Cara Cek Kolesterol Sendiri Tanpa ke Prodia Wonogiri

Salah satu layanan kesehatan yang ada di Prodia Wonogiri adalah cek kolesterol. Tes ini berupaya mendeteksi sejauh mana kadar kolestrol dalam tubuh Anda, jahat atau baik sehingga setelah itu bisa diputuskan saran terbaik untuk kesehatan Anda.

Di Prodia sendiri tes kolesterol dibanderol mulai dari harga Rp 63.000. Harga tersebut sebenarnya tidak terlalu mahal jika dibandingkan dengan tes-tes lainnya yang bisa mencapai ratusan ribu hingga jutaan rupiah.

Namun Anda juga harus perlu tahu bahwa Anda tidak selamanya atau terus-menerus ke Prodia karena kesibukan Anda serta ongkos yang dibutuhkan untuk menjangkau lokasi.

Karena itu, Anda sebenarnya bisa melakukan tes kolesterol secara mandiri tanpa harus ke Prodia, dengan memakai alat cek kolesterol yang banyak dijual secara umum.

Harga alat ini cukup bervariasi tergantung pada mereknya. Biasanya harga berkisar di Rp 200.000 hingga Rp 450.000.

Alatnya sendiri terdiri dari 1 buah alat pengukur elektronik, 3 buah chip, 3 buah strip yang digunakan untuk mengukur gula darah, kolesterol, dan asam urat. Selanjutnya ada jarum, alat tembak, tisu alkohol, dan buku petunjuk penggunaan alat.

Bagaimana cara menggunakannya?

Bacalah terlebih dahulu buku petunjuk penggunaan apabila Anda baru pertama kali menggunakan supaya tidak salah dalam mengoperasikan alat.

Setelah membaca buku petunjuk, pasanglah chip yang berfungsi mengukur kolesterol pada alat pengukur. Kemudian nyalakan alat pengukur lalu pasang strip kolesterol di atas alat pengukur.

Selanjutnya pasang jarum pada alat tembak kemudian bersihkan ujung jari dengan tisu alkohol. Tusukkan jarum ke ujung jari dan resapkan darah pada strip.

Setelah darah meresap tunggulah sampai alat menunjukkan hasil pengukuran. Langkah terakhir bersihkan ujung jari, lepas strip dan jarum, serta bersihkan semuanya.

Bagaimana cara membaca hasil?

Untuk bisa membaca hasil tes dengan benar, Anda perlu mengetahui kadar kolesterol baik dan jahat dalam tubuh.

Para ahli sudah menetapkan bahwa kolesterol baik di atas 60 mg/dl sedangkan kolesterol jahat di bawah 100 mg/dl.

Apabila kolesterol jahat Anda melebihi 100 mg/dl itu tandanya dalam tubuh Anda tersimpan banyak lemak yang berpotensi mendatangkan banyak penyakit kronis seperti jantung dan stroke sehingga Anda perlu melakukan cara untuk menguranginya seperti konsumsi makanan bergizi dan berolahraga.

Sayangnya dalam alat cek kolesterol mandiri ini hasil yang didapat adalah keseluruhan sehingga Anda tidak dapat mengetahui satu per satu mana yang tinggi, mana yang tidak. Karena itu, untuk hasil yang sangat akurat Anda disarankan untuk ke Prodia Wonogiri.

Meskipun begitu, alat kolesterol bisa Anda bawa ke mana-mana, dan Anda bisa memeriksakan kolesterol Anda setiap saat tanpa harus menunggu tinggi.

Apakah bisa mengecek sendiri kolesterol tanpa alat?

Jawabannya, bisa. Caranya adalah dengan memperhatikan beberapa kondisi yang terjadi pada tubuh Anda seperti berikut:

Ada nyeri pada tubuh bagian bawah

Tubuh bagian bawah adalah telapak kaki, betis, lutut, pangkal paha, paha, dan bokong. Anda bisa mengeceknya dengan mengalami rasa sakit pada bagian tubuh tersebut untuk mengetahui kadar kolesterol yang tinggi dalam tubuh.

Adanya rasa sakit akibat penumpukan kolesterol yang menghambat aliran darah ke tubuh. Apabila Anda sering mengalami nyeri terus-menerus pada bagian tubuh tersebut atau mudah lelah dan lemas, tandanya kolesterol dalam tubuh Anda tinggi.

Periksa area sekitar kornea mata

Untuk dapat mengetahui kolesterol tinggi atau tidak dalam tubuh, Anda juga bisa periksa pada area sekitar kornea mata.

Caranya dengan memperhatikan apakah ada lingkaran berwarna abu-abu atau putih di sekitar kornea. Jika ada, tandanya Anda punya kolesterol tinggi dalam tubuh.

Kulit dan kuku yang berubah

Apabila Anda punya kolesterol tinggi dalam tubuh, bulu kaki Anda akan mudah rontok, kulit pada kaki mengencang dan mengilat kemudian kuku akan menebal dan tumbuh lebih lama.

Sering kram

Terakhir Anda akan merasakan sering kram atau susah tidur di malam hari yang berarti kolesterol Anda cukup tinggi.

Itulah cara untuk mengetes sendiri kolesterol melalui alat atau dengan merasakan kondisi pada tubuh. Namun untuk hasil yang lebih akurat, Anda disarankan tetap tes kolesterol di Prodia Wonogiri.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *