salep mata ikan

Mata Ikan, Samakah dengan Kapalan?

Mata ikan seringkali disamakan dengan kapalan karena ciri-cirinya yang mirip yaitu terjadi penebalan kulit. Umumnya, mata ikan muncul di kaki akibat gesekan berlebihan. Bedanya, kapalan tidak peril diobati. Sedangkan mata ikan perlu diberi obat seperti salep mata ikan. Faktor lain yang juga membedakan mata ikan dan kapalan adalah rasa nyerinya. Kapalan tidak menimbulkan rasa nyeri, sementara mata ikan bisa menimbulkan rasa nyeri ketika ditekan. Bentuk mata ikan pun lebih besar ketimbang kapalan. Selain itu, kapalan biasanya muncul di area kulit yang menahan beban seperti telapak kaki, tumit, telapak tangan, atau lutut. Sementara mata ikan? Bisa muncul di bagian kulit yang tidak menahan beban sekalipun.

Apa gejala mata ikan?

Anda juga perlu mengenali gejala mata ikan agar bisa membedakannya dengan penyakit kulit lainnya. Gejalanya yang mudah dikenali adalah:

  • Muncul benjolan di kulit
  • Area kulit kering dan bersisik
  • Bercak tebal dan keras pada kulit
  • Rasa tidak nyaman
  • Nyeri saat ditekan

Biasanya, mata ikan ini terjadi karena banyak hal. Ada kondisi bawaan yang membuat seseorang rentan mengalami mata ikan, seperti bunion dan hammertoe. Bunion adalah benjolan tulang yang berbentuk tidak normal pada sendi di pangkal jempol kaki. Sedangkan kondisi hammertoe adalah kelainan bentuk jari kaki. Biasanya, bentuknya cenderung menekuk seperti cakar. Penyebab lain dari mata ikan bisa juga dari faktor eksternal seperti memakai sepatu dengan ukuran terlalu longgar atau sepatu yang membuat area kaki tertekan berlebihan.

Jenis-jenis salep mata ikan

Sama seperti obat untuk penyakit kulit lainnya, pengaplikasiannya biasanya dalam bentuk obat oles. Jenis-jenis salep mata ikan yang bisa Anda pilih adalah:

  • Amonium laktat
  • Asam salisilat
  • Tretinoin
  • Triamcinolone

Bagaimana mengobati mata ikan?

Untuk awalnya, mata ikan bisa diatasi dengan merendam kaki di air hangat selama 10-15 menit. Kemudian, gosok dengan batu apung untuk mengikis penebalan kulit.

Tapi hal ini baru bisa terjadi apabila sudah tidak terasa nyeri. Jika masih nyeri, wah jangan coba-coba ya. Lebih baik gunakan salep mata ikan terlebih dahulu. Salep mata ikan mudah ditemukan kok dan banyak dijual bebas di apotek.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *