Ketahui Cara Penyembuhan Luka dengan Produk Tegaderm

Main Picture

“Ketika terjadi luka terbuka pada kulit, Anda harus melakukan perawatan agar tidak menimbulkan infeksi. Mulai dari membersihkan luka hingga menutupnya menggunakan plester Tegaderm.”

Kebanyakan orang sudah pernah mengalami luka, mulai dari luka jatuh atau tersandung, teriris pisau, atau bahkan luka pasca operasi. Pada umumnya pada saat luka itu terjadi, Anda akan langsung berpikir untuk menutupnya menggunakan plester. Padahal, Anda perlu melakukan beberapa perawatan terlebih dahulu sebelum menutupnya menggunakan plester Tegaderm.

Cara merawat luka terbuka secara umum 

Langkah perawatan perlu dilakukan pada luka terbuka agar tidak menyebabkan infeksi atau kerusakan jaringan dan mencegah munculnya bekas luka yang sulit hilang.

  1. Mencuci tangan

Sebelum memegang luka, pastikan tangan Anda dalam keadaan steril. Ini juga penting agar luka terhindar dari infeksi.

Cuci tangan menggunakan sabun dan air, atau dengan hand sanitizer. Bila ada bisa gunakan sarung tangan medis agar kesterilan tetap terjaga.

  1. Menekan area luka 

Cara kedua ini bermaksud untuk memberhentikan pendarahan yang terjadi jika luka mengeluarkan banyak darah. Jika hanya luka goresan, biasanya darah yang keluar tidak terlalu banyak dan berhenti sendiri.

Lakukan dengan menekan secara lembut pada area luka menggunakan kain bersih hingga pendarahan berhenti.

  1. Bersihkan luka

Setelah darah dipastikan berhenti, selanjutnya bersihkan luka dengan air bersih dan mengalir hingga tidak ada kotoran yang tertinggal. Hal ini dilakukan untuk menghilangkan kuman yang bisa menjadi pemicu timbulnya infeksi.

Setelah dicuci, pastikan Anda mengeringkannya menggunakan lap. Hindari mengeringkan dengan cara meniup karena bakteri pada mulut bisa berpindah ke luka.

  1. Mengoleskan salep antibiotik

Penggunaan antibiotik bertujuan agar luka tetap dalam keadaan lembap sehingga proses penyembuhan dapat berjalan dengan baik.

  1. Tutup dengan plester

Setelah membersihkannya, hal terakhir yang harus dilakukan adalah menutup luka dengan plester agar terhindar dari bakteri.

Pemilihan plester yang tepat pun akan membantu Anda mempercepat proses penyembuhan. Salah satu plester yang sering digunakan adalah Tegaderm dari Nexcare. 

Plester Tegaderm

Ada dua jenis plester Tegaderm yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan dan jenis luka Anda.

  1. 3M Nexcare Tegaderm + Pad Transparent Dressing

Pada plester ini terdapat pad yang berfungsi untuk menyerap cairan pada luka, namun pad tidak menempel akibat cairan tersebut. Plester Tegaderm jenis ini biasa digunakan untuk memberikan perlindungan pada luka akibat luka ringan, seperti goresan, lecet, dan lainnya.

  1. 3M Nexcare Tegaderm Transparent Dressing

Sama dengan sebelumnya, Tegaderm yang satu ini hanya memiliki perbedaan pada pad. Penggunaannya pada luka ringan pun tetap sama, serta dengan kelebihannya membuat Tegaderm tetap menempel pada kulit untuk waktu yang lama dan mencegah terjadinya iritasi.

Dari kedua jenis Tegaderm tersebut, keduanya termasuk ke dalam jenis film dressing yang biasa digunakan untuk melindungi luka yang berada di area gesekan. 

Kelebihan plester Tegaderm

Di bawah ini beberapa kelebihan Tegaderm yang bisa memaksimalkan penyembuhan luka tanpa mengganggu aktivitas Anda.

  1. Tegaderm memberikan perlindungan total dari kuman dan kotoran sehingga tercegah dari infeksi.
  2. Tegaderm pad dilengkapi dengan non adherent pad yang tidak membuat pad melekat pada luka sehingga akan mengurangi rasa sakit.
  3. Hypoallergenic, yakni lembut di kulit dan tidak menyebabkan alergi atau iritasi serta tidak sakit saat dilepas.
  4. Plester Tegaderm diklaim memiliki kelenturan sehingga dapat mengikuti bentuk dan gerak tubuh. Hal ini sangat membantu agar aktivitas Anda tidak terganggu karena rasa tidak nyaman.
  5. Tahan air sehingga bisa digunakan meskipun Anda mandi, berenang, ataupun aktivitas lainnya.
  6. Menjaga sirkulasi udara tetap terjadi dengan teknologi saluran mikroskopis sehingga luka bisa bernapas dan tidak terjadi pembusukan dan perawatan berlangsung secara maksimal.
  7. Plester Tegaderm dapat digunakan dalam jangka waktu lama, yakni mulai dari 4 – 7 hari.

Jadi, itulah cara merawat luka dan kelebihan plester Tegaderm yang bisa membantu proses penyembuhan luka Anda semakin cepat. Tegadem ini bisa Anda tambahkan ke dalam kotak P3K sebagai penolong pertama saat luka terjadi. 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *