Ketahui Layanan Scaling Gigi di RS Telogorejo

RS Telogorejo atau yang juga disebut dengan Semarang Medical Center RS Telogorejo adalah salah satu rumah sakit yang berlokasi di Semarang. Tak hanya itu, RS Telogorejo memiliki banyak fasilitas salah satunya yaitu scaling gigi.

Perawatan gigi seperti scaling gigi dan root planning berfungsi membantu untuk mengobati penyakit periodontal kronis atau yang juga disebut sebagai penyakit gusi. Scaling gigi dan root planing biasanya memerlukan lebih dari satu kali janji kunjungan kepada dokter gigi. Tak hanya itu, kedua prosedur tersebut mungkin membutuhkan anestesi lokal berdasarkan tingkat keparahan penyakit periodontal kronis yang dialami dan jika Anda memiliki kondisi gusi yang turun.

Kapan Memerlukan Tindakan Scaling Gigi?

Scaling gigi yang merupakan salah satu layanan dari RS Telogorejo ini biasanya direkomendasikan oleh dokter jika mulut Anda terdapat tanda-tanda penyakit periodontal kronis. Prosedur scaling gigi diketahui dapat membantu menghentikan efek berbahaya dari kondisi tersebut sekaligus menjaga kesehatan mulut Anda.

Penyakit periodontal kronis dapat terjadi saat ada bakteri yang terdapat dalam plak sehingga menyebabkan gusi terlepas dari gigi Anda. Hal ini akan membentuk sebuah kantong besar yang tumbuh di antara gigi dan gusi. Kantong besar tersebut dapat membuat lebih banyak bakteri dapat tumbuh di sana yang tidak dapat dijangkau dengan menyikat gigi sendiri di rumah. Itulah mengapa penting untuk menggunakan benang gigi atau dental floss secara teratur untuk menjangkau tempat-tempat yang tidak bisa dijangkau oleh sikat gigi.

Prosedur Scaling Gigi

Scaling gigi dan root planing sebetulnya dapat dilakukan sebagai prosedur rawat jalan di kantor dokter gigi. Untuk melakukan prosedur scaling gigi ini, Anda mungkin perlu menjadwalkan satu atau lebih janji yang tergantung pada tingkat keparahan kondisi Anda.

Dokter gigi yang menangani Anda mungkin tidak menggunakan anestesi lokal untuk mengurangi ketidaknyamanan prosedur. Oleh karena itu, kalau Anda takut merasa sakit saat prosedur scaling gigi dilakukan, diskusikan hal ini dengan dokter gigi Anda.

Dokter gigi Anda akan melakukan scaling gigi terlebih dahulu. Prosedur yang dilakukan yaitu dengan mengikis plak dari gigi Anda dan di setiap kantong besar yang terbentuk di antara gigi dan gusi.

Kemudian, dokter gigi akan melakukan prosedur root planing untuk menghaluskan akar gigi menggunakan alat scaling. Prosedur smoothing ini membantu gusi Anda untuk menempel kembali ke gigi Anda.

Dokter gigi yang menangani Anda juga dapat memberikan rekomendasi perawatan tambahan tergantung pada kesehatan gigi dan gusi Anda, seperti menggunakan agen antimikroba di mulut Anda atau meresepkan antibiotik oral untuk Anda konsumsi selama beberapa hari untuk membantu Anda sembuh lebih cepat.

Dokter gigi juga dapat melakukan proses yang disebut modulasi host yang akan memberikan obat tambahan langsung ke gusi Anda untuk membantu memperbaiki efek negatif periodontitis jangka panjang atau mengurangi kemungkinan infeksi setelah prosedur Anda. Alat atau instrumen yang sering digunakan untuk melakukan prosedur yaitu scaler dan kuret. Akan tetapi, ada instrumen atau alat lain yang dapat digunakan untuk prosedur scaling gigi, yaitu laser dan perangkat ultrasonik.

Scaling gigi memiliki risiko yang sangat rendah. Akan tetapi, kemungkinan Anda terkena infeksi setelah prosedur scaling gigi masih ada. Oleh karena itu, dokter gigi biasanya akan memberi resep antibiotik atau obat kumur khusus yang bisa Anda gunakan selama beberapa hari atau minggu.

Untuk Anda yang membutuhkan layanan scaling gigi, Anda bisa mengaksesnya ke rumah sakit atau klinik terdekat di kota Anda salah satunya yaitu RS Telogorejo. RS Telogorejo berlokasi di Jalan KHA Dahlan Semarang, Pekunden, Kec. Semarang Tengah, Kota Semarang, Jawa Tengah 50134. Anda bisa mengunjungi RS Telogorejo pada jam operasionalnya yaitu hari Senin sampai Minggu mulai pukul 00:00 hingga 23:59.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *