greenfield full cream

Berbagai Olahan Susu UHT, Cara Beda Konsumsi Susu Pada Anak

Asupan bergizi merupakan bagian terpenting bagi tumbuh kembang si kecil terlebih saat anak semakin besar usianya. Salah satu asupan penting bagi anak adalah susu. Susu mengandung banyak nutrisi serta protein yang dapat mendukung kesehatan serta perkembangan anak. Beruntung jika anak selalu menghabiskan susu yang diberi Ibu setiap harinya. 

Namun, tak jarang  juga beberapa anak masih enggan menghabiskan susu entah karena tidak suka atau mungkin dengan alasan bosan. Saat enggan menghabiskan atau meminum susu, jelas ini membuat Ibu khawatir. Sebab, saat anak tak tercukupi asupan susunya, hal ini bisa berpengaruh pada kesehatan serta tumbuh kembangnya anak.

Untuk mengakalinya, Mungkin para Ibu bisa coba mengolah susu menjadi berbagai macam makanan, serta minuman kesukaan si kecil. Beberapa olahan berikut dapat Anda coba dan berikan pada anak terlebih saat anak sedang enggan mengkonsumsi susu sehari-hari:

1. Agar-agar susu UHT

Agar-agar susu UHT dapat dijadikan menu olahan susu yang mudah disukai anak-anak. Anda cukup menyiapkan 115 ml atau 1 kotak susu UHT, 1 sdm gula pasir, dan 2 sendok takar agar-agar rumput laut. Campurkan semua bahan dan cetak di cetakan lalu diamkan di kulkas selama beberapa jam. Anda bisa menggunakan cetakan berbentuk lucu agar anak semakin semangat menyantapnya.

2. Jus mangga UHT

Selain membantu memenuhi kebutuhan susu, serat juga dapat terpenuhi melalui olahan susu satu ini karena terdapat buah-buahan di dalamnya. Siapkan 1 buah mangga arum manis, 100 ml susu UHT, 1 botol yakult, serta 5 buah es batu. Kupas lalu cuci bersih dan potong kecil buah mangga. Masukkan kedalam juicer dan blender hingga halus. Selanjutnya, masukkan susu UHT dan yakult lalu blender sebentar. Tambahkan beberapa es batu dan jus mangga UHT siap dinikmati.

4. Strawberry milk UHT

Minuman satu ini dijamin dapat membuat anak senang karena selain bergizi, rasanya juga sangat enak. Cukup siapkan 200 gr strawberry, 2.5 sdm gula pasir, dan 350 ml susu UHT. Cuci bersih dan potong-potong strawberry, kemudian letakkan pada wadah dan tutup menggunakan plastik wrap. letakkan strawberry yang sudah ditutup ke dalam kulkas selama beberapa menit. Setelah dikeluarkan dari kulkas, tekan-tekan strawberry hingga keluar airnya. Tambahkan susu UHT dan kemudian aduk rata. Anda dapat menambahkan beberapa buah es batu jika menginginkan.

5. Jagung susu keju spesial + UHT

Siapkan jagung manis, 1 buah keju, 1 susu kental manis, serta susu UHT. Rebus jagung kemudian iris. Masukkan kedalam gelas atau wadah, beri susu UHT dan  parutan keju. Tambahkan susu kental manis diatasnya sesuai selera lalu siap dihidangkan.

6. Buko mangga susu UHT

Siapkan 1 bungkus agar-agar atau nutrijel mangga, nutrisari mangga, gula pasir, 1 potong buah mangga, susu kental manis, serta susu UHT. Masak nutrijel hingga mendidih lalu haluskan buah mangga dan campurkan. Cetak kedalam cetakan lalu masukkan ke dalam kulkas.Selanjutnya,  masak susu kental manis, susu UHT, dan nutrisari mangga lalu aduk hingga mendidih. Potong sisa buah mangga dan nutrijel lalu tata kedalam gelas dan tuang dengan cairan susu yang sudah dimasak sebelumnya. Simpan kedalam kulkas bawah selama beberapa saat dan buko mangga susu UHT siap diberi pada anak.

7. Plain yogurt homemade

Bahan yang diperlukan untuk membuat plain yogurt homemade hanyalah 1 liter susu UHT, serta 100ml yogurt plain. Rebus susu UHT seperti Greenfield full cream hingga dengan api kecil sambil diaduk, sebelum mendidih matikan api dan tunggu beberapa saat hingga susu hangat-hangat kuku. Pindahkan susu kedalam gelas atau wadah dan campurkan yogurt pada wadah sedikit demi sedikit. Aduk susu dengan yogurt hingga tercampur dengan sempurna lalu tutup wadah hingga benar-benar rapat dan diamkan beberapa saat. Plain yogurt homemade siap diberikan pada si kecil.

Dalam mengolah susu, perhatikan juga asupan susu UHT yang diberikan pada anak. Greenfield UHT adalah salah satu susu UHT terbaik dengan kandungan nutrisi tinggi sehingga sangat baik untuk dikonsumsi sehari-hari. Greenfield UHT juga tidak mengandung bahan pemanis, pengawet, dan zat lainnya, sehingga susu tetap terjaga keasliannya. selain dapat mengkonsumsi langsung, Anda bisa memberikan olahan susu UHT seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya agar anak tetap mendapat kandungan baik susu.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *