Apakah Masker KF94 Benar-benar Efektif?

Saat kita membicarakan seputar masker, semua orang mungkin setuju bahwa N95 adalah raja dari semua masker. Namun, mengingat Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit merekomendasikan bahwa masker jenis ini hanya boleh digunakan oleh orang-orang yang bekerja di dunia medis, masyarakat awam mungkin tidak bisa menggunakan masker ini. Sehingga, orang-orang beralih dari masker N95  dan menggunakan masker KN95. Namun, sayangnya, ada banyak produk palsu yang ada di pasaran saat ini, sehingga mendapatkan masker kualitas baik sulit untuk dilakukan. Itulah sebabnya mengapa banyak orang-orang yang menggunakan masker KF94 saat ini. 

Masker KF94 adalah masker yang merupakan versi N95 buatan Korea Selatan. Masker ini, yang sedikit berbeda dibandingkan dengan N95 dan KN95, masih dapat menawarkan perlindungan level tinggi. Bukan menjadi hal yang mengherankan apabila tingkat kepopuleran masker ini semakin meningkat di tengah pandemi yang masih menyerang hingga saat sekarang ini. Aaron Collins, seorang insinyur mekanik di Minnesota telah sedang menguji sifat penyaringan yang ditawarkan oleh masker KF94 dan membicarakan seputar manfaat dari masker ini di saluran YouTube yang dimilikinya. Saat ditanya seputar tujuan dari membuat tinjauan tentang masker KF94, Aaron Collins hanya ingin memberitahu publik seputar masker terbaik apa saja yang sedang beredar di pasaran saat ini. 

Salah satu yang disukai Collins tentang masker KF94 adalah proses “screening” masker KF94 yang sangat ketat. Menurut Collins, di Korea Selatan, apabila Anda menempelkan stempel KF94 pada masker dan tidak memenuhi standar yang ada, pemerintah di sana dapat memberikan denda yang sangat besar. Bukan hal yang aneh apabila masyarakat Korea menyukai masker KF94 berkat sistem kualitas yang ditegakkan. Tidak hanya Collins yang memberikan KF94 banyak pujian. Banyak dokter atau petugas kesehatan mengakui keunggulan dari masker jenis ini. 

Lalu sesungguhnya, apa sebenarnya masker KF94 ini? KF merupakan seingkatan dari “Korean Filter”, sementara angka 94 mewakili efisiensi penyaringan, yang berarti seberapa baik masker tersebut dalam menyaring partikel agar tidak masuk ke dalam tubuh, yaitu 94 persen. Pada dasarnya, masker KF94 adalah masker N95, namun perbedaanya adalah masker ini berasal dari Korea Selatan. Sama seperti N95, masker KF94 memiliki “adjustable bridge” yang dapat disesuaikan agar pas di hidung Anda. Masker ini juga memiliki “side flaps” agar pas di wajah. Hal ini dapat membantu menutup jarak di sekitar wajah dan membatasi masuknya udara yang tidak tersaring. KF94 adalah masker sekali pakai, yang saat ini banyak tersedia di Korea Selatan . Maker ini dipakai oleh masyarakat umum di sana untuk melindungi sistem pernapasan Anda dari polusi dan debu. Bersama dengan N95 dan KN95 asli, ketiga masker tersebut merupakan jenis maker terbaik yang dapat digunakan untuk melindungi Anda dan keluarga dari virus COVID-19. 

Perbedaan dengan N95 atau KN95

Masker N95 adalah alat pelindung pernapasan yang didesain untuk menjadi alat penyaring yang paling efisien dalam mencegah partikel di udara masuk ke dalam sistem pernapasan Anda. Masker jenis ini dapat menyaring hingga 95 persen partikel di udara. Dengan angka yang sama, KN95 adalah masker yang dibuat oleh Cina dan menyamai keefisiensian dari masker N95. Masker KF94 juga bekerja dengan cara yang sama, namun hanya menyediakan penyaringan sebesar 94 persen. Penting untuk diketahui bahwa tidak ada perbedaan yang besar antara penyaringan 94 persen dengan 95 persen. 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *