5 Cara Rumahan untuk Mengatasi Muka Gatal dan Kering

Salah satu penyebab muka gatal adalah kulit wajah yang sangat kering. Kulit wajah kering disebabkan oleh beberapa faktor, termasuk perubahan suhu atau kelembaban, penggunaan sabun berbahan keras, dan kondisi kulit seperti eksim. 

Kulit kering sangat mengganggu karena selain terasa gatal, wajah serasa seperti ketarik, kulit kasar, mengelupas, bahkan berdarah.

Wajah gatal bisa disebabkan oleh kulit kering karena bahan kimia produk tertentu

Penyebab kulit kering

Kulit memproduksi minyak alami yang disebut sebum. Sebum berfungsi untuk menjaga kelembaban kulit dan melindungi dari infeksi. 

Kulit yang menghasilkan terlalu banyak minyak memicu timbulnya jerawat. Sementara itu kulit yang tidak memproduksi cukup sebum bisa menjadi kering. 

Beberapa penyebab kulit wajah kering antara lain:

  • Cuaca dingin
  • Udara kering
  • Paparan bahan kimia keras yang terkandung dalam sabun atau produk lain
  • Mencuci wajah secara berlebihan
  • pH kulit tidak seimbang
  • Penyakit kulit, seperti dermatitis atopik, seboroik, dan psoriasis
  • Diabetes
  • Hipotiroidisme
  • Kebiasaan merokok
  • Terlalu lama terpapar sinar matahari

Mengatasi muka gatal dan kering

Meredakan muka gatal akibat kulit kering harus dimulai dengan mengatasi kulit wajah kering terlebih dahulu. Anda bisa mendapatkan kembali kelembaban kulit dengan cara rumahan berikut ini.

  1. Hindari air panas

Air panas dapat menghilangkan minyak alami. Sebaiknya, gunakan air hangat suam-suam kuku untuk mandi atau mencuci muka. 

Namun terlalu lama berendam di air juga dapat menghilangkan sebum. Menurut American Academy of Dermatology, mandi selama 5 – 10 menit cukup untuk membersihkan seluruh badan sekaligus mencegah kulit kering. 

  1. Cuci muka dengan lembut

Beberapa bahan kimia dalam sabun cuci muka, termasuk pewangi, pewarna, dan pengawet bersifat iritan dan bisa mengiritasi serta membuat kulit lebih kering. 

Sabun cuci muka yang baik adalah yang tidak mengandung bahan seperti:

  • Natrium lauril sulfat (SLS)
  • Minyak mineral, termasuk minyak bumi dan parafin
  • Paraben
  • Diethanolamine (DEA)
  • Monoethanolamine (MEA)
  • Trietanolamin (TEA)

Alih-alih, pilihlah sabun yang mengandung bahan yang mempertahankan kelembaban, seperti lanolin, surfaktan silikon, sulfur trioksida, asam sulfat, dan etilen oksida yang lembut untuk kulit sensitif. 

Anda juga harus membersihkan muka dengan lembut. Jangan gunakan alat tambahan karena dapat  mengiritasi kulit. 

  1. Gunakan pelembab secara rutin

Setelah mencuci muka, kunci kelembaban dengan mengoleskan pelembab. Pelembab wajah harus bebas alkohol dan pewangi karena kedua bahan tersebut dapat mengiritasi kulit. 

Pilihlah pelembab berbahan dasar minyak karena lebih efektif dan tahan lama dalam menghidrasi kulit. Produk berbahan dasar petrolatum adalah salah satu yang terbaik untuk kulit kering atau pecah-pecah. 

Anda juga bisa mencoba pelembab yang mengandung tabir surya agar lebih terlindungi dari paparan sinar matahari. 

  1. Eksfoliasi

Eksfoliasi berguna untuk mengangkat sel kulit mati dan memperbaiki tekstur kulit secara keseluruhan. Penumpukan sel kulit mati membuat kulit terasa kasar, muka gatal, dan menyumbat pori-pori yang memicu jerawat.

Terdapat dua jenis eksfoliator, yaitu bahan mekanis dan kimiawi. Eksfoliator mekanis menggunakan alat bantu (secara fisik) seperti sikat pembersih atau scrub wajah untuk menghilangkan sel kulit mati dari permukaan kulit.

Sementara eksfoliasi kimiawi menggunakan bahan atau zat yang bersifat sebagai eksfoliator. Contoh yang paling umum adalah asam alfa-hidroksi (AHA) dan asam beta-hidroksi (BHA).

Eksfoliasi wajah bisa dilakukan seminggu sekali, dan dilanjutkan dengan mengoleskan pelembab untuk mengunci kelembaban. 

  1. Gunakan humidifier

Terus-terusan berada di ruangan ber-AC dan pemanas ruangan dapat membuat kulit kering dan gatal. Sebagai gantinya, beralih ke humidifier untuk meningkatkan kelembaban udara di dalam ruangan. 

Pastikan untuk rutin membersihkan humidifier agar tidak menjadi sarang bakteri. 

Catatan

Jika cara-cara di atas tidak berhasil, ada baiknya untuk mengunjungi dokter spesialis kulit. Dokter biasanya akan meresepkan salep atau krim topikal untuk meredakan muka gatal dan kering.

Konsultasikan masalah Anda dengan dokter di aplikasi kesehatan SehatQ. Download aplikasinya sekarang di App Store atau Google Play Store.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *