Atasi Sakit Kepala Sebelah Seketika dengan Obat Migrain Berikut

Apakah Anda sering menderita sakit kepala sebelah yang biasanya ditandai seperti dipukul oleh benda tumpul? Kondisi neurologis yang Anda alami tadi disebut migrain, salah satu jenis sakit kepala. Kasus migrain ringan dapat diatasi dengan mudah dengan minum obat migrain. Namun, dalam kasus tertentu, Anda memerlukan resep obat migrain dan konsultasi dokter.

Jika sakit kepala migrain yang Anda alami tidak begitu parah, cobalah untuk mengonsumsi obat migrain alami yang dapat Anda buat di rumah.

Obat migrain alami yang aman dikonsumsi untuk atasi sakit kepala sebelah

Beberapa bahan alami yang dapat Anda konsumsi sebagai obat migrain, yaitu:

  • Mengoleskan minyak peppermint

Dalam sebuah penelitian yang dirilis pada National Library of Medicine oleh National Center for Biotechnology Information, Amerika Serikat, menyebutkan bahwa minyak peppermint efektif untuk mengurangi rasa sakit kepala akibat migrain.

Minyak peppermint ini dapat Anda oleskan di area pelipis dan dahi. Efektivitas minyak peppermint didukung oleh kandungan mentol yang juga dapat meredakan gejala migrain yang kambuh.

  • Mengonsumsi air rebusan jahe

Masih dari National Library of Medicine, terdapat sebuah penelitian yang menguatkan manfaat bahwa minum teh seduhan jahe bubuk mampu meredam tingkat keparahan migrain. Jika Anda masih merasa belum cukup, Anda dapat mengonsumsi obat migrain sumatriptan selepas minum air rebusan jahe ini.

  • Memanfaatkan kegunaan minyak lavender

Berdasarkan penelitian yang diterbitkan dalam jurnal European Neurology, aroma minyak lavender dapat mempercepat pemulihan pasien migrain jika dibanding dengan penggunaan placebo atau obat kosong (tanpa zat aktif).

Di samping itu, minyak lavender juga memiliki efek menenangkan dan menyeimbangkan kadar serotonin dalam tubuh. Kondisi ini dapat mencegah stres bertambah parah.

Penggunaan minyak lavender dapat langsung Anda hirup atau dioleskan pada area kulit.

Obat migrain bebas yang dapat dikonsumsi tanpa resep dokter

Jika Anda telah mencoba menggunakan obat migrain alami di atas, namun migrain yang Anda alami juga belum mereda, tidak ada salahnya untuk mencoba mengonsumsi obat migrain yang dijual bebas.

  • Aspirin

Aspirin adalah salah satu obat migrain yang paling populer. Obat migrain ini bekerja dengan menghentikan produksi zat prostaglandin (hormon pemicu peradangan, rasa sakit, demam, pembengkakan, bahkan penggumpalan darah) dalam tubuh.

Dosis konsumsi aspirin bagi orang dewasa berkisar antara 300-650 mg yang dapat dilakukan setiap 4 hingga 6 jam sekali. Jika aspirin dikonsumsi melebihi 4 gram dalam satu hari, obat migrain ini berisiko menimbulkan luka pada lambung dan juga suara berdengung dalam telinga.

  • Paracetamol

Mungkin Anda termasuk salah satu orang yang sering mengandalkan konsumsi paracetamol sebagai obat migrain. Paracetamol memang merupakan salah satu obat migrain yang banyak dikonsumsi.

Dosis konsumsi paracetamol bagi orang dewasa tentu akan berbeda-beda tiap individunya, termasuk berdasarkan bentukan obat itu sendiri. Orang dewasa dapat mengonsumsi paracetamol cair sebagai obat migrain dengan kadar 325-650 mg atau 2 tablet 500 mg untuk 4-6 jam sekali konsumsi.

  • Ibuprofen

Selain sebagai obat nyeri, ibuprofen juga dapat berguna untuk mengobati migrain. Cara kerja ibuprofen yaitu dengan menghalangi enzim siklooksigenase yang menghasilkan hormon prostaglandin.

Dosis yang diperbolehkan untuk mengonsumsi ibuprofen sebagai obat migrain berkisar 200-400 mg untuk setiap 4-6 jam sekali. Konsumsi ibuprofen tidak direkomendasikan untuk ibu hamil, karena dapat membahayakan kesehatan janin.

Dapatkan obat migrain asli dan juga konsultasi dokter dengan mudah di SehatQ.com.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *