Ini Manfaat Garam Epsom untuk Kesehatan

Garam Epsom adalah zat kimia berbentuk kristal yang berbentuk dari endapan magnesium, sulfur dan oksigen. Meskipun namanya garam, Epsom salt sangat berbeda dengan garam dapur, terutama dari sisi rasa dan fungsinya. Keduanya mungkin memiliki bentuk yang mirip, yaitu sama-sama berupa kristal berwarna putih dan akan larut ketika dicampur dan diaduk dengan air. Namun, garam dapur memiliki rasa yang asin, sedangkan garam Epsom terasa pahit di lidah sehingga tidak bisa dijadikan penyedap masakan. Meskipun demikian, ada beberapa orang yang masih meminum larutan garam Epsom karena khasiat kesehatan di dalamnya. Selain itu, garam Epsom juga kerap dijadikan bahan pembuat bath bomb untuk diambil manfaatnya.

Sebelum mencicipi garam Epsom untuk mendapatkan manfaat kesehatannya, Anda sangat dianjurkan unutk berkonsultasi dengan dokter terlebih dahulu. Buat orang yang mengidap penyakit ginjal atau jantung, sedang hamil atau menyusui, serta anak-anak, mengonsumsi garam Epsom sangat dilarang. Jika dokter memperbolehkan, maka manfaat garam Epsom bisa Anda rasakan antara lain:

  • Menghilangkan pegal-pegal

Garam epsom yang dijadikan campuran pada sabun mandi dipercaya dapat meredakan nyeri dan peradangan pada otot. Tidak heran jika banyak orang suka berendam dengan air yang sudah dicampur bath bomb mengandung garam epsom ini, terutama setelah seharian beraktivitas atau selepas berolahraga.Selain dijadikan bahan rendaman badan, garam epsom juga dapat dilarutkan dalam air minum. Kandungan magnesium di dalamnya diyakini mampu meredakan otot yang kram maupun masalah pencernaan hingga diabetes.

  • Meningkatkan performa

Selain dikonsumsi setelah olahraga, larutan garam epsom juga bisa diminum sebelumnya untuk meningkatkan performa saat latihan agar otot tidak cepat burnout. Tetapi, langkah ini biasanya hanya dijadikan solusi jangka pendek.

  • Mengatasi stress

Lagi-lagi, kandungan magnesium dalam garam epsom digadang-gadang bisa mengatasi stress, salah satunya jika Anda menjadikan garam ini sebagai campuran air mandi. Magnesium yang masuk ke pori-pori kulit dikatakan bisa meningkatkan kualitas tidur, memperbaiki mood yang buruk, hingga meningkatkan konsentrasi.

  • Melancarkan buang air besar

Bagi sebagian orang, minum larutan garam epsom yang terasa pahit bisa melancarkan pencernaan, termasuk meredakan konstipasi. Namun, takaran garam yang digunakan sebaiknya sedikit saja agar Anda tidak berubah jadi sakit perut.Perlu ditegaskan bahwa manfaat garam epsom ini baru sebatas testimonial dan belum terbukti secara medis. Bila Anda mengidap masalah kesehatan yang disebutkan di atas, sebaiknya tetap dahulukan pengobatan yang disarankan oleh dokter.

Meskipun garam epsom digadang-gadang memiliki banyak manfaat, tidak semua orang aman menggunakan mineral ini. Beberapa efek samping yang mungkin terjadi dalam penggunaan garam epsom, antara lain:

  • Jika diminum, larutan garam epsom dapat mengakibatkan dehidrasi hingga masalah pencernaan seperti diare maupun ketidaknyamanan pada perut. Klaim ini bertolak belakang dengan khasiat garam epsom yang disebut-sebut dapat mengeluarkan racun dari tubuh (detoksifikasi).
  • Jika dioleskan pada kulit, garam epsom bisa menimbulkan rasa seperti terbakar hingga iritasi kulit. Oleh karena itu, Anda tidak disarankan untuk mandi dengan bath bomb yang mengandung garam epsom jika tengah memiliki luka yang terbuka atau kulit yang sensitif.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *