Tips Mengonsumsi Kacang Brazil bagi Kesehatan Tubuh

Kacang brazil merupakan jenis kacang-kacangan yang dipercaya mampu memberikan berbagai dampak positif bagi kesehatan. Berbeda dengan jenis kacang lainnya, kacang ini memiliki ukuran yang cukup besar dan memiliki kandungan mineral selenium yang tinggi.

kacang brazil

Kacang jenis ini diperoleh dari pohon Bertholletia excelsa yang dapat ditemukan di wilayah hutan amazon di Brazil, Peru, dan Bolivia. Berdasarkan penelitian, kacang ini mampu menyembuhkan beragam jenis penyakit, seperti peradangan, gangguan pada kelenjar tiroid, kerusakan jantung, dan kerusakan sistem kekebalan tubuh.

Bagaimana cara yang tepat untuk mengonsumsi kacang brazil?

Kacang brazil memiliki tekstur yang lembut dan cita rasa yang khas. Sebagian besar orang mengonsumsi kacang ini secara mentah tanpa diolah terlebih dahulu. Akan tetapi, untuk memperoleh kenikmatan tambahan saat mengonsumsinya, Anda juga bisa mengombinasikan kacang brazil atau mengolahnya ke dalam bentuk makanan lain.

Berikut ini terdapat  beberapa tips yang bisa dilakukan untuk mengonsumsi kacang brazil:

  • Memanggang dengan kompor

Memanggang kacang brazil di atas kompor merupakan salah satu cara yang bisa Anda gunakan untuk mengonsumsinya dengan nikmat. Cara ini cukup praktis dan bisa dilakukan oleh orang awam sekalipun.

Pertama-tama, terbarkan kacang ke dalam satu lapisan luas di atas wajan. Panaskan wajan berisi kacang dengan api sedang selama lima sampai sepuluh menit.

Setiap beberapa menit sekali, pastikan untuk mengaduk kacang agar kacang tidak terbakar. Anda juga bisa mencoba untuk menggoyankang wajan secara berkala untuk menghindari hal ini.

  • Memanggang dengan oven

Selain dengan kompor, kacang brazil panggang juga bisa disajikan dengan menggunakan oven. Metode ini merupakan rekomendasi yang cocok bagi Anda apabila Anda memiliki oven di rumah.

Sebelum mulai memanggang, panaskan oven terlebih dahulu dengan suhu 350°F. Letakkan kacang ke dalam loyang yang telah dilapisi dengan selembar kertas roti. Setelah itu, masukkan loyang berisi kacang ke dalam oven.

Sama seperti memanggang dengan kompor, pangganglah kacang di dalam oven dengan durasi lima sampai sepuluh menit. Setelahnya, angkat loyang dan tambahkan bumbu dapur sesuai selera untuk menambah rasa. Anda bisa menggunakan garam, lada, ataupun jenis rempah-rempah lainnya.

Beberapa orang juga suka untuk menambahkan kacang jenis ini ke dalam hidangan lain, khususnya pada masakan Thailand. Kacang ini juga bisa dicampurkan ke dalam sereal atau oatmeal sebagai menu sarapan.

Bagi Anda yang sedang berdiet, konsumsi kacang brazil juga bisa dicampurkan dengan salad sebagai sumper protein dan lemak. Kacang ini bisa menjadi pengganti dari kacang-kacangan lain yang umumnya dikonsumsi dalam diet sehat, seperti kacang pinus dan susu kacang.

Dimana saya bisa mendapatkan kacang brazil?

Kacang brazil dapat dengan mudah ditemukan di supermarket mana saja. Harganya terbilang sedikit lebih mahal dibandingkan dengan jenis kacang pada umumnya.

Setelah membeli kacang brazil, ingatlah untuk selalu menyimpang kacang ke dalam lemari es untuk meningkatkan ketahanan kacang. Kacang yang tidak disimpang di lemari es memiliki potensi untuk lebih cepat rusak atau membusuk.

Perlu diingat, kacang sebaiknya disimpan di wadah yang tertutup rapat. Segera hentikan konsumsi apabila tekstur kacang mulai terasa lunak dan mengeluarkan bau tengik. Perhatikan juga kondisi ini ketika Anda melakukan pembelian kacang di supermarket. Kacang brazil yang dipanggang memiliki ketahanan lebih lama apabila dibandingkan dengan kacang yang mentah. Selain itu, kacang yang dipanggang juga memiliki lebih banyak kandungan natrium.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *