Konsumsi Makanan Sebagai Cara Menjaga Kesehatan Reproduksi Pria

Konsumsi Makanan Sebagai Cara Menjaga Kesehatan Reproduksi Pria

Ingin tahu cara menjaga kesehatan reproduksi pria? Salah satu jawabannya adalah dengan makanan. Biasanya kita hanya berfokus mengonsumsi makanan yang baik untuk tubuh secara keseluruhan. Namun, dengan memenuhi kebutuhan nutrisi tubuh, secara tidak langsung Anda juga menyediakan asupan nutrisi, vitamin, dan mineral yang sistem reproduksi Anda butuhkan untuk dapat berfungsi dengan baik. Di sisi lain, meningkatkan diet Anda dengan makanan yang menyehatkan juga dapat membantu mengatasi masalah kesehatan lain, seperti penyakit jantung, ketidakseimbangan hormon, membantu membakar lemak, dan lain-lain. Artikel ini akan membahas makanan apa saja yang bermanfaat untuk kesehatan reproduksi Anda. 

Cara menjaga kesehatan reproduksi pria agar terhindar dari kanker prostat, level testosterone yang rendah, dan kemungkinan mandul adalah dengan meningkatkan asupan makanan di bawah ini, seperti:

  • Bayam untuk meningkatkan level testosterone

Bayam adalah sumber folat yang sangat baik. Folat merupakan zat yang dikenal dapat meningkatkan aliran darah. Asam folat memainkan peran penting dalam menjaga fungsi seksual pria dan defisiensi zat ini dihubungkan dengan kondisi disfungsi ereksi. Bayam yang dimasak mengandung 66 persen kebutuhan asam folat harian, menjadikan bayam sebagai makanan yang mengandung folat paling banyak. Sebagai tambahan, folat juga mengandung magnesium, yang dapat membantu meningkatkan dan menstimulasi aliran darah dan telah terbukti dapat meningkatkan level testosterone. 

  • Kopi setiap hari untuk seks yang lebih baik

Studi menunjukkan bahwa meminum dua atau tiga cangkir kopi setiap harinya dapat mencegah disfungsi ereksi. Hal tersebut dapat terjadi berkat kandungan kafein yang ada di dalam kopi. Kafein dapat meningkatkan aliran darah dengan cara menenangkan arteri penis dan otot, memberikan Anda ereksi yang lebih kuat. 

  • Jangan kupas apel

Apel telah diketahui memiliki banyak manfaat untuk kesehatan, salah satunya adalah untuk kesehatan penis. Kulit apel, khususnya, mengandung senyawa aktif yang bernama asam ursolat. Banyak studi sel menunjukkan bahwa senyawa ini dapat menghentikan pertumbuhan sel kanker prostat dengan cara membuat sel tersebut “kelaparan”. Namun, Anda tetap harus terus mengikuti perawatan yang diberikan tenaga medis profesional dalam mengatasi kanker prostat yang dimiliki. 

  • Alpukat untuk meningkatkan libido

Buah alpukat sangat baik dalam meningkatkan suasana hati. Hal tersebut karena kandungan buah alpukat yang kaya lemak sehat, potassium, dan vitamin. Selain itu, buah alpukat mengandung vitamin E dan zinc, yang keduanya memiliki efek positif terhadap kesehatan reproduksi dan kesuburan pria. Zinc terbukti dapat meningkatkan level testosterone bebas di tubuh, sementara vitamin E dapat meningkatkan kualitas sperma. 

  • Cabai

Apabila Anda menyukai makanan yang pedas, ada kabar baik untuk Anda. Studi menunjukkan bahwa pria yang mengonsumsi makanan pedas memiliki kadar testosterone yang lebih tinggi dari rata-rata. Meskipun hal ini tidak berarti makanan pedas memberikan asupan testosterone, zat kimia capsaicin adalah zat yang memicu pelepasan endorphin, atau hormon “feel good”, dan dapat meningkatkan libido Anda. 

  • Wortel

Wortel dapat meningkatkan jumlah sperma dan pergerakan sperma. Penelitian menunjukkan bahwa hal ini disebabkan karena zat kimia karotenoid yang ditemukan di wortel, yang juga bertanggung jawab akan warna jingga sayuran tersebut. 

Konsumsi makanan di atas sebagai cara menjaga kesehatan reproduksi pria. Dengan asupan nutrisi yang seimbang dan lengkap, tubuh Anda akan terus sehat, secara tidak langsung kesehatan reproduksi pun meningkat. Anda juga perlu menghindari aktivitas gaya hidup tidak sehat, seperti konsumsi alkohol dan merokok. Anda juga disarankan untuk rutin berolahraga.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *