salbutamol

Cek Kebenaran Di Sini: Salbutamol Cegah Persalinan Prematur

Pernahkah Anda mendengar berita tentang manfaat salbutamol yang dikatakan memiliki kemampuan untuk mencegah persalinan prematur? Mungkin Anda juga penasaran dan bertanya-tanya mengenai rumor ini. Lebih lengkap mengenai jawaban tersebut, mari simak penjelasannya di bawah ini.

Pada dasarnya salbutamol seringkali digunakan dalam mengatasi sesak napas akibat adanya gangguan pada sistem pernapasan, seperti pada pasien asma maupun PPOK. Obat yang dikategorikan termasuk dalam bronkodilator ini bekerja dengan melemaskan otot-otot di sekitar area saluran udara dan juga dapat meningkatkan aliran udara ke paru-paru. Obat ini dapat digunakan baik oleh orang dewasa maupun anak-anak.

Tentang persalinan prematur dan hubungannya dengan salbutamol

Seorang ibu dikatakan menjalani persalinan prematur jika diharuskan melahirkan lebih dari 3 minggu sebelum waktu yang seharusnya. Dampak yang mungkin dapat terjadi pasca persalinan prematur ini antara lain komplikasi pada ibu maupun bayi. Bayi berisiko lahir dengan berat badan di bawah normal, terkena gangguan pernapasan, perkembangan organ yang belum sempurna, hingga mengalami gangguan penglihatan.

Terjadinya proses persalinan prematur dapat ditandai dengan:

  • Sakit punggung belakang bawah yang berlangsung lama atau hilang dan timbul dan tidak kunjung membaik.
  • Mengalami kontraksi selama 10 menit atau lebih dalam intensitas sering.
  • Kram pada bagian perut bawah seperti kram ketika menstruasi.
  • Mengalami flek darah ringan.
  • Terdapat cairan yang keluar dari jalan lahir.

Sementara itu, peran salbutamol yang termasuk dalam golongan obat stimulan beta adrenergik dikatakan dapat menolong calon ibu dalam mengurangi kontraksi rahim karena memiliki efek relaksasi. Bahkan, di beberapa negara, prosedur penyuntikan obat suntik salbutamol diperbolehkan dengan tujuan menunda kelahiran prematur pada ibu hamil yang memiliki gejala persalinan prematur seperti yang disebutkan di atas.

Tidak hanya salbutamol suntik, namun juga salbutamol tablet dapat terbukti dapat menunda kehamilan prematur. Prosedur ini dianggap lebih praktis karena tidak memerlukan pengawasan yang ketat. Namun, penggunaan salbutamol untuk ibu hamil tetap memerlukan konsultasi dan pengawasan dokter.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *