Ini Dia Jenis dan Dosis Pemakaian Bodrexin Sirup untuk Anak

Mendengar kata Bodrexin sirup mungkin sudah tidak asing lagi ditelinga, terutama bagi para ibu. Hal ini karena Bodrexin merupakan salah satu obat andalan bagi ibu ketika anak mengalami sakit mendadak, baik sakit demam, flu, pilek dan lainnya. Bodrexin memiliki 2 jenis bentuk, yaitu bodrexin bentuk tablet dan bodrexin bentuk cair. Bodrexin bentuk cair atau sirup lebih cocok untuk anak-anak karena lebih mudah untuk dikonsumsi. 

Ada beberapa varian bodrexin cair atau sirup serta dosis dan aturan pakainya. Berikut penjelasan lengkapnya.

1. Bodrexin Sirup untuk Demam

Varian bodrexin cair atau sirup yang pertama adalah bodrexin sirup untuk penurun demam. Bodrexin sirup untuk demam berfungsi untuk menurunkan demam atau panas pada anak, baik demam yang disebabkan oleh flu atau pilek maupun demam dan panas efek setelah imunisasi. Selain itu, Bodrexin sirup untuk demam juga ampuh untuk mengurangi dan meredakan nyeri sakit gigi dan sakit kepala.

Bodrexin sirup untuk demam memiliki rasa jeruk yang manis dan disukai anak-anak. Meskipun demikian, pastikan Anda tetap memperhatikan dosis dan aturan pemakaiannya. Bodrexin sirup varian rasa jeruk ini dijual dalam kemasan botol berukuran 60 ml dan dilengkapi dengan sendok takar untuk memudahkan pemberian obat. 

Berikut dosis dan aturan pakai Bodrexin sirup pereda demam:

  • Anak usia 1 s/d 2 tahun: 1 sendok takar 3 – 4 x sehari. Maksimal 4 x sehari (Dosis diulang 4 – 6 jam sekali)
  • Anak usia 2 s/d 6 tahun: 1 – 2 sendok takar 3 – 4 x sehari. Maksimal 4 x sehari (Dosis diulang 4 – 6 jam sekali)
  • Anak usia 6 s/d 12 tahun: 2 – 4 sendok takar 3 – 4 x sehari. Maksimal 4 x sehari (Dosis diulang 4 – 6 jam sekali)

2. Bodrexin Sirup untuk Pilek dan Alergi PE

Selain bodrexin sirup untuk demam, bodrexin sirup juga memiliki varian lain yang digunakan meredakan pilek dan alergi PE pada anak. Bodrexin jenis ini mengandung PE atau Phenylephrine yang berfungsi untuk melegakan hidung anak yang tersumbat karena pilek dan alergi. Konsumsi Bodrexin sirup untuk pilek dan alergu dapat menyebabkan kantuk pada anak. 

Berikut ini aturan penggunaan Bodrexin sirup untuk pilek dan alergi.

  • Anak usia 2 s/d 5 tahun: 1 sendok takar 3 x sehari setelah makan
  • Anak usia 6 s/d 12 tahun: 2 sendok takar 3 x sehari setelah makan

3. Bodrexin Sirup untuk Flu dan Batuk Berdahak PE

Bodrexin sirup untuk flu dan batuk berdahak mengandung Phenylephrine yang aman untuk dikonsumsi oleh anak dan dapat melegakan hidung tersumbat pada anak. Untuk mengatasi berbagai penyakit pada anak, penting untuk memberikan obat yang sesuai dengan gejala sakit yang dialami oleh anak. Selain itu, Anda juga harus memperhatikan dosis penggunaannya. 

Berikut dosis penggunaan bodrexin sirup untuk flu dan batuk berdahak PE :

  • Anak usia 6 s/d 12 tahun: 3 sendok takar 3 x sehari setelah makan.

4. Bodrexin Sirup untuk Flu dan Batuk Tidak Berdahak PE

Bodrexin sirup untuk flu dan batuk tidak berdahak PE mengandung Phenylpherine (PE) dan kandungan lainnya yang efektif untuk meredakan flu dan batuk tidak berdahak pada anak. 

Berikut dosis penggunaan bodrexin sirup untuk flu dan batuk tidak berdahak PE.

  • Anak usia 6 s/d 12 tahun: 3 sendok takar 3 x sehari setelah makan.

Itulah varian atau jenis serta dosis dan aturan pakai Bodrexin sirup yang perlu Anda perhatikan. Pastikan Anda memberikan dosis yang tepat sesuai usia agar kinerja dari obat ini lebih maksimal. Jika anak memiliki riwayat penyakit tertentu, konsultasikan terlebih dahulu dengan dokter.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *