5 Cara Mempersiapkan Usia Pensiun yang Sejahtera

Memiliki kehidupan yang sejahtera bahkan ketika Anda sudah tidak lagi pada usia produktif kerja adalah impian setiap orang. Namun pada kenyataannya, angan untuk bisa memiliki kemakmuran di usia pensiun kerap sulit diraih karena minimnya persiapan. Tanpa persiapan jelas usia pensiun bisa hanya menjadi mimpi buruk karena kebutuhan Anda cenderung bisa meningkat, tetapi penghasilan Anda jauh berkurang bahkan bisa jadi tidak ada lagi.

Persiapan yang matang terkait finansial pun mutlak diperlukan bagi Anda yang mulai merencanakan kapan hendak pensiun. Banyak langkah yang bisa Anda ambil guna membuat kondisi finansial Anda di masa pensiun tidak jauh berbeda, bahkan lebih baik, dibandingkan ketika waktu Anda masih bekerja.

Berikut ini adalah beberapa cara yang bisa Anda tempuh untuk mendapatkan masa pensiun yang sejahtera. Semakin cepat dilakukan artinya persiapan Anda semakin matang dan Anda bisa menginjak usia pensiun dengan lebih tenang.

  1. Sisihkan Bujet Khusus Pensiun

Sudah saatnya Anda mulai meninggalkan gaya hidup yang berlebihan jika memang ingin menikmati kesejahteraan di usia pensiun. Lebih baik Anda menyisihkan uang lebih banyak untuk persiapan dana khusus pensiun alih-alih menghamburkan uang untuk kebutuhan yang konsumtif. Jika Anda biasa menabung hanya sekitar 10 persen dari total pendapatan, mulai sekarang teguhkan hati untuk menambah porsi tabungan sampai dua kali lipat dari biasanya guna persiapan dana pensiun.

  • Ikut Serta Dana Jaminan

Sudah banyak lembaga keuangan yang menyediakan produk penyediaan dana jaminan hari tua atau dana pensiun. Cobalah Anda menjadi bagian dari kepesertaannya. Umumnya, kantor-kantor memang sudah menyediakan jaminan pensiun bagi karyawannya. Pemerintah saat ini juga sudah mengadakan program jaminan pensiun lewat Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Ketenagakerjaan. Namun, menambah keikutsettaan Anda untuk program dana jaminan pensiun di lembaga keuangan swasta juga tidak ada salahnya guna memastikan dana untuk hidup Anda selepas usia produktif lebih terjamin.

  • Beli Asuransi Kesehatan

Semakin tua usia Anda, semakin rentan pula berbagai penyakit akan menyerang Anda. Penyakit menjadi sangat merepotkan karena bukan hanya membuat Anda tidak bisa beraktivitas bebas, melainkan juga siap menggerus harta Anda guna biaya pengobatannya. Tidak jarang ditemui, orang-orang yang berada di usia pensiun mendadak “miskin” karena sebagian hartanya habis untuk penganana kesehatan. Guna mengantisipasi hal itu, belilah asuransi kesehatan yang mumpuni guna menanggulangi jika Anda terserang berbagai penyakit.

  • Mulai Lirik Investasi

Kebutuhan yang Anda perlukan pada usia pensiun nilainya tentu akan lebih tinggi dibandingkan kebutuhan yang sama jika dibelanjakan hari ini. Kondisi tersebut terjadi karena adanya inflasi yang membuat semua harga barang naik dari waktu ke waktu sehingga nilai uang menjadi lebih rendah. Penyelamat yang bisa Anda pilih guna menghindari kondisi tergerusnya nilai harta yang Anda miliki adalah investasi. Masukkan sebagian tabungan yang sudah Anda punya ke beberapa instrument investasi jangka panjang yang memiliki risiko rendah, seperti emas, reksa dana, maupun saham. Tidak hanya mempertahankan nila harta, pilihan untuk berinvestasi bahkan bisa meningkatkan nilai uang Anda di kemudian hari secara signifikan.

  • Cari Pemasukan Pasif

Anda bisa saja tidak lagi berada di usia produktif, tetapi bukan berarti Anda tidak bisa menghasilkan uang. Lewat pemasukan pasif, Anda bahkan bisa menerima pendapatan bahkan ketika Anda hanya duduk santai di depan teras. Tentunya untuk bisa menerima kondisi menyenangkan seperti itu, Anda harus memulainya dari sekarang. Carilah pemasukan pasif yang bisa menjadi pendapatan hingga usia tua, seperti membeli unit apartemen untuk disewakan ataupun membangun jaringan bisnis yang hanya tinggal di pantau ketika Anda sudah tidak bekerja lagi.

***

Banyak jalan menuju roma. Banyak langkah pula yang bisa Anda lakukan guna bisa memperoleh hidup sejahtera pada usia pensiun. Yang terpenting adalah Anda berani mencoba dan konsisten terhadap jalan yang sudah Anda pilih. Selamat mencoba dan menikmati hari tua di masa depan!

Inilah Cara-cara Obati Efusi Pleura

Kondisi penumpukan cairan di rongga pleura disebut dengan efusi pleura, merupakan rongga di antara lapisan pleura yang membungkus paru-paru dengan lapisan pleura yang menempel pada dinding di dalam rongga dada. Keadaan ini pada umumnya merupakan komplikasi dari penyakit lain yang diderita seseorang dan bisa disembuhkan dengan pleurodesis.

Apabila dalam kondisi normal, setidaknya terdapat sekitar 10 ml cairan di rongga pleura yang fungsinya menjadi pelumas guna membantu melancarkan pergerakan paru ketika bernapas. Akan tetapi, pada efusi pleura, jumlah cairan ini berlebihan dan menumpuk serta bisa mengakibatkan masalah kesehatan yakni gangguan pernapasan.

Diagnosis Efusi Pleura

Dalam melakukan diagnosa, dokter akan menanyakan keluhan dan gejala hingga riwayat kesehatan dari pasien. Setelah itu, dokter akan melakukan pemeriksaan fisik pada dada yang meliputi beberapa hal seperti inspeksi (pengamatan), palpasi (perabaan), perkusi (ketukan) dan auskultasi yang dilakukan dengan menggunakan stetoskop.

Pada proses pemeriksaan ini, dokter akan mencari beberapa tanda efusi pleura berupa pergerakan dinding dada yang tampak tidak seimbang antara sisi kiri dan kanan hingga pasien terlihat sesak. Kemudian, getaran (taktil fremitus) yang terasa lemah pada bagian dada yang berisi cairan dan bunyi ketukan (perkusi) yang lebih berat atau rendah akibat penumpukan cairan di dinding dada.

Pengobatan Efusi Pleura

Selain pleurodesis terdapat beberapa pengobatan yang bisa dilakukan untuk mengatasi efusi pleura, tujuan dilakukan pengobatan ini adalah untuk mengeluarkan cairan dari rongga pleura untuk mencegah berulangnya penumpukan cairan dan mengatasi penyakit yang mendasari terjadinya efusi pleura.

  • Thoracentesis

Merupakan prosedur medis yang digunakan untuk mengambil cairan berlebih pada pleura melalui menggunakan jarum yang dimasukkan ke rongga dada. Proses pemeriksaan ini pada umumnya dilakukan jika penumpukan cairan pada paru-paru cukup banyak dan menyebabkan pasien atau penderita kesulitan bernapas dan nyeri dada.

  • Chest Tube

Merupakan prosedur pemasangan selang khusus (kateter) pada rongga pleura lewat sayatan kecil di dada. Selang kemudian dihubungkan dengan mesin untuk mengeluarkan cairan yang terdapat dari pleura, lama atau durasi dari pengeluaran cairan ini bisa berlangsung dalam beberapa hari sehingga membuat pasien harus dirawat di rumah sakit.

  • Pleural Drain

Memiliki prosedur yang mirip dengan chest tube, namun kateter dipasang dalam jangka panjang, secara mandiri pasien bisa mengeluarkan cairan dari pleura. Pemeriksaan ini dilakukan dan dipilih hanya jika efusi pleura terus terjadi.

  • Pleurodesis

Merupakan prosedur penyuntikan zat pemicu peradangan, seperti misalnya talc atau doxycyline ke rongga pleura. Pemeriksaan ini biasanya dilakukan setelah cairan di dalam rongga pleura dikeluarkan dan biasanya dipilih karena efusi pleura sering kambuh.

Efusi pleura pada umumnya disebabkan karena penyakit lain, hal inilah yang membuat penanganan terhadap penyebab yang mendasari dilakukan untuk mengatasi hal tersebut. Beberapa contoh penanganan yang bisa dilakukan adalah pemberian diuretik dan obat-obatan untuk penyakit jantung, bila efusi pleura disebabkan gagal jantung.

Selain itu juga dapat dilakukan pemberian antibiotik, jika efusi pleura disebabkan oleh penyakit infeksi. Hingga yang terakhir adalah kemoterapi dan terapi radiasi, pencegahan ini dilakukan jika efusi pleura disebabkan karena kanker. Sementara itu, tidak ada pencegahan khusus untuk efusi pleura meski terdapat beberapa hal yang bisa dilakukan untuk menurunkan risiko.

Beberapa di antaranya seperti membatasi konsumsi alkohol, hentikan kebiasaan merokok, gunakan alat pelindung diri (APD) sesuai standar jika pekerjaan berkaitan dengan zat atau bahan yang berpotensi bahaya seperti asbes. Hingga melakukan pemeriksaan secara berkala ke dokter, terutama jika seseorang memiliki penyakit atau kondisi tertentu.

Cara Mengobati Gigi Berlubang dengan Tepat

Cara Mengobati Gigi Berlubang dengan Tepat

Memiliki kondisi gigi yang berlubang tentu dapat mengganggu. Selain dapat menimbulkan nyeri dam membuat makanan mudah terselip di gigi, lubang pada gigi juga dapat mengganggu penampilan serta menimbulkan bau mulut. Untuk mengobatinya, terdapat beberapa cara yang dapat Anda lakukan.

Cara mengobati gigi berlubang yang tepat, akan dilakukan sesuai dengan tingkat keparahan lubang gigi. Oleh karena itu, semakin dini pengobatan mulai dilakukan, maka tingkat keberhasilannya pun akan semakin baik.

Cara mengobati gigi berlubang sesuai anjuran dokter

Gigi yang berlubang hanya bisa diatasi oleh dokter gigi dan cara mengatasinya pun bisa berbeda untuk satu orang dengan orang lainnya. Berikut beberapa prosedur yang umumnya dilakukan:

  • Pemberian fluoride

Perawatan ini akan dilakukan jika kondisi gigi berlubang masih dalam tahap awal, belum terlalu parah, dan belum terbentuk lubang yang besar. Pemberian fluoride dapat dilakukan dengan tujuan memicu kembalinya pembentukan mineral di lapisan terluar gigi (enamel).

Fluoride dapat diberikan dalam bentuk cairan maupun gel. Fluoride tersebut akan disikat secara halus di gigi, atau dengan dioleskan di permukaan gigi saja. Fluoride juga dapat berperan sebagai bahan yang dapat mencegah terbentuknya gigi berlubang.

  • Penambalan gigi

Jika lubang pada gigi telah berkembang hingga lapisan yang lebih dalam dari fase awal, maka dokter gigi akan melakukan penambalan pada gigi Anda. Saat ini, bahan tambal gigi yang paling sering digunakan adalah resit komposit. Sebelum proses penambalan gigi dilakukan, dokter akan membersihkan kotoran yang menempel di lubang gigi menggunakan bur. Setelah bersih, dokter akan menempatkan bahan pelapis sebelum menempatkan bahan tambal ke dalam lubang gigi.

Setelah bahan pelapis ditempatkan, dokter akan mengisi lubang tersebut dengan bahan tambal seperti resin komposit, kemudian membentuknya sesuai dengan bentuk dan warna gigi asli. Jika telah selesai, dokter akan mengarahkan sinar khusus untuk mengeraskan bahan tambal tersebut.

  • Pemasangan mahkota jaket

Pada kondisi lubang gigi yang sudah sangat meluas hingga menyisakan sedikit bagian dari mahkota gigi namun akarnya masih kuat, maka dokter akan melakukan pemasangan mahkota jaket. Sesuai seperti namanya, mahkota jaket dapat diibaratkan seperti jaket yang menutupi seluruh bagian gigi asli dari gigi berlubang tersebut. Mahkota jaket dapat terbuat dari resin, porselen, metal, maupun campuran porselen dan metal.

  • Perawatan saluran akar

Cara mengobat gigi berlubang selanjutnya adalah perawatan melalui saluran akar. Cara ini akan dilakukan jika gigi sudah berlubang sangat dalam, hingga memengaruhi saraf pada gigi. Perawatan saluran akar dilakukan pada gigi yang sarafnya sudah rusak parah, atau bahkan sudah mati. Pada perawatan ini, saraf gigi yang mati akan diambil dan diganti dengan bahan khusus. Setelah perawatan saraf dilakukan, maka akan dilanjutkan dengan penambalan seperti biasa atau dokter dapat memasang mahkota jaket.

  • Pencabutan gigi

Pencabutan gigi akan dilakukan sebagai pilihan terakhir untuk cara mengobati gigi berlubang. Karena kerusakannya sangat parah, pencabutan gigi akan menyisakan ruang antargigi yang dapat memicu terjadinya pergeseran gigi-gigi di sebelahnya, jika tidak diganti dengan gigi palsu.

Setelah memahami cara mengatasi gigi berlubang, diharapkan kesadaran Anda untuk selalu menjaga kesehatan gigi dan mulut. Jangan tunggu lubang di gigi berkembang, jadi parah untuk memeriksakannya ke dokter. Semakin awal diperiksa, maka perawatan yang dilakukan akan semakin mudah.

Tips Mengonsumsi Kacang Brazil bagi Kesehatan Tubuh

Kacang brazil merupakan jenis kacang-kacangan yang dipercaya mampu memberikan berbagai dampak positif bagi kesehatan. Berbeda dengan jenis kacang lainnya, kacang ini memiliki ukuran yang cukup besar dan memiliki kandungan mineral selenium yang tinggi.

kacang brazil

Kacang jenis ini diperoleh dari pohon Bertholletia excelsa yang dapat ditemukan di wilayah hutan amazon di Brazil, Peru, dan Bolivia. Berdasarkan penelitian, kacang ini mampu menyembuhkan beragam jenis penyakit, seperti peradangan, gangguan pada kelenjar tiroid, kerusakan jantung, dan kerusakan sistem kekebalan tubuh.

Bagaimana cara yang tepat untuk mengonsumsi kacang brazil?

Kacang brazil memiliki tekstur yang lembut dan cita rasa yang khas. Sebagian besar orang mengonsumsi kacang ini secara mentah tanpa diolah terlebih dahulu. Akan tetapi, untuk memperoleh kenikmatan tambahan saat mengonsumsinya, Anda juga bisa mengombinasikan kacang brazil atau mengolahnya ke dalam bentuk makanan lain.

Berikut ini terdapat  beberapa tips yang bisa dilakukan untuk mengonsumsi kacang brazil:

  • Memanggang dengan kompor

Memanggang kacang brazil di atas kompor merupakan salah satu cara yang bisa Anda gunakan untuk mengonsumsinya dengan nikmat. Cara ini cukup praktis dan bisa dilakukan oleh orang awam sekalipun.

Pertama-tama, terbarkan kacang ke dalam satu lapisan luas di atas wajan. Panaskan wajan berisi kacang dengan api sedang selama lima sampai sepuluh menit.

Setiap beberapa menit sekali, pastikan untuk mengaduk kacang agar kacang tidak terbakar. Anda juga bisa mencoba untuk menggoyankang wajan secara berkala untuk menghindari hal ini.

  • Memanggang dengan oven

Selain dengan kompor, kacang brazil panggang juga bisa disajikan dengan menggunakan oven. Metode ini merupakan rekomendasi yang cocok bagi Anda apabila Anda memiliki oven di rumah.

Sebelum mulai memanggang, panaskan oven terlebih dahulu dengan suhu 350°F. Letakkan kacang ke dalam loyang yang telah dilapisi dengan selembar kertas roti. Setelah itu, masukkan loyang berisi kacang ke dalam oven.

Sama seperti memanggang dengan kompor, pangganglah kacang di dalam oven dengan durasi lima sampai sepuluh menit. Setelahnya, angkat loyang dan tambahkan bumbu dapur sesuai selera untuk menambah rasa. Anda bisa menggunakan garam, lada, ataupun jenis rempah-rempah lainnya.

Beberapa orang juga suka untuk menambahkan kacang jenis ini ke dalam hidangan lain, khususnya pada masakan Thailand. Kacang ini juga bisa dicampurkan ke dalam sereal atau oatmeal sebagai menu sarapan.

Bagi Anda yang sedang berdiet, konsumsi kacang brazil juga bisa dicampurkan dengan salad sebagai sumper protein dan lemak. Kacang ini bisa menjadi pengganti dari kacang-kacangan lain yang umumnya dikonsumsi dalam diet sehat, seperti kacang pinus dan susu kacang.

Dimana saya bisa mendapatkan kacang brazil?

Kacang brazil dapat dengan mudah ditemukan di supermarket mana saja. Harganya terbilang sedikit lebih mahal dibandingkan dengan jenis kacang pada umumnya.

Setelah membeli kacang brazil, ingatlah untuk selalu menyimpang kacang ke dalam lemari es untuk meningkatkan ketahanan kacang. Kacang yang tidak disimpang di lemari es memiliki potensi untuk lebih cepat rusak atau membusuk.

Perlu diingat, kacang sebaiknya disimpan di wadah yang tertutup rapat. Segera hentikan konsumsi apabila tekstur kacang mulai terasa lunak dan mengeluarkan bau tengik. Perhatikan juga kondisi ini ketika Anda melakukan pembelian kacang di supermarket. Kacang brazil yang dipanggang memiliki ketahanan lebih lama apabila dibandingkan dengan kacang yang mentah. Selain itu, kacang yang dipanggang juga memiliki lebih banyak kandungan natrium.

Mata Ikan, Samakah dengan Kapalan?

Mata Ikan, Samakah dengan Kapalan?

Mata ikan seringkali disamakan dengan kapalan karena ciri-cirinya yang mirip yaitu terjadi penebalan kulit. Umumnya, mata ikan muncul di kaki akibat gesekan berlebihan. Bedanya, kapalan tidak peril diobati. Sedangkan mata ikan perlu diberi obat seperti salep mata ikan. Faktor lain yang juga membedakan mata ikan dan kapalan adalah rasa nyerinya. Kapalan tidak menimbulkan rasa nyeri, sementara mata ikan bisa menimbulkan rasa nyeri ketika ditekan. Bentuk mata ikan pun lebih besar ketimbang kapalan. Selain itu, kapalan biasanya muncul di area kulit yang menahan beban seperti telapak kaki, tumit, telapak tangan, atau lutut. Sementara mata ikan? Bisa muncul di bagian kulit yang tidak menahan beban sekalipun.

Apa gejala mata ikan?

Anda juga perlu mengenali gejala mata ikan agar bisa membedakannya dengan penyakit kulit lainnya. Gejalanya yang mudah dikenali adalah:

  • Muncul benjolan di kulit
  • Area kulit kering dan bersisik
  • Bercak tebal dan keras pada kulit
  • Rasa tidak nyaman
  • Nyeri saat ditekan

Biasanya, mata ikan ini terjadi karena banyak hal. Ada kondisi bawaan yang membuat seseorang rentan mengalami mata ikan, seperti bunion dan hammertoe. Bunion adalah benjolan tulang yang berbentuk tidak normal pada sendi di pangkal jempol kaki. Sedangkan kondisi hammertoe adalah kelainan bentuk jari kaki. Biasanya, bentuknya cenderung menekuk seperti cakar. Penyebab lain dari mata ikan bisa juga dari faktor eksternal seperti memakai sepatu dengan ukuran terlalu longgar atau sepatu yang membuat area kaki tertekan berlebihan.

Jenis-jenis salep mata ikan

Sama seperti obat untuk penyakit kulit lainnya, pengaplikasiannya biasanya dalam bentuk obat oles. Jenis-jenis salep mata ikan yang bisa Anda pilih adalah:

  • Amonium laktat
  • Asam salisilat
  • Tretinoin
  • Triamcinolone

Bagaimana mengobati mata ikan?

Untuk awalnya, mata ikan bisa diatasi dengan merendam kaki di air hangat selama 10-15 menit. Kemudian, gosok dengan batu apung untuk mengikis penebalan kulit.

Tapi hal ini baru bisa terjadi apabila sudah tidak terasa nyeri. Jika masih nyeri, wah jangan coba-coba ya. Lebih baik gunakan salep mata ikan terlebih dahulu. Salep mata ikan mudah ditemukan kok dan banyak dijual bebas di apotek.

Cek Kebenaran Di Sini: Salbutamol Cegah Persalinan Prematur

Cek Kebenaran Di Sini: Salbutamol Cegah Persalinan Prematur

Pernahkah Anda mendengar berita tentang manfaat salbutamol yang dikatakan memiliki kemampuan untuk mencegah persalinan prematur? Mungkin Anda juga penasaran dan bertanya-tanya mengenai rumor ini. Lebih lengkap mengenai jawaban tersebut, mari simak penjelasannya di bawah ini.

Pada dasarnya salbutamol seringkali digunakan dalam mengatasi sesak napas akibat adanya gangguan pada sistem pernapasan, seperti pada pasien asma maupun PPOK. Obat yang dikategorikan termasuk dalam bronkodilator ini bekerja dengan melemaskan otot-otot di sekitar area saluran udara dan juga dapat meningkatkan aliran udara ke paru-paru. Obat ini dapat digunakan baik oleh orang dewasa maupun anak-anak.

Tentang persalinan prematur dan hubungannya dengan salbutamol

Seorang ibu dikatakan menjalani persalinan prematur jika diharuskan melahirkan lebih dari 3 minggu sebelum waktu yang seharusnya. Dampak yang mungkin dapat terjadi pasca persalinan prematur ini antara lain komplikasi pada ibu maupun bayi. Bayi berisiko lahir dengan berat badan di bawah normal, terkena gangguan pernapasan, perkembangan organ yang belum sempurna, hingga mengalami gangguan penglihatan.

Terjadinya proses persalinan prematur dapat ditandai dengan:

  • Sakit punggung belakang bawah yang berlangsung lama atau hilang dan timbul dan tidak kunjung membaik.
  • Mengalami kontraksi selama 10 menit atau lebih dalam intensitas sering.
  • Kram pada bagian perut bawah seperti kram ketika menstruasi.
  • Mengalami flek darah ringan.
  • Terdapat cairan yang keluar dari jalan lahir.

Sementara itu, peran salbutamol yang termasuk dalam golongan obat stimulan beta adrenergik dikatakan dapat menolong calon ibu dalam mengurangi kontraksi rahim karena memiliki efek relaksasi. Bahkan, di beberapa negara, prosedur penyuntikan obat suntik salbutamol diperbolehkan dengan tujuan menunda kelahiran prematur pada ibu hamil yang memiliki gejala persalinan prematur seperti yang disebutkan di atas.

Tidak hanya salbutamol suntik, namun juga salbutamol tablet dapat terbukti dapat menunda kehamilan prematur. Prosedur ini dianggap lebih praktis karena tidak memerlukan pengawasan yang ketat. Namun, penggunaan salbutamol untuk ibu hamil tetap memerlukan konsultasi dan pengawasan dokter.

Penyakit Serius Penyebab Sakit Pinggang Sebelah Kanan

Penyakit Serius Penyebab Sakit Pinggang Sebelah Kanan

Anda tidak boleh meremehkan sakit pinggang sebelah kanan! Sakit pinggang sudah terbukti secara medis bisa membahayakan nyawa dalam kondisi tertentu. Sakit pinggang sering diasosiasikan sebagai penyakitnya orang tua, tapi anak muda juga bisa mengalaminya karena berbagai alasan medis tertentu. Salah satu yang paling umum adalah terjadinya cedera otot pada bagian pinggang sebelah kanan. Cedera bisa diakibatkan oleh aktivitas mengangkat benda berat, jatuh, atau terpukul di sekitar pinggang sebelah kanan.

Masalah Kesehatan lain yang bisa jadi penyebab sakit pinggang adalah saraf terjepit yang biasanya disebabkan oleh adanya gangguan saraf pada tulang belakang Anda. Selain dua penyebab di atas, terdapat setidaknya empat penyakit serius yang mungkin menimbulkan sakit di pinggang sebelah kanan. Penyakit-penyakit tersebut adalah:

  1. Cacar api (Herpes zoster)

Sakit pinggang yang disebabkan oleh cacar api bisa menyebabkan nyeri disertai rasa panas. Penyakit ini punya tanda jelas, yakni luka pada kulit berbentuk lepuhan yang berisi air dan terkadang gatal.

  • Radang usus buntu (apendisitis)

Salah satu keluhan paling umum dari penderita radang usus buntu adalah rasa sakit perut di sebelah kanan. Rasa sakit ini bisa membuat Anda sangat tersiksa sehingga kamu hanya bisa meringkuk sambil memegangi perut bagian kanan ini. Jika tidak cepat ditangani, nyawa bisa terancam. Pasalnya, usus buntu Anda bisa pecah sehingga infeksinya meluas ke area tubuh yang lain.

  • Batu ginjal

Ketika salah satu dari dua ginjal Anda bermasalah, maka Anda bisa merasakan sakit pinggang yang hebat. Salah satu masalah ginjal yang paling umum adalah batu ginjal, terutama ketika batu tersebut berpindah menuju saluran yang menghubungkan ginjal dengan kantung kemih alias ureter. Selain sakit pinggang, penderita batu ginjal juga bisa mengalami mual hingga muntah. Selain itu, mereka juga mengeluhkan buang air kecil yang berwarna merah.

  • Infeksi ginjal (pielonefritis)

Infeksi ginjal bisa membuat ginjal Anda membesar dan rusak secara permanen. Tidak heran jika kemudian kondisi ini mengancam nyawa. Sakit pinggang sebelah kanan adalah satu satu tanda yang paling awam. Selain itu, pielonefritis dapat membuat kamu demam tinggi, nyeri atau rasa terbakar saat buang air kecil, hingga urine yang berwarna keruh dan bau amis.

Cek Gejala Sakit Jantung Berikut yang Seringkali Diremehkan

Cek Gejala Sakit Jantung Berikut yang Seringkali Diremehkan

Gejala umum yang seringkali muncul ketika seseorang mengalami sakit jantung adalah nyeri dada. Namun, gejala penyakit jantung dapat berbeda antara satu pasien dengan lainnya. Seringkali sakit jantung ditandai dengan gejala umum yang sering dialami oleh seseorang, sehingga mereka tidak sadar bahwa dirinya mengalami sakit jantung. Di bawah ini, terdapat kondisi yang kerap kali dirasakan oleh seseorang tanpa disadari dapat menjadi gejala dari penyakit jantung:

  • Napas yang sering tersengal

Napas tersengal selepas melakukan olahraga berat pada sadarnya merupakan kondisi normal. Namun, jika Anda sering merasa bahwa napas Anda tersengal, walau hanya melakukan sedikit aktivitas, maka hal tersebut dapat menjadi tanda bahwa terdapat gangguan pada jantung Anda.

  • Detak jantung yang tidak beraturan

Detak jantung akan terasa berdetak lebih kencang atau secara tidak teratur ketika Anda merasa gugup atau terlalu bersemangat. Namun, jika jantung berdetak secara cepat bahwa pada saat Anda menduga atau mengetahui penyebabnya, hal tersebut dapat menjadi salah satu tanda sakit jantung. Walaupun begitu, faktor lain yang menyebabkan jantung berdetak secara tidak beraturan yaitu konsumsi kafein dan kurangnya waktu tidur.

  • Tubuh memproduksi keringat berlebih

Jika Anda seringkali berkeringat tanpa sebab yang tidak pasti, maka Anda perlu mewaspadai kondisi tersebut sebagai salah satu gejala sakit jantung. Terutama, ketika kondisi ini disertai dengan nyeri pada bagian dada.

  • Mengalami mual dan sakit perut

Dalam kasus tertentu, penderita sakit jantung mengalami mual dan sakit perut. Hal ini seringkali terjadi pada wanita dibanding dengan pria. Kondisi ini juga umum terjadi pada seseorang ketika mengalami serangan jantung. Memang, terdapat faktor lain yang dapat memicu sakit perut. Namun, jika Anda mengalami mual dan sakit perut, serta berisiko tinggi terkena penyakit jantung, Anda perlu untuk selalu waspada. Tidak ada salahnya bagi Anda untuk melakukan konsultasi dengan dokter agar mendapatkan diagnosis yang tepat.

  • Mudah lelah

Rasa lelah memang seringkali terjadi. Namun, jika rasa lelah ini berlangsung secara terus menerus, Anda perlu untuk waspada. Penyakit jantung yang seringkali ditandai dengan kondisi mudah lelah, antara lain gagal jantung dan penyakit jantung koroner.

Penyakit Thalasemia, Kelainan Darah yang Diturunkan

Penyakit Thalasemia, Kelainan Darah yang Diturunkan

Pernahkah Anda mendengar tentang penyakit thalasemia? Penyakit thalasemia adalah penyakit kelainan darah yang diturunkan secara genetik. Pada tubuh seseorang yang mengalami thalasemia, terdapat kelainan pada hemoglobin yang bertugas hemoglobin yang bertugas membawa oksigen ke seluruh tubuh.

Terdapat tiga jenis thalasemia yang sejauh ini telah diketahui:

  • Thalasemia beta dengan subtipe mayor dan intermedia.
  • Thalasemia alfa dengan subtipe hemoglobin An dan hidrops fetalis.
  • Thalasemia minor.

Penyebab dan gejala penyakit thalasemia

Sejauh ini, penyebab utama dari penyakit thalasemia dipicu oleh mutasi sel yang menyebabkan ketidaknormalan produksi sel darah merah dan hemoglobin. Kondisi ini memicu terjadinya berbagai macam gangguan yang berkaitan dengan kurangnya asupan oksigen pada sel darah merah, antara lain:

  • Rentan merasa lelah, letih, dan lesu.
  • Perubahan warna kulit menjadi lebih pucat dan menguning.
  • Pertumbuhan tubuh mengalami gangguan, terutama pada anak-anak.
  • Perubahan warna urin menjadi lebih gelap.
  • Terjadinya pembesaran pada bagian perut dan daerah limpa.
  • Menurunnya nafsu makan.

Bagaimana mendiagnosis penyakit thalasemia?

Proses mendiagnosis thalasemia dilakukan dengan melakukan tes darah. Tes ini dilakukan untuk mengevaluasi jumlah sel darah merah, warna sel darah merah, bentuk dari sel darah, elektroforesis hemoglobin, dan kadar zat besi yang terkandung dalam darah. Jika hasil tersebut menunjukkan bahwa jumlah hemoglobin dan sel darah merah berada di bawah standar normal dan juga terdapat pembesaran limpa, maka hasil tersebut menegaskan bahwa seseorang terkena thalasemia.

Cara mengatasi penyakit thalasemia

Pasien thalasemia seringkali mengalami kekurangan darah. Maka dari itu, mereka seringkali melakukan prosedur transfusi darah secara berkala untuk mengurangi gejala yang ditimbulkan oleh thalasemia. Sayangnya, prosedur ini berisiko menimbulkan penumpukan zat besi yang dapat merusak kesehatan jantung dan hati pasien.

Ada pun cara lain untuk mengatasi thalasemia yaitu dengan melakukan prosedur transplantasi sumsum tulang. Prosedur medis ini dapat mengecilkan ukuran limpa dan juga dapat mencegah risiko anemia akibat hancurnya sel darah merah pada limpa.

Hingga saat ini, belum ditemukan cara untuk mencegah thalasemia. Jika Anda dan pasangan berencana untuk memiliki keturunan, maka konsultasikan terlebih dulu dengan dokter. Dengan begitu, Anda dapat mengetahui risiko thalasemia yang dapat diturunkan pada calon bayi Anda.

Ini Dia Manfaat dan Efek Samping Obat Papaverin

Ini Dia Manfaat dan Efek Samping Obat Papaverin

Rasa mulas dan kram pada perut tentu sangat mengganggu. Tak heran, banyak orang menggunakan obat khusus, seperti obat papaverin untuk mengatasi rasa sakit tersebut. Jika Anda berkonsultasi ke dokter, besar kemungkinan dokter akan merekomendasikan obat tersebut sebagai pertolongan pertama.

Papaverin memang seringkali digunakan untuk mengatasi kram pada area sekitar perut akibat kontraksi pada otot-otot polos dari saluran pencernaan, ureter, maupun saluran kemih. Papaverin juga lazim digunakan untuk mengobati impotensi atau disfungsi ereksi pada pria. Di samping itu, papaverin juga dapat digunakan sebagai vasodilator.

Golongan obat vasodilator adalah obat-obatan yang memiliki fungsi untuk melebarkan pembuluh darah. Cara kerjanya adalah dengan cara mengurangi ketegangan otot-otot polos di sekitar pembuluh darah tersebut. Fungsi ini seringkali dimanfaatkan untuk melebarkan pembuluh darah otak dan pembuluh darah koroner ketika sedang melakukan prosedur medis tertentu, seperti tindakan bedah di sekitar area tersebut.

Bagaimana cara pakai obat papaverin?

Papaverin hanya dapat dikonsumsi oleh orang dewasa. Dikemas dalam bentuk tablet dan juga sediaan suntikan, obat ini membutuhkan resep khusus dari dokter.

Dosis yang dianjurkan untuk dikonsumsi, yaitu tablet tunggal papaverin untuk dewasa sebanyak 100-300 mg yang digunakan sebanyak 3 hingga 5 kali sehari. Sementara itu, untuk sediaan injeksi pada otot dan pembuluh darah, hanya dapat dilakukan oleh dokter maupun tenaga kesehatan. Umumnya, pasien akan diberikan dosis yang paling rendah terlebih dulu ketika baru pertama kali menggunakan obat ini.

Apa saja efek samping obat papaverin yang perlu diperhatikan?

Beberapa efek samping yang telah diketahui dan perlu Anda perhatikan, antara lain:

  • Ereksi yang berlangsung dalam waktu yang lama tanpa adanya rangsangan, fibrosis jaringan penis, dan aritmia jantung.
  • Risiko pusing, kelemahan, bahkan pingsan.
  • Menimbulkan ruam pada kulit, hipertensi, takikardi, dan hipotensi ortostatik.
  • Rasa mual, nyeri perut, menurunnya nafsu makan, sembelit, hingga diare.
  • Risiko terkena sirosis hati.
  • Napas terhenti.

Selain efek samping yang disebutkan, terdapat juga risiko gejala serius yang mungkin terjadi, yaitu hilangnya sensasi dan nyeri pada penis, kesulitan untuk ereksi, keringat dingin, dan juga distorsi ruam.