7 Obat Kembung Ini Bisa Diminum Saat Perut Kosong

Kembung atau penumpukan gas dalam perut bisa membuat penderitanya merasa tidak nyaman. Perut jadi terasa penuh dan begah, terkadang memicu nyeri atau sensasi tertekan pada perut bagian atas.

Perut kembung umumnya merupakan tanda dari masuk angin. Konsumsi antibiotik, makan makanan serat dan minuman berkarbonasi, atau kondisi medis lainnya juga bisa menyebabkan kembung. 

Beberapa obat sakit perut bisa menjadi pilihan cepat dan efektif mengatasi kembung di saat perut kosong. 

Obat kembung yang aman diminum sebelum makan

Berikut rekomendasi obat kembung yang aman diminum kapan saja, termasuk sebelum tidur:

  1. Mylanta

Mylanta Suspensi (cair) dan tablet berkhasiat untuk mengurangi gejala sakit maag, mual, dan muntah. Mylanta juga efektif mengatasi perut kembung sekaligus membantu pengeluaran gas berlebih. 

Mylanta bisa diminum kapanpun, baik saat gejala mulai muncul, setelah makan, atau sebelum tidur.

  1. Promag Tablet

Ada banyak jenis Promag, termasuk Promag tablet, cair, dan Promag Double Action. Ketiganya merupakan obat maag yang juga bisa meredakan perut kembung dan gejala terkait peningkatan asam lambung. 

Promag Tablet merupakan tablet kunyah yang mengandung hidrotalsit, magnesium hidroksida, dan simetikon, dan ketiganya bersifat antiflatulen atau bekerja dengan menetralkan asam lambung. 

Promag tablet bisa dikonsumsi langsung saat gejala muncul atau dua jam setelah makan. Obat ini bisa diminum oleh ibu hamil, tapi sebaiknya berkonsultasi dengan dokter terlebih dahulu sebelum menggunakannya.

  1. Polysilane 

Polysilane merupakan obat golongan antasida yang mengandung bahan aktif alumunium hidroksida, magnesium hidroksida, dan simetikon. Ketiganya bersifat basa sehingga efektif menurunkan tingkat keasaman pada lambung. 

Simetikon pada Polysilane berfungsi untuk menghilangkan kelebihan gas dalam pencernaan yang menyebabkan perut kembung. 

  1. Bufantacid

Bufantacid adalah obat kembung yang dijual bebas dan bisa dibeli di apotek tanpa resep dokter. Bufantacid dapat dikonsumsi oleh anak berusia 6 tahun ke atas untuk meredakan perut kembung dan gejala lainnya yang berkaitan dengan asam lambung. 

  1. Plantacid Forte Suspensi

Plantacid Forte Suspensi adalah obat yang diformulasikan khusus untuk mengatasi maag dan asam lambung. Obat ini dapat mengurangi gejala yang berhubungan dengan peningkatan asam lambung, tukak lambung, tukak usus 12 jari, mual, serta perut kembung. 

Untuk meredakan kembung, minum Plantacid Forte Suspensi dosis 5-10 mL sebanyak tiga kali sehari satu jam sebelum makan, dua jam setelah makan, dan menjelang tidur. 

  1. Polycrol Forte

Polycrol Forte adalah obat kembung sirup yang mengandung tiga bahan aktif yang ampuh menghilangkan gas berlebih di perut, yaitu magnesium hidroksida, alumunium hidroksida, dan simetikon. 

Obat ini juga ampuh untuk mengatasi hiatus hernia, kondisi dimana bagian atas lambung masuk ke rongga dada. Kondisi ini biasanya terjadi pada pasien lanjut usia. 

Polycrol Forte adalah obat kembung yang bisa dikonsumsi baik anak-anak hingga lansia. Kocok obat terlebih dahulu sebelum diminum, dan konsumsi 1 jam sebelum makan, 2 jam setelah makan, atau menjelang tidur. 

Ikuti dosis penggunaan yang tertera pada label kemasan atau sesuai dengan petunjuk dokter. 

  1. Lambucid Suspensi

Lambucid Suspensi merupakan obat golongan antasida yang berkhasiat untuk menetralkan asam lambung. Peningkatan asam lambung dapat mengikis dinding lambung dan menyebabkan kembung. 

Lambucid Suspenci mengandung magnesium hidroksida, alumunium hidroksida, dan simetikon yang tak hanya mengurangi asam lambung, tapi juga efektif meredakan mual, nyeri ulu hati, dan rasa begah di perut. Dapatkan obat kembung dan kebutuhan kesehatan lainnya hanya di toko kesehatan SehatQ.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *