belajar mengenal huruf

Mudahkan Anak Belajar Mengenal Huruf dengan Cara Ini

Mulai niat mengajarkan anak belajar mengenal huruf agar lebih mudah beradaptasi dengan pelajaran ketika sudah masuk ke sekolah? Niat tersebut tentu baik, namun sebaiknya Anda tidak melakukannya dengan cara yang memaksa anak. Bagaimanapun kebutuhan anak-anak di bawah 5 tahun yang utama adalah bermain. Dari bermain itu pula, dia bisa belajar mengenal berbagai “masalah” dan berusaha untuk mengatasinya. 

Untuk urusan membaca sendiri ketika sudah mulai sekolah, belajar mengenal huruf sedari dini memang menjadi penting. Namun, jangan pula terlalu berambisis mengajari anak belajar huruf dan membaca saat usianya masih terlalu kecil atau di bawah 3 tahun. Cara pengajarannya pun sebaiknya Anda pikirkan agar terlihat menyenangkan, bahkan kalau bisa seperti sedang bermain 

Berikut ini adalah beberapa cara untuk memudahkan si kecil belajar mengenal huruf. Jika Anda konsisten melakukannya, dijamin anak bisa mengenal huruf bahkan membaca dengan lebih cepat. 

Awali dengan Bacakan Cerita 

Sebaiknya, Anda tidak langsung menyajikan anak kumpulan huruf jika Anda berniat untuk mengenalkannya pada alfabet. Hal utama yang mesti Anda bangun adalah ketertarikannya. Untuk menghadirkan antusias tersebut, Anda bisa memancingnya dengan sering membacakan buku cerita. Bacakan cerita buku bergambar dengan ukuran font yang besar. Lama-kelamaan si kecil bukan hanya fokus pada suara Anda saat bercerita, melainkan juga pada gambar dan huruf-huruf yang tersaji di dalamnya. Pada saat itulah, Anda bisa menjawab huruf apa saja yang ditunjuk oleh anak. Anda bisa membacakan cerita ini setidaknya setiap hari, misalnya ketika hendak tidur. 

Ajak Menghias Huruf 

Untuk tahap awal, anak Anda tidak perlu langsung tahu nama huruf yang dikenalkan kepadanya. Yang penting, ia mengenal bentuk-bentuk alfabet terlebih dahulu. Bamyak cara untuk mencapai tujuan ini. Salah satunya, Anda bisa mengajak si kecil menghias atau mewarna gambar-gambar berupa huruf dengan ukuran yang cukup besar. Aktivitas ini tidak hanya merangsang kreativitasnya, melainkan pula mengasah daya ingatnya terkait pola huruf yang dia hias. 

Kenalkan Satu Per Satu 

Ketika anak belajar mengenal huruf secara sekliagus, dia akan mudah bingung dan lupa sehingga tidak ada satu pun huruf yang dia ingat. Lebih baik, Anda mengenalkan anak ke huruf satu demi satu. Ini akan membuatnya lebih berkonsentrasi dan mudah mengingat huruf yang dikenalkan. Anda bisa mengenalkan huruf tersebut lewat gambar pola ataupun dari buku mewarnai. Saat anak sudah hafal dan paham huruf yang dikenalkan, kini saatnya beralih ke huruf berikutnya. 

Mulai dengan Yang Familiar

Anda juga bisa mulai mengajarkan anak belajar mengenal huruf dengan menyajikan nama-nama yang familiar baginya. Contohnya, kenalkan huruf-huruf yang membentuk kata “papa” atau “mama”. Anda juga bisa mengenalkan huruf dengan menyajikan huruf berupa nama atau benda yang sering ia dengar. Dengan begitu, ia akan lebih mengerti konteks dari pembentukan susunan huruf-huruf tersebut dan lebih mudah mengingat. Jadi, tidak melulu harus mengajarkan huruf secara urut tanpa arti, bukan? 

Sajikan Huruf Besar-Kecil 

Ketika mengajari anak belajar mengenal huruf, jangan hanya terpaku pada huruf besar. Soalnya pada kenyataan, kebanakan huruf yang terlihat di sekitarnya berupa huruf kecil. Ya, jadi Anda harus menyajikan huruf kapital maupun kecil tiap kali berusaha mengenalkan alfabet kepada sang buah hati kesayangan. 

Mainkan Gim Cocokkan Huruf 

Mengajari anak dengan bermain bisa sangat efektif membuat anak betah belajar mengenal huruf. Salah satu permainan yang cocok untuk mengajarkan macam-macam alfabet ke si kecil adalah gim mencocokkan huruf. Anda bisa membuat pola huruf yang cukup besar dengan kardus. Masing-masing huruf harus ada dua pola. Potong sedikit bagian huruf di salah satu pola sehingga mirip dengan puzzle. Kini, tugas anak Anda untuk mencocokkan potongan tersebut ke bagian pola yang tidak sempurna. Anak bisa mencontoh dari pola huruf yang tidak dipotong. Tidak sulit, bukan? 

Lakukan Pengulangan Konsisten 

Anak Anda tidak akan langsung mengenal semua huruf hanya dalam sekali sesi belajar. Perlu waktu yang cukup panjang sampai anak benar-benar paham nama dan bentuk dari tiap alfabet. Di sini tugas Anda adalah terus berusaha mengenalkan huruf kepada si kecil lewat berbagai cara yang menyenangkan sampai hasilnya dapat Anda lihat sendiri. 

Jangan takut memulai mengajari anak belajar mengenal huruf. Jangan mudah berputus asa pula apabila anak menolak upaya pengenalan tersebut di tahap-tahap awal, ya. 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *