Apa Saja Penyebab Dari Badan Kurus

Penurunan berat badan yang diakibatkan dengan tren diet yang parah bisa berdampak tidak baik. Saat ini ada berbagai iklan dan tren diet yang sangat menjanjikan untuk membantu menurunkan berat badan. Tetapi badan kurus terjadi tampak seperti membuat masalah, karena kekurangan berat badan dapat menyebabkan risiko kesehatan, diantaranya seperti : 

  • Terjadinya malnutrisi, anemia serta defisiensi vitamin 
  • Menyebabkan osteoporosis karena sedikitnya vitamin D serta kalsium
  • Meningkatkan resiko komplikasi dari operasi 
  • Menyebabkan masalah kesuburan karena terganggu oleh siklus menstruasi yang tak teratur.
  • Menurunnya fungsi kekebalan tubuh.

Dalam artikel ini akan memberikan informasi tentang risiko dari badan kurus, cara mengetahui apakah Anda kekurangan berat badan, gejala yang dialami, serta bagaimana Anda bisa mendapatkan bantuan. 

Jika Anda mengalami kekurangan berat badan bisa mengetahui dengan kalkulator indeks massa tubuh (IMT). Alat tersebut akan mempertimbangkan berat badan, tinggi, badan, usia, dan jenis kelamin Anda untuk menghitung skor berat badan yang ideal. Apabila IMT Anda kurang dari 18,5 maka Anda kekurangan berat badan. Selain itu juga, ke dokter lah untuk membantu menentukan bahwa Anda kekurangan berat badan berdasarkan dari tinggi, berat badan, apa yang dikonsumsi, serta aktivitas yang dijalaninya. 

Jika Anda mengalami kekurangan berat badan, maka dokter akan melakukan program penambahan berat badan. Namun, tentunya penambahan berat badan ini dilakukan dengan makanan-makan yang sehat, serta pendekatan yang seimbang, layaknya pada program penambahan berat badan. 

Memakan junk food bisa menambah berat badan tetapi hal itu tidak menambah nutrisi yang dibutuhkan tubuh Anda. Walapun junk food menghasilkan lemak, gula, serta garam untuk menghasilkan berat badan yang lebih. Itu tidak lah baik untuk tubuh Anda. 

  •  Menambah kalori, Anda tidak perlu mengubah cara pola makan secara drastis. Hanya menambahkan kalori seperti kacang-kacangan, biji-bijian, keju, lauk pauk yang sehat. Selain itu bisa dengan mencoba buah, gandum, roti gandum serta kacang almond.
  • Selain itu makan dengan makanan yang bernutrisi, juga pertimbangkan dengan memakan daging agar membantu Anda dalam membentuk otot. Selain itu juga ada beberapa pilihan karbohidrat yang bergizi seperti beras merah. Hal ini bisa membantu Anda untuk menerima nutrisi sebanyak-banyaknya, bahkan apabila Anda mengalami tidak nafsu makan. 
  • Berolahraga dengan latihan kekuatan dapat membantu, seperti angkat besi. Selain itu Anda bisa juga dengan yoga. Menambah berat badan untuk membangun otot Anda. 

Apa Penyebab Berat Badan Kurang?

Ada beberapa penyebab badan kurus. Meskipun beberapa orang mungkin kekurangan berat badan dan masih sehat secara fisik, ada orang lain yang mungkin menderita berbagai masalah yang berasal dari berat badan mereka yang rendah. Berikut adalah beberapa penyebab paling mendesak dari kekurangan berat badan pada pria dan wanita:

Genetika: Pria dan wanita yang sangat kurus sejak lahir mungkin memiliki kecenderungan genetik untuk itu. Beberapa orang terlahir dengan metabolisme yang lebih tinggi dari biasanya. Genetika dapat menyebabkan peningkatan metabolisme atau nafsu makan yang kecil.

Aktivitas fisik yang lebih tinggi dari rata-rata: Jika Anda seorang atlet atau memiliki tingkat aktivitas fisik yang sangat tinggi, Anda mungkin mengeluarkan lebih banyak kalori daripada yang Anda konsumsi. Hal ini tentu akan membuat Anda lebih kurus dari rata-rata. Pekerjaan yang aktif, atau gaya hidup yang secara umum aktif secara fisik juga dapat menyebabkan berat badan rendah.

Penyakit jangka panjang: Jika Anda sakit untuk sementara waktu, itu dapat mempengaruhi nafsu makan Anda dan mengganggu kemampuan tubuh Anda untuk mengubah simpanan energi Anda menjadi lemak. Diabetes, penyakit pencernaan, dan tiroid yang terlalu aktif adalah beberapa penyebab umum kenaikan berat badan yang rendah.

Obat-obatan: Obat-obatan jangka panjang – terutama yang menyebabkan mual dan penekanan nafsu makan, secara alami akan menyebabkan penurunan berat badan. Terapi seperti kemoterapi juga dapat mengurangi berat badan dan mencegah Anda untuk mendapatkannya kembali. Penyakit yang terus-menerus dapat memperburuk penurunan berat badan dan mempertahankan berat badan untuk selamanya.

Masalah psikologis: Stres, depresi, dan penyakit psikologis seperti anoreksia atau bulimia juga dapat menyebabkan badan kurus dengan  cepat,  Ini juga akan mencegah Anda menambah berat badan. Masalah citra tubuh dan masalah emosional yang merusak jiwa.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *