Antasida Doen Tablet, PPKM (Pertolongan Pertama Keluhan Maag)

Antasida atau Antasida Doen tablet. Mungkin istilah itu tidak asing bagi Anda yang pernah mengalami asam lambung naik. Obat berbentuk tablet tersebut bisa membantu mengatasi gejala tidak nyaman selama maag.

Obat maag satu ini memiliki berbagai  jenis dan karakteristik yang ternyata mudah Anda temukan di apotek-apotek terdekat. Supaya Anda tidak bingung dengan beraneka macam jenis dan merek antasida yang beredar di pasaran, mari simak penjelasan lebih lengkap di bawah ini!

Antasida Doen Tablet Kimia Farma  harga terbaik 25821

Cara Kerja Antasida

Pada umumnya, kadar pH lambung normal berkisar antara 1,5 – 3,5 yang berfungsi untuk melancarkan sistem pencernaan dan melawan kuman. 

Namun, pada kondisi tertentu, pH lambung bisa menjadi lebih asam mencapai pH 2 hingga 3. Hal ini dapat mengakibatkan peradangan, iritasi, bahkan kerusakan lambung yang dapat menyebabkan terjadinya maag dan GERD.

Kondisi asam yang berlebihan pada lambung itulah membuat produk antasida, seperti Antasida Doen tablet hadir dengan kandungan basa yang ada di dalamnya. Perpaduan basa dan asam dapat meringankan korosi dan iritasi pada lambung, sehingga meredakan rasa perih, nyeri, dan terbakar akibat asam yang berlebih.

Bahan yang Terkandung dalam Jenis Antasida

Antasida merupakan golongan obat bebas yang mudah mudah ditemukan di apotek. Antasida yang selama ini dijual memiliki berbagai kandungan, antara lain:

  1. Aluminium karbonat yang berfungsi untuk meringankan gejala, seperti mulas, asam lambung naik, dan menurunkan kadar fosfat yang tinggi. Aluminium ini memiliki sifat larut perlahan karena butuh untuk menetralisir asam lambung dalam kondisi yang lama. 
  2. Kalsium karbonat berfungsi untuk menaikkan kadar kalsium, sehingga bisa mengurangi rasa mulas, perih, dan nyeri perut. Kandungan yang satu ini memiliki daya netralisir cepat untuk menyeimbangkan kadar PH lambung, tetapi tidak disarankan untuk penggunaan jangka panjang karena dapat menimbulkan efek samping tertentu.
  3. Magnesium oksida berfungsi mengosongkan usus dengan cepat serta mengatasi mulas dan maag. Sedangkan perpaduan antara aluminium dan magnesium bisa membantu untuk menghindari perdarahan pada ulkus karena ada tekanan stres. Kandungan antasida satu ini memiliki daya netralisasi paling cepat dibanding jenis antasida lainnya.

Jenis antasida tidak hanya dapat dilihat dari kandungannya, tetapi juga dari bentuknya yang terdiri dari tablet kunyah dan sirup.

Antasida Doen Tablet, Jenis Antasida Pilihan

Ketika asam lambung mengadang, sebenarnya banyak pilihan jenis antasida. Namun, Antasida Doen tablet menjadi salah satu yang dicari-cari banyak orang.

Antasida doen tablet adalah jenis antasida yang berbentuk tablet yang mengandung bahan magnesium hidroksida 200 mg dan aluminium hidroksida 200 mg. 

Ada banyak merek yang beredar. Salah satunya ada Antasida Doen tablet. Merek yang satu ini memiliki manfaat, yaitu dapat meredakan mual, muntah, nyeri ulu hati, perut kembung, dan sendawa. 

Pada umumnya, doen tablet ini dapat dikonsumsi siapa pun termasuk anak-anak. Akan tetapi, tidak disarankan untuk dikonsumsi oleh pasien yang mengidap hipersensitif terhadap kandungan magnesium atau aluminium. Selain itu, Antasida Doen tablet juga tidak cocok untuk pasien yang mengidap gangguan ginjal akut.

Dosis Antasida Doen tablet untuk anak yang berumur 6-12 tahun adalah setengah hingga satu tablet. Obat sebaiknya diberikan sebelum makan sebanyak tiga sampai empat kali per hari. 

Sedangkan dosis doen tablet untuk orang dewasa sebaiknya diminum satu sampai dua tablet sebelum makan dalam jangka waktu tiga sampai empat kali per harinya.

Supaya cara kerja bisa efektif, Antasida Doen tablet dapat dikonsumsi dengan cara dikunyah. Sebaiknya, obat ini dikonsumsi satu jam sebelum makan, dua jam setelah makan, dan sebelum tidur malam.

Harga Antasida Doen tablet per stripnya yang berisi 10 tablet dibandrol dengan harga antara Rp5.000-Rp15.000 di pasaran. Namun, Anda bisa mendapat harga lebih hemat melalui Antasida Doen Tablet 100 Tablet yang harganya hanya Rp26.000 untuk 1 box di SehatQ. Jika Anda belanja di pasaran dengan harga Rp5.000 dapat 10 tablet, maka semisal Anda beli 100 tablet, Anda harus membayar Rp50.000. Namun, dengan belanja melalui SehatQ, Anda lebih hemat sebesar Rp24.000 setiap box-nya. Selamat mencoba, ya!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *