan juga protein. Rasa kenyang ini membuat Anda tidak akan tergoda untuk melirik camilan lain. Dengan begitu, target menurunkan berat badan akan mungkin terwujud.

  1. Mengurangi Risiko Penyakit Jantung

Ternyata, mengonsumsi selai kacang dan jenis kacang-kacangan lain bisa menurunkan risiko terkena penyakit kanker, jantung, dan pernapasan. 

  1. Memulihkan Energi

Saat Anda merasa lelah setelah beraktivitas dengan intensitas tinggi seperti berolahraga, Anda bisa mengonsumsi selai kacang yang akan membantu memulihkan energi karena kandungan protein di dalamnya. 

  1. Memberikan Respons Glikemik yang Lebih Baik

Selain kacang yang punya rasa manis ternyata mengandung angka indeks glikemik yang rendah. Padahal kebanyakan makanan yang melalui proses pengolahan yang banyak biasanya mudah sekali meningkatkan kadar gula darah dalam tubuh. Sehingga berisiko meningkatkan kadar gula dan menyebabkan penyakit diabetes dan obesitas.

Namun, konsumsi selai kacang tidak akan membuat kadar gula dalam darah meningkat signifikan.

Memutuskan konsumsi selai kacang untuk diet memang tepat. Asal, selai kacang yang dipilih yang organik dengan bahan utama kacang tanpa adanya tambahan gula, garam, dan bahan pengawet. Namun, bukan berarti juga dengan makan selai kacang, berat badan Anda langsung berkurang dalam sekejap.

7 Obat Kembung Ini Bisa Diminum Saat Perut Kosong

Kembung atau penumpukan gas dalam perut bisa membuat penderitanya merasa tidak nyaman. Perut jadi terasa penuh dan begah, terkadang memicu nyeri atau sensasi tertekan pada perut bagian atas.

Perut kembung umumnya merupakan tanda dari masuk angin. Konsumsi antibiotik, makan makanan serat dan minuman berkarbonasi, atau kondisi medis lainnya juga bisa menyebabkan kembung. 

Beberapa obat sakit perut bisa menjadi pilihan cepat dan efektif mengatasi kembung di saat perut kosong. 

Obat kembung yang aman diminum sebelum makan

Berikut rekomendasi obat kembung yang aman diminum kapan saja, termasuk sebelum tidur:

  1. Mylanta

Mylanta Suspensi (cair) dan tablet berkhasiat untuk mengurangi gejala sakit maag, mual, dan muntah. Mylanta juga efektif mengatasi perut kembung sekaligus membantu pengeluaran gas berlebih. 

Mylanta bisa diminum kapanpun, baik saat gejala mulai muncul, setelah makan, atau sebelum tidur.

  1. Promag Tablet

Ada banyak jenis Promag, termasuk Promag tablet, cair, dan Promag Double Action. Ketiganya merupakan obat maag yang juga bisa meredakan perut kembung dan gejala terkait peningkatan asam lambung. 

Promag Tablet merupakan tablet kunyah yang mengandung hidrotalsit, magnesium hidroksida, dan simetikon, dan ketiganya bersifat antiflatulen atau bekerja dengan menetralkan asam lambung. 

Promag tablet bisa dikonsumsi langsung saat gejala muncul atau dua jam setelah makan. Obat ini bisa diminum oleh ibu hamil, tapi sebaiknya berkonsultasi dengan dokter terlebih dahulu sebelum menggunakannya.

  1. Polysilane 

Polysilane merupakan obat golongan antasida yang mengandung bahan aktif alumunium hidroksida, magnesium hidroksida, dan simetikon. Ketiganya bersifat basa sehingga efektif menurunkan tingkat keasaman pada lambung. 

Simetikon pada Polysilane berfungsi untuk menghilangkan kelebihan gas dalam pencernaan yang menyebabkan perut kembung. 

  1. Bufantacid

Bufantacid adalah obat kembung yang dijual bebas dan bisa dibeli di apotek tanpa resep dokter. Bufantacid dapat dikonsumsi oleh anak berusia 6 tahun ke atas untuk meredakan perut kembung dan gejala lainnya yang berkaitan dengan asam lambung. 

  1. Plantacid Forte Suspensi

Plantacid Forte Suspensi adalah obat yang diformulasikan khusus untuk mengatasi maag dan asam lambung. Obat ini dapat mengurangi gejala yang berhubungan dengan peningkatan asam lambung, tukak lambung, tukak usus 12 jari, mual, serta perut kembung. 

Untuk meredakan kembung, minum Plantacid Forte Suspensi dosis 5-10 mL sebanyak tiga kali sehari satu jam sebelum makan, dua jam setelah makan, dan menjelang tidur. 

  1. Polycrol Forte

Polycrol Forte adalah obat kembung sirup yang mengandung tiga bahan aktif yang ampuh menghilangkan gas berlebih di perut, yaitu magnesium hidroksida, alumunium hidroksida, dan simetikon. 

Obat ini juga ampuh untuk mengatasi hiatus hernia, kondisi dimana bagian atas lambung masuk ke rongga dada. Kondisi ini biasanya terjadi pada pasien lanjut usia. 

Polycrol Forte adalah obat kembung yang bisa dikonsumsi baik anak-anak hingga lansia. Kocok obat terlebih dahulu sebelum diminum, dan konsumsi 1 jam sebelum makan, 2 jam setelah makan, atau menjelang tidur. 

Ikuti dosis penggunaan yang tertera pada label kemasan atau sesuai dengan petunjuk dokter. 

  1. Lambucid Suspensi

Lambucid Suspensi merupakan obat golongan antasida yang berkhasiat untuk menetralkan asam lambung. Peningkatan asam lambung dapat mengikis dinding lambung dan menyebabkan kembung. 

Lambucid Suspenci mengandung magnesium hidroksida, alumunium hidroksida, dan simetikon yang tak hanya mengurangi asam lambung, tapi juga efektif meredakan mual, nyeri ulu hati, dan rasa begah di perut. Dapatkan obat kembung dan kebutuhan kesehatan lainnya hanya di toko kesehatan SehatQ.

Kaki dan Tangan Kesemutan, Apa Penyebabnya?

tangan kesemutan

Setiap orang mungkin pernah merasakan yang namanya kesemutan. Kesemutan bisa terjadi di bagian tubuh manapun, khususnya di tangan dan kaki. Ketika kaki dan tangan kesemutan, Anda mungkin akan merasakan sensasi mati rasa sekaligus rasa tertusuk.

Umumnya, kesemutan terjadi ketika aliran darah di sekitar lokasi tersebut terhambat. Hal ini sering terjadi saat Anda berada di satu posisi yang sama terlalu lama.

Akan tetapi, kesemutan juga bisa saja terjadi tanpa sebab yang jelas. Jika kesemutan berkepanjangan dan tidak diketahui penyebabnya, mungkin ada kondisi medis khusus yang mendasarinya. 

Apa yang menyebabkan kaki dan tangan kesemutan?

Ada beberapa hal yang bisa menyebabkan kaki dan tangan kesemutan. Beberapa di antaranya adalah sebagai berikut:

  • Diabetes

Diabetes merupakan penyebab kesemutan yang paling umum. Menurut penelitian, sekitar 30 persen dari kasus kesemutan kronis disebabkan oleh diabetes. 

Kesemutan yang disebabkan oleh diabetes seringkali muncul pertama kali pada kedua kaki, kemudian perlahan naik ke tungkai, dan terus sampai ke tangan dan jari-jari tangan. Kesemutan yang seperti ini bisa menjadi gejala pertama yang menandakan bahwa Anda menderita diabetes. 

  • Kekurangan vitamin

Tahukah Anda bahwa kesemutan juga bisa terjadi karena Anda kekurangan vitamin? Secara khusus, kondisi ini dirasakan saat tubuh kekurangan vitamin E, B1, B6, B12, dan niasin. 

Seluruh vitamin tersebut diperlukan untuk memelihara kesehatan saraf. Kekurangan vitamin akan mengganggu fungsi saraf, sehingga memicu pada kesemutan jangka panjang. 

Akan tetapi, perlu diperhatikan, asupan vitamin B6 yang terlalu banyak juga bisa menyebabkan kesemutan. Karena itu, sebaiknya konsumsi vitamin Anda dalam kadar yang wajar, tidak kekurangan namun juga tidak berlebihan.

  • Racun dalam tubuh

Ada beberapa racun yang ketika terpapar ke tubuh bisa menimbulkan dampak berbahaya, termasuk membuat tangan kesemutan. Contohnya seperti logam berupa timbal, arsen, merkuri, talium, dan bahan kimia industri serta lingkungan.

Racun juga bisa meliputi obat-obatan jenis tertentu, khususnya obat kemoterapi yang digunakan untuk mengatasi kanker. Karena itu, penderita kanker yang menjalani kemoterapi lebih rentang mengalami kesemutan parah.

Beberapa jenis antibiotik dan obat antivirus juga bisa menimbulkan efek samping berupa kerusakan saraf yang mengacu pada kesemutan. 

  • Penyakit sistemik

Penyakit yang termasuk sebagai golongan penyakit sistemik adalah gangguan pada ginjal, penyakit hati, kerusakan pembuluh darah dan penyakit darah, gangguan jaringan ikat, ketidakseimbangan hormon, dan lain-lain.

Selain itu, pertumbuhan sel kanker dan tumor jinak juga bisa mempengaruhi saraf dan membuat Anda mengalami tangan kesemutan. 

  • Kecanduan alkohol

Bagi Anda yang gemar mengonsumsi alkohol, hati-hatilah pada kemungkinan untuk mengalami kesemutan jangka panjang. Orang-orang yang kecanduan alkohol cenderung mengalami kekurangan tiamin dan vitamin lainnya, mengakibatkan kerusakan saraf.

Hal ini juga telah dibuktikan melalui sejumlah penelitian. Kebiasaan mengonsumsi alkohol juga membuat Anda memiliki kebiasaan makan yang buruk. Hal ini juga akan menyebabkan gangguan pada saraf karena kurangnya vitamin serta nutrisi penting lainnya.

  • Infeksi

Sejumlah penyakit infeksi serius juga bisa menyebabkan gangguan pada saraf. Kesemutan menjadi salah satu efek samping atau komplikasi yang dirasakan. 

Contohnya adalah infeksi berupa penyakit lyme, herpes zoster, cytomegalovirus, herpes simpleks, HIV, dan AIDS. 

Itulah beberapa kondisi yang bisa menyebabkan kaki dan tangan kesemutan. Pengobatannya dilakukan dengan mengendalikan penyakit yang mendasarinya, barulah kesemutan yang Anda alami bisa membaik.

Jangan Keliru, Ini Cara Memilih Rekomendasi Breast Pads

Banyak wanita menggunakan breast pads untuk melindungi payudara mereka, khususnya di masa kehamilan dan menyusui. Karena ada banyak sekali produk breast pads yang dijual, Anda harus tahu cara memilih rekomendasi breast pads yang tepat.

Sebagai informasi, breast pads adalah lapisan khusus yang diletakkan di dalam bra. Lapisan ini dipasang untuk mencegah cairan yang keluar dari puting membasahi payudara.

Cairan ini dapat berupa apa saja. Misalnya, pada wanita menyusui, cairan bisa berupa susu. Sementara, pada wanita yang menderita infeksi seperti eksim, cairan bisa saja berupa efek samping dari kondisi. 

Memilih rekomendasi breast pads berdasarkan jenisnya

Ketika akan memilih rekomendasi breast pads, Anda perlu mengetahui jenis breast pads yang paling sesuai dengan kebutuhan Anda. Secara umum, berikut ini beberapa jenis breast pads yang cukup umum:

  • Breast pads yang bisa dipakai kembali

Bantalan breast pads jenis ini biasanya bisa dibersihkan setelah dipakai, kemudian digunakan kembali. Breast pads jenis ini lebih ramah lingkungan dan juga lebih terjangkau dari segi harga.

Akan tetapi, Anda harus memastikan bahwa breast pads benar-benar dicuci dengan bersih dan menggunakan sabun cuci yang aman. Jika tidak, penggunaannya bisa menimbulkan efek negatif pada kulit payudara.

  • Breast pads berbahan hidrogel

Breast pads jenis ini secara khusus dirancang bukan untuk menampung cairan yang bocor. Biasanya, ini digunakan untuk mengatasi puting payudara yang mengalami nyeri. Misalnya nyeri akibat menyusui atau nyeri karena kondisi lain di payudara.

Sebelum digunakan, Anda bisa menyimpan breast pads berbahan hidrogel di freezer. Sensasi dingin bisa melegakan dan meredakan nyeri pada area puting.

  • Breast pads sekali pakai

Berbeda dengan breast pads yang bisa dipakai berulan kali, jenis breast pads ini hanya bisa dipakai sekali saja. Rekomendasi breast pads sekali pakai cocok untuk Anda yang akan melakukan perjalanan, karena Anda tidak perlu repot-repot mencucinya.

Di satu sisi, breast pads sekali pakai memang lebih praktis. Namun ini membuat bantalan menjadi lebih tidak ramah lingkungan dan Anda pun harus mengeluarkan lebih banyak uang untuk membelinya dalam jumlah besar. 

  • Breast pads berbahan silikon

Ada juga breast pads dengan bahan pembuatan utama silikon. Cara kerjanya bukan menyerap cairan yang bocor keluar dari puting, melainkan memberi tekanan lembut di payudara untuk mencegah kebocoran.

Breast pads berbahan silikon lembut dan permukaannya lengket. Ini membuat batalannya bisa langsung menempel di payudara Anda sehingga bisa dikenakan tanpa bra. Biasanya, breast pads silikon dipakai ketika berenang. 

  • Breast pads buatan sendiri

Jika Anda ingin lebih berhemat, Anda bisa mencoba membuat breast pads sendiri. Ada banyak bahan rumahan yang bisa Anda gunakan. Misalnya dengan memotong bantalan pada popok atau pembalut wanita sekali pakai.

Potong supaya ukurannya sesuai dengan bra Anda. Anda juga bisa menjahitnya langsung ke bra apabila ingin pemakaiannya lebih nyaman. 

Tapi, saat akan membuat rekomendasi breast pads sendiri, hindari menggunakan bahan-bahan yang terlalu kasar atau berkualitas buruk. Usahakan untuk menggunakan bahan katun karena lebih lembut di kulit dan mampu menyerap kebocoran dengan baik.Itulah beberapa hal yang perlu diperhatikan ketika akan membeli rekomendasi breast pads berdasarkan jenisnya. Tentukan jenis yang paling sesuai dengan kebutuhan serta kenyamanan Anda.