Jangan Salah, Ini Tahapan Menggunakan Skincare yang Tepat

Tahapan menggunakan skincare merupakan suatu hal yang penting. Karena bisa berdampak terhadap kinerja skincare yang Anda gunakan. Namun sayangnya, masih banyak orang yang tidak menggunakan skincare sesuai tahapan yang benar sehingga membuat produk perawatan wajah yang Anda gunakan tidak bekerja dengan baik.

Tahapan Menggunakan Skincare yang Tepat

Penting untuk menggunakan skincare sesuai dengan tahapan yang tepat. Karena ada beberapa jenis skincare memiliki kandungan tertentu yang tidak boleh digunakan bertepatan. Selain itu, beberapa skincare juga membutuhkan waktu 5 hingga 30 menit untuk bisa menyerap dengan sempurna.

Agar lebih jelasnya, berikut tahapan menggunakan skincare yang tepat.

Butylene glycol adalah sejenis alkohol
  1. Pembersih Wajah

Membersihkan wajah merupakan tahapan pertama penggunaan skincare. Anda harus membersihkan wajah dua kali sehari pada pagi dan malam hari dengan menggunakan facial wash. Namun jika Anda menggunakan riasan maka bersihkan wajah 3 kali salah satunya dengan menggunakan pembersih khusus seperti micellar water untuk membersihkan riasan. Membersihkan wajah dua kali akan lebih maksimal untuk membersihkan wajah dari bekas riasan.

Saat menggunakan facial wash, pijat wajah Anda dengan lembut dan bilas hingga tidak ada lagi residu sabun yang tertinggal. Keringkan wajah dengan handuk dan tepuk-tepuk dengan lembut.

  1. Toner

Toner merupakan tahapan skincare yang cukup penting, namun banyak yang melewatinya. Toner berguna untuk membantu kulit tetap lembab sekaligus membantu mengangkat kotoran dan minyak dari kulit wajah. Pilihlah toner yang tidak mengandung alkohol, paraben, asam salisilat dan wewangian.

Aplikasikan toner setelah membersihkan wajah. Anda bisa menuangkan beberapa tetes toner di atas kapas dan usap dengan lembut. Jika toner Anda memiliki formula untuk menghidrasi kulit, maka gunakan dua kali sehari.

  1. Serum

Serum merupakan salah satu skincare yang biasanya memiliki antioksidan sebagai bahan aktifnya. Memiliki formula mudah menyerap ke dalam kulit. Selain itu, serum yang memiliki kandungan vitamin C atau vitamin E mampu membantu melindungi kulit dari radikal bebas akibat paparan sinar ultraviolet.

Jika serum yang Anda gunakan memiliki bahan antioksidan, Anda bisa mengaplikasikannya pada pagi hari setelah menggunakan pembersih wajah dan toner.  Jika serum Anda berbasis air maka gunakan sebelum pelembab dan jika berbasis minyak oleskan setelah menggunakan pelembab.

  1. Krim Mata

Jika Anda sudah memasuki usia 20 tahun, maka penting untuk menggunakan krim mata dua kali sehari terutama setiap malam. Ini berguna untuk memperbaiki kualitas kulit di area mata sehingga bagian tersebut tidak kehilangan elastisitasnya. 

Penggunaan krim mata harus sebelum mengaplikasikan pelembab. Anda juga bisa menggunakan aplikator roller khusus wajah dan simpan di lemari es untuk mengatasi bengkak pada bawah mata di pagi hari.

  1. Pelembab

Tahapan menggunakan skincare selanjutnya tidak boleh terlewatkan. Pelembab merupakan skincare yang penting digunakan oleh segala jenis wajah sekalipun Anda memiliki kulit berminyak. Pelembab akan membantu mengunci semua produk skincare yang Anda gunakan. Pelembab juga mampu meminimalisir munculnya jerawat pada kulit berminyak dan kering. Jika Anda memiliki kulit berminyak, pilih pelembab dengan bentuk lotion dengan kandungan exfoliant. Sedangkan jika kulit Anda kering, pilih pelembab yang memiliki kandungan minyak.

Anda bisa mengoleskan pelembab saat kulit masih lembab. Jadi pelembab dapat lebih cepat mengunci kelembaban yang dihasilkan serum dan skincare lainnya.

  1. Tabir Surya

Tabir surya juga tidak kalah penting dari pelembab. Dengan menggunakan tabir surya, maka wajah Anda akan terlindungi dari paparan sinar ultraviolet yang bisa membuat kulit wajah terbakar, kusam dan membuat munculnya tanda penuaan dini.

Tahapan penggunaan skincare yang terakhir ini penting, terutama jika pelembab yang Anda gunakan tidak mengandung SPF. Anda bisa memilih tabir surya dengan SPF minimal 30. Agar bekerja lebih efektif, setelah mengaplikasikan pada wajah maka tunggu selama 20 menit sebelum keluar rumah. Pilih juga tabir surya yang mampu melindungi wajah dari sinar UVA dan UVB.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *