kantung mata

Cara Mengatasi Kantung Mata Yang Mengganggu

Meskipun ada banyak produk di pasaran yang diklaim dapat membantu mengatasi kantung mata, produk tersebut tidak selamanya bekerja dengan efektif. Minum banyak air dan menggunakan kompres dingin dapat membantu mengecilkan tampilan kantung mata dengan cepat. Namun satu-satunya cara untuk mengurangi tampilan kantung mata jangka panjang adalah dengan melakukan perubahan gaya hidup. Hal ini khususnya benar adanya apabila kantung mata dan lingkar gelap di sekitar mata yang Anda miliki diwarisi secara genetik. 

Beberapa penyebab kantung mata yang paling sering dijumpai adalah alergi, eksim, kelelahan kronis, gangguan pigmentasi, paparan sinar matahari, dan usia. Salah satu cara mengatasi kantung mata adalah dengan menggunakan teh. Teh tidak hanya bisa Anda minum. Anda kini bisa menggunakan kantung teh berkafein di bawah mata untuk membantu mengatasi kantung mata dan lingkaran hitam. Kafein dalam teh mengandung antioksidan yang kuat dan dapat meningkatkan aliran darah di kulit. Teh juga dipercaya dapat membantu melindungi dari sinar UV dan berpotensi memperlambat proses penuaan. Teh hijau, khususnya, telah diteliti oleh para peneliti untuk potensi efek peradangan yang dimilikinya. 

Cara kedua dalam mengatasi kantung mata adalah dengan menggunakan kompres dingin. Menggunakan suhu dingin pada daerah sekitar mata dapat membantu pembuluh darah untuk mengicil dengan cepat guna memberikan hasil lega sementara. Meskipun Anda bisa membeli kompres dingin di toko, metode DIY juga dapat bekerja sama efektifnya. Beberapa pilihan DIY yang bisa Anda lakukan di antaranya adalah mengguankan sendok teh yang dingin, mentimun dingin, kain yang basah, dan sayuran yang beku. Sebelum Anda menggunakannya, bungkuslah kompres dalam kain yang lembut untuk melindungi kulit Anda agar tidak terlalu dingin. Anda hanya perlu menggunakan kompres tersebut beberapa menit saja untuk melihat hasilnya. 

Beberapa orang percaya menggunakan neti pot dapat membantu mengatasi kantung mata dan lingkaran gelap di sekitar mata. Neti pot adalah alat yang perlu Anda isi menggunakan larutan air garam. Anda menempatkan alat tersebut ke hidung dan mengairi sinus, membersihakn lendir dan benda asing lainnya. Anda bisa membeli neti pot secara online. Apabila Anda ingin mencoba metode ini di rumah, pastikan Anda menggunakan air yang steril untuk membuat larutan air garam. Anda juga bisa menggunakan air keran yang telah direbus dan didinginkan ke dalam suhu yang aman. 

Air mengisi sekitar 60 persen dari berat tubuh Anda.  Mengingat hal ini, bukan suatu hal yang mengherankan apabila dehidrasi dapat menyebabkan kantung mata yang mengganggu. Meningkatkan asupan air Anda dapat membantu. Para ahli merekomendasikan meminum sekitar 13 cup cairan per hari untuk pria dan 9 cup cairan per hari untuk wanita dapat membantu. Jika Anda tidak suka dengan rasa air putih biasa, semua cairan lain dapat membantu mencegah terjadinya dehidrasi. Namun, pilihlah cairan yang rendah kalori dan hindari minuman yang mengandung kafein dan soda. Anda juga perlu menghindari konsumsi alkohol berlebih. 

Alergi dapat menyebabkan kantung mata yang mengganggu dan lingkaran hitam di bawah mata. Anda juga bisa mengalami kemerahan dan mata yang gatal dan berair. Reaksi ini disebabkan karena respon sistem kekebalan terhadap sesuatu yang menyebabkan iritasi, atau disebut dengan istilah alergen. Jika Anda merasa kantung mata disebabkan oleh alergi, konsultasi dengan dokter untuk mendapatkan obat-obatan alergi OTC. Contoh merek obat alergi di antaranya adalah Zyrtec, Benadryl, dan juga Claritin. Merupakan suatu ide yang bagus untuk menghindari alergen yang berpotensi menyebabkan kantung mata. Beberapa produk perawatan tubuh, seperti sabun, makeup, pewarna rambut, dapat menjadi alergen pemicu alergi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *