sakit jantung

Cek Gejala Sakit Jantung Berikut yang Seringkali Diremehkan

Gejala umum yang seringkali muncul ketika seseorang mengalami sakit jantung adalah nyeri dada. Namun, gejala penyakit jantung dapat berbeda antara satu pasien dengan lainnya. Seringkali sakit jantung ditandai dengan gejala umum yang sering dialami oleh seseorang, sehingga mereka tidak sadar bahwa dirinya mengalami sakit jantung. Di bawah ini, terdapat kondisi yang kerap kali dirasakan oleh seseorang tanpa disadari dapat menjadi gejala dari penyakit jantung:

  • Napas yang sering tersengal

Napas tersengal selepas melakukan olahraga berat pada sadarnya merupakan kondisi normal. Namun, jika Anda sering merasa bahwa napas Anda tersengal, walau hanya melakukan sedikit aktivitas, maka hal tersebut dapat menjadi tanda bahwa terdapat gangguan pada jantung Anda.

  • Detak jantung yang tidak beraturan

Detak jantung akan terasa berdetak lebih kencang atau secara tidak teratur ketika Anda merasa gugup atau terlalu bersemangat. Namun, jika jantung berdetak secara cepat bahwa pada saat Anda menduga atau mengetahui penyebabnya, hal tersebut dapat menjadi salah satu tanda sakit jantung. Walaupun begitu, faktor lain yang menyebabkan jantung berdetak secara tidak beraturan yaitu konsumsi kafein dan kurangnya waktu tidur.

  • Tubuh memproduksi keringat berlebih

Jika Anda seringkali berkeringat tanpa sebab yang tidak pasti, maka Anda perlu mewaspadai kondisi tersebut sebagai salah satu gejala sakit jantung. Terutama, ketika kondisi ini disertai dengan nyeri pada bagian dada.

  • Mengalami mual dan sakit perut

Dalam kasus tertentu, penderita sakit jantung mengalami mual dan sakit perut. Hal ini seringkali terjadi pada wanita dibanding dengan pria. Kondisi ini juga umum terjadi pada seseorang ketika mengalami serangan jantung. Memang, terdapat faktor lain yang dapat memicu sakit perut. Namun, jika Anda mengalami mual dan sakit perut, serta berisiko tinggi terkena penyakit jantung, Anda perlu untuk selalu waspada. Tidak ada salahnya bagi Anda untuk melakukan konsultasi dengan dokter agar mendapatkan diagnosis yang tepat.

  • Mudah lelah

Rasa lelah memang seringkali terjadi. Namun, jika rasa lelah ini berlangsung secara terus menerus, Anda perlu untuk waspada. Penyakit jantung yang seringkali ditandai dengan kondisi mudah lelah, antara lain gagal jantung dan penyakit jantung koroner.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *