penyakit keturunan

Perlunya Mengenal dan Mewaspadai Berbagai Penyakit Keturunan

Semua orang tentu mengusahakan agar dirinya senantiasa selalu sehat. Sayangnya, terdapat beberapa penyakit yang sulit dihindari atau dicegah karena tergolong sebagai penyakit keturunan. Penyakit lainnya yang bukan keturunan disebabkan faktor eksternal seperti virus, bakteri, pola hidup, kecelakaan dan lain sebagainya. Sedangkan penyakit keturunan merupakan mutasi genetik yang diturunkan dari orang tua pada anaknya.

Beberapa jenis penyakit keturunan

Penyakit keturunan terbagi menjadi banyak jenis. Berikut ini akan dijelaskan tentang beberapa jenis penyakit keturunan yang umum dialami banyak orang.

  • Hemofilia

Penyakit keturunan yang pertama adalah hemofilia. Penyakit keturunan ini lebih sering menyerang laki-laki daripada perempuan. Hemofilia merupakan penyakit berupa gangguan pembekan darah, sehingga ketika terjadi luka maka pendarahannya akan sulit berhenti.

  • Thalasemia

Thalasemia merupakan berkurangnya hemoglobin dalam sel darah merah seeorang sehingga oksigen sulit didistribusikan ke seluruh tubuh. Pada kasus parah, bayi dengan kondisi thalasemia tidak dapat bertahan hidup setelah dilahirkan. Akan tetapi, harapan hidup penderita thalasemia tetap ada. Seseorang yang mengalami thalasemia umumnya perlu transfusi darah untuk bertahan sebab seringkali terserang anemia.

  • Diabetes tipe 1

Penyakit keturunan lainnya yaitu diabetes tipe 1. Biasanya penyakit ini telah terdeteksi sejak usia dini dan risiko kemunculannya pada anak lebih tinggi apabila kedua orang tua kandung juga menderita penyakit tersebut. Penderita diabetes tipe 1 akan kekurangan hormon insulin dan membutuhkan perawatan khusus.

  • Asma atopik

Asma adalah penyakit kronis pada saluran pernapasan karena adanya peradangan atau penyempitan. Asma atopik merupakan jenis penyakit keturunan yang disebabkan karena alergi. Asma atopik ini lebih dominan terjadi dan diturunkan dari gen garis perempuan atau ibu. Penderita asma biasanya akan terbantu dengan alat bantu napas berupa inhaler atau obat tertentu dari dokter.

  • Alzhemeir

Gangguan otak berupa alzhemeir merupakan penyakit keturunan dan umumnya baru mulai terasa saat usia 60 tahun. Seseorang yang terserang alzhemeir bisa mengalami pikun dan menghambat kegiatan sehari-hari. Meski pada umumnya orang yang terkena alzhemeir berusia lanjut, namun tidak menutup kemungkinan alzhemeir dialami ketika seseorang masih berusia muda.

  • Gangguan mental

Penyakit keturunan terakhir adalah gangguan mental. Beberapa jenis gangguan mental dapat dikategorikan sebagai penyakit keturunan seperti down syndrome, ADHD, skizofrenia, OCD, autisme, dan bipolar. Meski begitu, gangguan mental juga dapat dialami oleh seseorang akibat faktor tertentu terutama tekanan secara psikologis. Hanya saja, jika terdapat riwayat penyakit keturunan gangguan mental maka risiko terkena pun menjadi meningkat.

Hal yang dapat dilakukan

Penyakit keturunan memang sulit dihindari sebab berhubungan dengan genetika. Oleh karena itu, sebaiknya Anda dan pasangan melakukan pemeriksaan kesehatan secara menyeluruh sebelum menikah. Sebelum merencanakan kehamilan, Anda pun sebaiknya melakukan pemeriksaan genetik sehingga dapat mendeteksi tentang kemungkinan adanya penyakit keturunan. Selain itu, waspadai apabila terdapat anggota keluarga sedarah yang memiliki riwayat penyakit keturunan sebab tetap dapat memunculkan risiko anak Anda nantinya mengalami hal yang sama.

Penyakit keturunan berbeda dengan penyakit lain yang disebabkan oleh faktor eksternal. Penyakit keturunan merupakan salah satu yang sulit dihindari sebab berhubungan dengan garis keluarga sedarah. Oleh karena itu, pasien yang menderita penyakit keturunan perlu menerima dan menyadari kondisinya sejak awal. Peran keluarga juga penting guna memberi dukungan dan semangat sehingga pasien dapat menjalani setiap proses pengobatan. Apabila Anda membutuhkan informasi tambahan seputar penyakit keturunan, Anda dapat berkonsultasi melalui aplikasi SehatQ dengan dokter handl dan terpercaya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *