lacidofil obat sembelit

6 Obat Yang Dapat Mengatasi Sembeli Selain Lacidofil

Sembelit adalah masalah pencernaan yang menyebabkan Anda susah buang air besar. Kondisi ini terjadi akibat gerakan usus yang melambat atau fungsi usus bermasalah. Selain susah BAB, feses Anda mungkin akan menjadi keras dan perut terasa kaku karena feses terlalu lama menumpuk di usus. Salah satu cara untuk melancarkan sembelit adalah dengan mengonsumsi obat pencahar seperti Lacodifil.

Banyak hal yang bisa menjadi penyebab sembelit dan salah satunya adalah kurangnya konsumsi makanan berserat atau kurang minum. Meski terdengar sepele, konstipasi tentu dapat mengganggu keseharian. Bila tidak segera ditangani, gangguan pencernaan ini dapat menyebabkan komplikasi serius. 

Selain Lacodifil, berikut ini terdapat beberapa rekomendasi obat yang bisa membantu Anda mengatasi susah buang air besar atau sembelit.

  1. Dulcolax Tablet

Obat pencahar Dulcolax merupakan tipe pencahar stimulan. Obat ini biasanya digunakan dalam rumah sakit untuk mengosongkan usus sebelum operasi. Selain itu, obat pencahar Dulcolax dapat digunakan untuk memberikan rasa lega dari konstipasi yang menyakitkan.

Dulcolax mengandung bahan aktif Bisakodil yang merangsang kerja dan kontraksi usus besar sehingga dapat mengeluarkan feses sekaligus. Tablet ini umumnya bekerja setelah 6-12 jam setelah diminum. Disarankan untuk tidak memberikan obat ini kepada anak dibawah usia 4 tahun.

  1. Lactulax Sirup

Lactulax mengandung Lactulose yang merupakan gula dari senyawa fruktosa dan galaktosa, umumnya dapat ditemukan dalam beberapa jenis makanan. Jenis gula ini membantu meningkatkan kadar air dalam usus besar untuk melunakkan feses. Hasilnya, kamu akan jauh lebih mudah buang air besar.

Sirup pencahar ini dapat digunakan untuk anak-anak maupun dewasa sesuai rekomendasi dosis. Jika digunakan dengan benar, obat Lactulax dapat digunakan untuk jangka waktu yang panjang. Agar lebih efektif, pastikan mengonsumsi banyak air putih dengan obat sembelit tersebut.

  1. Laxadine Sirup

Laxadine memiliki tiga komposisi aktif yaitu Phenolphtalein, Paraffin cair, dan Gliserin. Setiap zat aktif ini dapat mendukung kerja usus dengan melicinkan jalan dan menambahkan volume feses untuk mengobati masalah sembelit.

Walau cenderung aman digunakan, pastikan untuk minum air mineral yang banyak agar tubuh tidak kekurangan cairan dan elektrolit. Untuk ibu hamil, laktasi, anak dibawah 6 tahun, dan lanjut usia sebaiknya tanyakan dokter terlebih dahulu.

  1. Microlax

Obat sembelit Microlax tersedia dalam bentuk tube berisi gel yang dimasukkan melalui dubur atau anus. Biasanya tipe obat ini digunakan untuk mengobati enema, tapi bisa juga mengatasi masalah sulit BAB. Obat ini cocok digunakan oleh anak diatas 3 tahun.

Bahan utama obat pencahar Microlax antara lain natrium lauril sulfoasetat, sorbitol, dan PEG 400. Kombinasi dari bahan tersebut ampuh untuk menurunkan tegangan permukaan feses. Microlax dapat dibeli satuan atau paket yang berisi 3 tabung.

  1. Vegeta Herbal

Suplemen ini menggunakan kombinasi serat dan laksatif alami dari tumbuhan herbal yang efektif melancarkan kerja usus dan membersihkan tubuh dari racun. Cara pengunaanya campurkan satu bungkus vegeta herbal dengan segelas air es, aduk, dan segera diminum. Obat sembelit ini cukup unik dengan rasa anggur merah. 

  1. Maximus Dietary Herbal

Obat sembelit alami yang cukup populer ini menggunakan serat dan ekstrak tanaman Plantago Ovata dan Senna. Obat pencahar Maximus dapat ditemukan secara bebas dan mudah di apotek tanpa perlu resep dokter. Selain mengatasi konstipasi kronis, obat Maximus juga seringkali digunakan untuk mengobati kondisi wasir.

Jadi, itulah 6 rekomendasi obat pencahar yang bisa Anda pilih selain Lacidofil. Obat – obatan ini dapat dengan mudah ditemukan di apotek terdekat maupun di SehatQ. Sebelum membelinya, pastikan Anda memilih obat yang sesuai dengan kondisi dan pahami juga kandungan yang terdapat di dalam kemasannya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *