Inilah 5 Rekomendasi Alat Tes Gula Darah Yang Dapat Anda Pilih!

Kadar gula darah normal penting untuk dijaga agar tidak terlalu tinggi atau terlalu rendah. Gula darah berfungsi sebagai asupan energi bagi organ-organ tubuh. Ketahui berapa kisaran kadar gula darah normal yang harus Anda miliki. Maka, tidak ada salahnya jika Anda memiliki alat tes gula darah sendiri. 

Alat tes gula darah yang bagus antara lain GlucoDr dan FamilyDr

Sebenarnya, kadar gula darah normal tidak berpatokan pada satu angka baku. Pasalnya, kadar gula darah bisa berubah-ubah, misalnya saat sebelum dan sesudah Anda makan atau saat sebelum tidur. Oleh karena itu, carilah waktu yang tepat untuk mengecek kadar gula darah Anda.

Jika Anda atau keluarga ada yang sudah didiagnosis menderita diabetes atau gula darah tinggi, maka memiliki alat cek gula darah yang bagus dan akurat sangat diperlukan. Alat tes gula darah disebut sebagai glucometer atau glucose meter dan saat ini sudah sangat banyak jenis yang tersedia di pasaran. Lantas, bagaimana cara mengetahui mana yang paling bagus? Ini tips memilihnya.

  • Pilih yang mudah digunakan dan disimpan

Dari sekian banyak alat tes gula darah yang tersedia, sebagian bisa lebih mudah digunakan dibandingkan dengan yang lainnya. Jadi, saat kamu memilih pastikan sudah memahami cara pakainya. Perhatikan cara memasang strip, jenis strip yang digunakan, jumlah sampel darah yang dibutuhkan untuk tes, hingga cara membersihkannya.

  • Ketahui fitur-fitur tambahan yang dibutuhkan

Alat tes gula darah ada yang dibuat dengan beberapa fitur tambahan yang mungkin kamu butuhkan, seperti audio yang akan menyebutkan hasil pengukuran, hingga layar yang lebih lebar sehingga lebih mudah dilihat. Beberapa juga dibuat dengan fitur bisa menyimpan hasil pengukuran yang lebih lengkap karena menyertakan waktu rinci pengukuran dan rentang kadar gula darah dalam jangka waktu tertentu. Sebagian lainnya ada yang bisa dihubungkan ke aplikasi khusus di ponsel pintar.

  • Sesuaikan dengan dana yang disediakan

Terakhir, tentu kamu perlu memilih yang sesuai dengan dana yang sudah disediakan. Alat tes gula darah dengan fitur yang lebih sederhana biasanya harganya akan lebih murah, namun jika itu sudah memenuhi kebutuhan, maka tentu tidak ada salahnya untuk memilih alat tersebut.

Berikut ini beberapa rekomendasi alat tes gula darah yang bisa jadi bahan pertimbangan Anda ketika ingin membelinya.

  1. Benecheck Plus 3 in 1

Benecheck Plus 3 in 1 adalah alat yang bisa mengukur kadar gula darah, asam urat, dan kolesterol sekaligus. Alat ini baik untuk memantau kondisi kesehatan karena bisa menyimpan 460 hasil pengukuran dan baterainya tahan hingga 1.000 kali pemakaian.

Hasil tes akan keluar 1 detik setelah pengukuran dan jarum disposable yang terdapat sebagai bagian dari alat ini membuat pengambilan sampel darah sangat praktis dan tidak sakit.

  1. Accu-Chek Active Device

Accu-Chek Active Device memiliki fitur dan tampilan yang modern. Hasil pengukuran akan keluar dalam lima detik setelah pengukuran. Alat ini hanya bisa digunakan untuk mengukur sampel darah yang diteteskan ke strip dari merek yang sama. Jadi kalau kamu memiliki strip pengukur gula darah selain Accu-Chek, maka tidak bisa dipakai ke dalam alat ini.

  1. Easy Touch Device

Easy touch device adalah alat yang bisa mengukur gula darah sekaligus kolesterol dan asam urat. Stripnya ada tiga jenis, tergantung dari pemeriksaan apa yang ingin dilakukan dan semuanya terjual terpisah.

Alat sangat membantu untuk mengetahui kondisi tubuh secara lebih menyeluruh, tak hanya gula darah saja. Untuk menggunakannya, Anda perlu memasang chip di belakang alat yang warnanya sudah disesuaikan dengan fungsi sesuai keinginan.

  1. FamilyDr Blood Glucose Monitor ABM-513S

Alat tes gula darah yang satu ini memiliki fitur bluetooth sehingga bisa disambungkan ke perangkat ponsel pintar. Alat ini bisa terhubung langsung dengan aplikasi sehingga kamu bisa melihat hasilnya dengan catatan yang lebih lengkap.

Alat ini memiliki rentang pengukuran yang cukup luas yaitu 20-600 mg/dL dengan waktu pengukuran hanya 5 detik. Dengan memori yang dapat menyimpan hingga 500 pengukuran, kamu bisa dengan mudah melihat grafik nilai gula darah dalam jangka waktu tertentu.

  1. Sinocare Safe AQ Voice

Sinocare Safe AQ Voice dilengkapi dengan fitur voice reminder yang akan membacakan hasil pengukuran secara jelas. Fitur ini berguna untuk pasien yang kesulitan membaca tulisan di layar akibat gangguan penglihatan ataupun penyebab lainnya. Hasil pemeriksaan akan keluar 10 detik setelah pemeriksaan. Alat ini bisa menyimpan 10 hasil pemeriksaan dan baterainya tahan digunakan hingga 1.000 kali pemakaian.

Itulah 5 rekomendasi alat tes gula darah yang bisa menjadi pilihan Anda. Pilihlah alat tes gula darah yang sesuai dengan kebutuhan dan dana yang sudah disediakan Anda, ya!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *