5 HTP

Ternyata 5-HTP Memiliki Banyak Manfaat Bagi Tubuh. Apa Saja?

5-Hydroxytryptophan atau 5-HTP  merupakan produk sampingan kimia dari blok pembangun protein L-tryptophan yang bekerja pada sistem saraf pusat dan otak dengan meningkatkan produksi serotonin. Pada dunia medis, 5-HTP telah berguna untuk mengobati beberapa penyakit terutama yang berhubungan dengan serotonin. 5-HTP dapat diproduksi oleh tubuh namun juga tersedia dalam bentuk suplemen yang terbuat dari biji tanaman Griffonia simplicifolia. Penelitian mengatakan bahwa 5-HTP ternyata membawa berbagai manfaat untuk kesehatan, lho!

Manfaat 5-HTP untuk kesehatan

Beberapa penyakit yang terkait dengan serotonin seperti depresi, obesitas, insomnia, dan lain sebagainya dapat diobati dengan menggunakan 5HTP. Berikut ini akan dijelaskan lebih lengkap mengenai manfaat 5-HTP untuk kesehatan.

  • Membantu penurunan berat badan

Manfaat 5-HTP salah satunya adalah membantu seseorang yang sedang menjalani diet. Untuk menurunkan berat badan, suplemen 5-HTP dapat memberikan rasa kenyang serta mengurangi keinginan untuk makan. Selain itu, 5-HTP juga dapat membantu Anda mengurangi konsumsi karbohidrat dan lemak sehingga lebih mudah mengalami penurunan berat badan.

  • Mengurangi migrain

Migrain merupakan sakit kepala sebelah yang sering tiba-tiba muncul. Saat migrain menyerang, tentu akan terasa mengganggu sebab nyeri yang muncul. Untuk mengurangi migrain tersebut, Anda dapat mengonsumsi suplemen 5-HTP. Meski belum diketahui dengan pasti, namun penyebab migrain dipercaya berhubungan dengan kadar serotonin dalam tubuh yang rendah.

  • Memperbaiki kualitas tidur

Seseorang yang mengalami insomnia serta berbagai gangguan tidur lain dapat mencoba mengonsumsi 5-HTP untuk memperbaiki kualitas tidur. Kombinasi 5-HTP dengan gamma-aminobutirat (GABA) dapat meningkatkan durasi tidur, meningkatkan kualitas tidur, serta mempercepat seseorang untuk terlelap.

  • Membantu mengurangi depresi

Manfaat lain dari 5-HTP adalah mengurangi gejala depresi. Meski banyak faktor yang bisa memicu depresi, penelitian meyakini bahwa kadar serotonin yang rendah dalam tubuh juga dapat menyebabkan depresi. Oleh karena itu, Anda dapat mengonsumsi suplemen 5-HTP untuk membantu mengurangi depresi yang dialami.

  • Meredakan gejala fibromyalgia

Hingga saat ini, penyebab dari fibromyalgia belum diketahui secara pasti. Akan tetapi, kondisi fibromyalgia dapat ditandai dengan tubuh yang terasa lemah dan nyeri tulang serta otot. Beberapa penelitian meyakini bahwa kondisi fibromyalgia berhubungan dengan serotonin dalam tubuh. Oleh  karena itu, untuk meredakan gejala fibromyalgia, suplemen 5-HTP dapat dikonsumsi.

Interaksi dengan obat lain

Penggunaan 5-HTP dengan obat lain perlu disesuaikan dan diwaspadai sebab dapat memunculkan interaksi yang menyebabkan berbagai risiko. Berikut ini beberapa interaksi 5-HTP dengan obat lain yang sebaiknya Anda ketahui.

  1. Interaksi 5-HTP dengan Meperidine (Demerol) dapat menyebabkan terlalu banyak seretonin di otak serta memberi efek samping serius berupa tubuh menggigil, kecemasan, dan masalah jantung.
  2. Interaksi 5-HTP dengan Pentazocine (Talwin) dapat menyebabkan kadar serotonin di tubuh meningkat terlalu tinggi dan berbahaya bagi tubuh.
  3. Interaksi 5-HTP dengan Carbidopa (Lodosyn) dapat mempengaruhi otak serta meningkatkan risiko efek samping berupa bicara cepat, agresivitas, dan kecemasan.
  4. Interaksi 5-HTP dengan Tramadol (Ultram) dapat menyebabkan otak mendapat terlalu banyak serotonin sehingga muncul efek samping seperti otot kaku, menggigil, dan kebingungan.
  5. Interaksi 5-HTP dengan Dekstrometorfan (Robitussin DM dan lainnya) dapat menyebabkan produksi serotonin berlebih dan berbahaya bagi tubuh.

Berbagai efek samping dari 5-HTP dapat muncul seperti diare, muntah, saki perut, dan mual. Untuk itu, pastikan Anda telah mendapat rekomendasi dokter ketika mengonsumsi 5-HTP. Dosis pemberian 5-HTP juga harus tepat sebab jika berlebihan dapat menyebabkan sindrom serotonin dan efek terburuknya adalah kematian. Apabila Anda ingin mengetahui lebih lanjut mengenai 5-HTP, Anda dapat melakukan konsultasi online melalui aplikasi SehatQ.  

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *