Manfaat Makan Buah untuk Menjaga Kesehatan Kulit

Manfaat makan buah yakni mampu mengurangi peradangan dan encegahan berbagai jenis infeksi Mengonsumsi buah-buahan yang kaya akan vitamin dan mineral mampu membantu mensintesis kolagen dan membantu memberi nutrisi pada kulit. 

Memasukkan beberapa buah yang lezat ke dalam pola makan dapat membantu untuk memberikan cahaya alami sehingga kulit akan terlihat lebih bersinar dan tidak kusam lagi. 

Apa saja buah yang dibutuhkan untuk kesehatan tubuh?

Manfaat makan buah memang sangat beragam. Anda juga bisa mendapatkan berbagai kuntungan tersebut dengan mengonsumsi buah-buahan yang segar.

Berikut adalah buah-buahan yang memiliki manfaat untuk membantu menjaga kesehatan pada kulit.

Mangga 

Manfaat makan buah mangga untuk kulit wajah yakni untuk meremajakan kulit. Mangga ini mengandung vitamin A, C, E, dan K. Buah mangga ini juga mengandung beta-karoten, flavonoid, xantofil, dan polifenol. Selain itu, manfaat makan buah ini juga yakni mampu melindungi kulit dari segala jenis kerusakan DNA. 

Hal ini dikarenakan buah ini memiliki sifat anti-inflamasi. Sifat penyembuhan terhadap mangga ini menjadikannya bahan yang ideal dalam banyak persiapan segala kosmetik.

Berikut  beberapa cara menggunakan mangga untuk kulit yang cerah dan berkilau: 

  • Ambil daging buah mangga dan oleskan pada wajah dan leher Anda. Diamkan selama kurang lebih sepuluh menit dan bilas menggunakan air hangat. 
  • Makan mangga dalam bentuk shake, dicampur dengan sereal sarapan, atau sebagai camilan. 
  • Jika kulit Anda  kering, campurkan dengan pure mangga, yogurt, dan madu. Oleskan paket ini ke wajah Anda dan biarkan selama 10 hingga 15 menit. Kemudian bilas dan biarkan hingga kering.
  • Untuk kulit berminyak atau kombinasi, campurkan sedikit jus lemon dan air mawar dengan ampas mangga dan oleskan ke wajah Anda.

Semangka 

Manfaat makan buah semangka ini adalah untuk membuang racun berbahaya yang ada di kulit. Buah semangka ini memiliki kandungan vitamin A, B1, B6, dan C. semangka ini juga mengandung banyak flavonoid, likopen, dan karotenoid. Kandungan likopen ini bermanfaat untuk mencegah adanya kerusakan pada kulit dengan menghilangkan radikal bebas.

Berikut adalah beberapa cara efektif menggunakan semangka untuk manfaat kulit yang maksimal: 

  • Minum jus semangka setiap hari atau makan  semangka sebagai camilan makan siang 
  • Anda juga bisa menambahkan semangka ke smoothie, makanan penutup, atau puding 
  • Anda bisa menambahkan bubur semangka ke dalamnya. Oleskan ke kulit selama setidaknya beberapa menit untuk cahaya segar berembun

Pepaya 

Pepaya merupakan salah satu buah yang mampu membantu Anda untuk memiliki kulit yang sempurna, hal ini karena buah papaya ini kaya akan vitamin seperti vitamin A, B, dan C, buah ini juga memiliki banyak mineral seperti tembaga, magnesium, dan kalium. 

Manfaat makan buah papaya ini adalah untuk membantu menyembuhkan berbagai infeksi pada kulit, luka pada kulit, kutil, eskim, dan lainnya, hal ini dikarenakan buah papaya yang memiliki kandungan antijamur, antivirus, dan antibakteri.

Pepaya dapat digunakan dengan cara berikut: 

  • Tambahkan semangkuk daging buah pepaya ini sebagai camilan pagi atau sore hari 
  • Tambahkan buah ini ke dalam shake atau smoothie  
  • Ambil sepotong kecil pepaya dan tumbuk hingga halus. Oleskan ke wajah  dan bilas setelah 10-15 menit 
  • Untuk menghilangkan kulit kering yang bersisik, oleskan bubur pepaya yang dicampur dengan sedikit minyak almond pada kulit

Pisang 

Pisang merupakan buah yang paling umum di pasaran. Manfaat makan buah pisang ini adalah untuk menyembuhkan kulit, dalam artian buah ini memiliki efek penyembuhan pada kulit yang digunakan untuk menghilangkan bekas jerawat yang ada pada kulit wajah.

Kandungan pada buah pisang ini adalah kaya akan serat makanan, vitamin A, C, E, dan K. Selain itu, pisang ini juga mengandung fosfor, mangnesium, kalium, serta kalsium. Pisang ini juga memiliki sifat antioksidan dan juga mampu bekerja dengan baik sebagai pelembab untuk kulit.

Berikut adalah beberapa cara efektif untuk menggunakan pisang pada kulit Anda: 

  • Anda bisa memotong buah pisang yang lezat ini untuk membuat oatmeal, cornflake, atau bubur yang lezat
  • Anda juga bisa menambahkannya panekuk, kue kering, pada kue dan shake 
  • Ambil  pisang yang dihancurkan, oleskan ke seluruh wajah  selama 10 menit, lalu bilas dengan air hangat untuk langsung memberikan kulit yang bersinar

Strawberry

Manfaat makan buah strawberry ini yakni mampu membantu untuk mendapatkan kulit yang bebas jerawat dan sempurna. Strawberry ini mengandung asam alfa-hidroksi atau asam salasilat dan juga vitamin C yang sangat melimpah. Hal ini mampu membantu untuk menjaga kulit agar tetap sehat dan juga bersih.

Kandungan asam ellagic yang ada pada strawberry ini mempu membantu untuk mencegah keriput pada kulit, mencegah adanya kerusakan kolagen, dan melindungi kulit dari kerusakan akibat sinar UV.

Berikut adalah beberapa cara efektif untuk menggunakan strawberry pada kulit Anda: 

  • Tambahkan strawberry cincang ke sereal sarapan atau muffin 
  • Strawberry dapat ditambahkan ke dalam smoothie dan shake 
  • Tambahkan strawberry cincang ke salad buah dan sayuran  untuk meningkatkan kesegaran  
  • Anda dapat menambahkan strawberry untuk membuat kue dan membuat muffin lebih baik 
  • Jika Anda ingin kulit Anda lembab dan kemerahan, hancurkan beberapa strawberry dan tambahkan daging ke wajah dan leher 

Itulah beberapa manfaat makan buah untuk menjaga kesehatan pada kulit. Makan buah-buahan yang segar tidak boleh Anda lewatkan karena makan buah-buahan dapat memberikan kulit yang sehat dan bercahaya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *