10 Obat Penghilang Nyeri Otot dan Sendi dari Bahan Alami

Apabila tak suka mengonsumsi tablet untuk mengatasi nyeri otot dan sendi, kita bisa membuat obat penghilang nyeri otot dan sendi sendiri di rumah dengan memanfaatkan bahan-bahan alami. 

Beberapa bahan alami seperti teh hijau, kunyit, peppermint hingga lidah buaya memiliki kandungan anti inflamasi yang efektif meredakan rasa nyeri pada daerah otot dan juga sendi.

Berikut ini pilihan obat penghilang nyeri otot dan sendi yang bisa dibuat dari beberapa bahan-bahan alami. 

Kurkumin

Bahan-bahan yang mengandung kurkumin di antaranya adalah kunyit, jahe, dan juga kayu manis. 

Kurkumin sendiri bersifat anti-inflamasi yang efektif untuk membuat otot jadi lebih rileks dan tidak tegang. 

Selain itu, bahan makanan dengan kandungan kurkumin juga memiliki sifat anti radang yang efektif mengatasi nyeri sendi serta gangguan rematik. 

Kurkumin bekerja dengan cara mencegah produksi sitokin yang merupakan enzim penyebab munculnya inflamasi. Diketahui kandungan kurkumin mirip dengan kandungan ibuprofen dan juga diklofenak. 

Jahe

Jahe juga dikenal memiliki sifat anti-inflamasi yang bisa meredakan nyeri sendi karena peradangan. 

Selain itu, jahe juga dikenal mampu mengatasi nyeri pada penderita osteoarthritis pada pinggul dan juga lutut. 

Chamomile

Chamomile dikenal dengan kandungan flavonoid yang bersifat anti-radang sehingga efektif mengatasi nyeri otot. 

Untuk hasil maksimal, kamu bisa mengonsumsi minuman chamomile dengan cara menyeduhnya dengan air hangat. 

Apabila kamu memiliki minyak esensial dari bunga chamomile, kamu juga bisa langsung mengoleskan pada area yang nyeri. 

Peppermint

Kandungan di dalam peppermint berkhasiat untuk membuat otot jadi lebih rileks dan tidak kaku. Caranya, yakni dengan cara mengoleskan minyak esensial peppermint ini pada bagian otot yang kaku, dan pijat secara perlahan. 

Saat menggunakan peppermint, akan muncul sensasi rasa dingin, sehingga membuat otot semakin rileks dan tidak tegang. 

Lidah buaya

Di dalam lidah buaya, terdapat kandungan anti-radang yang dipercaya bisa meredakan rasa nyeri sendi yang disebabkan oleh osteoarthritis. 

Cara kerjanya yakni dengan menghambat produksi enzim yang memicu munculnya rasa nyeri. Kamu cukup mengoleskan gel lidah buaya pada area kulit yang terasa nyeri. 

Namun, khasiat dari lidah buaya untuk meredakan nyeri sendi masih harus dilakukan penelitian lebih lanjut. 

Teh hijau

Teh hijau kaya akan kandungan epigallocatechin 3-gallate (EGCG) yang memiliki sifat antioksidan dan juga antiradang dan berkhasiat untuk mengatasi radang sendi. Selain itu, teh hijau juga bermanfaat untuk menjaga kesehatan tulang. 

Makanan tinggi vitamin D

Makanan dengan kandungan vitamin D yang tinggi juga dipercaya efektif meredakan nyeri otot, seperti telur, ikan, dan juga susu yang sudah difortifikasi. 

Selain makanan di atas, kandungan vitamin D juga bisa kamu dapatkan dari sinar matahari pagi. 

Nanas

Pada buah nanas, terdapat kandungan bromelain yang efektif untuk meredakan nyeri karena radang sendi, terutama pada rheumatoid arthritis dan osteoarthritis. 

Kamu bisa langsung mengonsumsi nanas namun jangan sampai berlebihan, ya. Sebab hal ini bisa memunculkan efek samping seperti sakit perut dan diare. 

Minyak Borage

Minyak ini memiliki kandungan asam lemak omega-6 yang bersifat anti-inflamasi, sehingga efektif untuk meredakan rasa nyeri pada sendi, terutama pada rheumatoid arthritis. 

Untuk mengatasinya, kamu tinggal mengoleskan minyak borage ini pada bagian tubuh yang mengalami nyeri. 

Blueberry

Blueberry kaya akan kandungan antioksidan yang dipercaya efektif meredakan nyeri pada otot. Selain itu, Blueberry juga memiliki sifat anti-inflamasi, sehingga bisa menurunkan produksi enzim yang menyebabkan rasa nyeri. 

Itu dia beberapa bahan alami yang bisa dijadikan obat penghilang nyeri otot dan sendi. Apabila nyeri otot dan sendi tak kunjung mereda, sebaiknya kamu segera menemui dokter untuk penanganan lebih lanjut, ya. 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *