Cara Mengatasi Rambut Kemaluan Tumbuh ke Dalam

Merupakan suatu kondisi yang ditandai dengan rambut yang tidak tumbuh ke luar lapisan kulit dinamakan dengan rambut tumbuh ke dalam. Kondisi ini bisa terjadi setelah rambut atau bulu di kulit dicukur atau dicabut, rambut yang tumbuh ke dalam juga kerap dialami pada orang dengan jenis rambut keriting atau sangat bergelombang (ikal).

Pada laki-laki, kondisi ini umumnya muncul di sekitar wajah yang ditumbuhi janggut sementara untuk perempuan di pangkal paha. Tak perlu khawatir jika mengalami keadaan ini, karena pada umumnya bisa membaik tanpa adanya perawatan khusus. Meski demikian, tidak sedikit orang yang mengeluh karena beberapa hal seperti gatal, mengganggu penampilan hingga memicu peradangan.

Mengatasi Rambut Tumbuh ke Dalam

Salah satu faktor yang memicu terjadinya kondisi ini adalah cara mencukur rambut dengan pisau cukur sambil meregangkan kulit dan mencabut rambut menggunakan pinset. Hal ini membuat sisa batang rambut tertinggal di bawah permukaan kulit, terdapat beberapa langkah mandiri di rumah yang bisa dilakukan untuk menangani kondisi tersebut, berikut di antaranya.

  • Bersihkan area rambut yang tumbuh ke dalam menggunakan sikat gigi dengan ujung lembut, kain lap atau scrub.
  • Lakukan gerakan memutar selama beberapa menit sebelum mencukur, bisa juga dilakukan dengan satu arah.
  • Bisa menggunakan jarum steril untuk dimasukkan secara tipis dan perlahan ke kulit, tujuannya mengangkat ujung rambut yang tumbuh di dalam kulit.
  • Dalam kondisi yang sudah menimbulkan peradangan, dokter akan meresepkan obat seperti krim dengan kandungan kortikosteroid.
  • Konsumsi antibiotik krim atau tablet, tujuannya untuk menangani infeksi yang muncul dan obat untuk membantu mengangkat sel kulit mati.
  • Hentikan pencukuran dan pencabutan hingga kondisi pulih, biasanya akan memakan waktu kurang lebih selama 6 bulan.
  • Jika memungkinkan pakai metode laser, namun pengobatan ini cenderung mempunyai komplikasi seperti tumbuhnya lepuh hingga perubahan warna kulit.

Pencegahan Mandiri

Pencegahan dulakukan dengan cara menghindari kegiatan yang memicu kondisi ini terjadi, beberapa tips di bawah ini bisa dilakukan untuk menurunkan kemungkinan munculnya rambut yang tumbuh ke dalam, berikut di antaranya.

  • Mencuci daerah kulit yang akan dilakukan pencukuran menggunakan air hangat, oleskan krim cukur atau gel sebelum memulai mencukur.
  • Pakai pisau cukur yang tajam setiap kali ingin melakukan pencukuran, hindari mencabut rambut ketika sedang dilakukan pencukuran.
  • Mencukur rambut sesuai dengan arah tumbuhnya rambut, setelah mencukur cuci pisau cukur sampai bersih.
  • Bersihkan kulit menggunakan air hangat dan pakai pelembab pada area yang dicukur setelah selesai melakukan pencukuran.

Terdapat beberapa penyebab yang membuat rambut justru tumbuh ke dalam, salah satunya rambut kemaluan yang memang lebih tebal, kasar dan cenderung keriting ketimbang rambut di bagian tubuh lainnya. Karena lebih tebal, cara mencukur yang salah atau terburu-buru justru berdampak buruk dan bahkan bisa menimbulkan iritasi, berikut beberapa penyebabnya.

  • Struktur dan arah tumbuh rambut, umumnya terjadi pada jenis rambut keriting dan ikal, folikel rambut yang melengkung menghasilkan rambut yang tidak tumbuh ke luar permukaan kulit.
  • Sel kulit mati yang menyumbat folikel, kondisi ini bisa memicu rambut tumbuh ke dalam karena tidak keluar menembus permukaan kulit justru mengarah ke samping.
  • Mencukur sambil menarik atau meregangkan kulit, hal ini bisa menyebabkan sisa batang rambut tenggelam ke bawah permukaan kulit.
  • Mencabut memakai pinset, atau waxing bisa meninggalkan sisa batang rambut di bawah permukaan kulit.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *