Dokter Anak, Perlukah Anda Memilih Sebelum Melahirkan?

Memilih dokter anak mungkin sama halnya seperti memilih pasangan, yang harus mementingkan kecocokan dalam memilihnya. Pasalnya, dokter anak nantinya adalah tempat Anda berkonsultasi tentang perkembangan dan apapun terkait kesehatan anak. 

Dengang begitu, Anda perlu kenyamanan saat berkonsultasi dengan dokter tersebut. Dokter spesialis anak akan merawat bayi Anda dari kunjungan pertama hingga sama remaja. Lalu, bagaimana cara memilih dokter spesialis anak dan kapan waktu yang tepat untuk mencari sokter spesialis anak?

Kapan Anda harus mencari dokter anak? 

Sebaiknya mulai mencari dokter sekitar 3 bulan sebelum kelahiran bayi Anda. Minta rekomendasi dari kerabat, teman, tetangga, rekan kerja atau siapapun yang benar-benar menggunakan dokter tersebut. Setelah itu, Anda bisa mencari dokter di daerah tempat tinggal Anda atau mencari rekomendasi dari website kesehatan yang ada. 

Lihat ulasan dan penilaian online dari banyak orang, opini dan harapan dari pengulas mungkin berbeda pada tiap orangnya. Tentu saja, dokter bukan satu-satunya yang merawat anak. Anda pun haru mencari rumah sakit yang ramah bagi anak-anak, pun dengan tenaga medis lainnya. 

Apa saja yang dilakukan dokter anak?

Dokter anak akan membantu menjaga kesehatan anak dengan rutin memeriksa tumbuh kembang mereka. Dokter spesialis anak akan membantu mencegah penyakit dengan memberikan vaksin tumbuh kembang dan nasihat kesehatan pada umumnya. 

Dan, ketika anak Anda terluka atau sakit, mereka akan mengobati berbagai macam penyakit dan cedera yang umum. Dokter anak Anda juga orang pertama yang akan melakukan pemeriksaan tahunan, tugas dokter anak lainnya meliputi: 

  • Memberikan anak Anda imunisasi yang direkomendasikan
  • Pastikan anak Anda memenuhi semua perkembangan dalam pertumbuhannya, perilaku, dan keterampilan
  • Diagnosis dan obati penyakit, infeksi, cedera, dan masalah kesehatan lainnya pada anak Anda
  • Memberikan informasi tentang kesehatan, keselamatan, gizi, dan segala kebutuhan perkembangan anak
  • Menjawab pertanyaan Anda tentang tumbuh kembang anak 
  • Merawat anak yang menderita penyakit atau luka ringan, masalah kesehatan akut dan kronis
  • Membantu pertumbuhan dan perkembangan fisiologis dan psikologis

Selain beberapa tugas di atas, dokter anak biasanya memberikan nasihat dan membimbing anak-anak dan orang tua atau wali mereka tentang pola makan, kebersihan, dan pencegahan penyakit. Beberapa pediatric adalah spesialisasi kolaboratif, yaitu dokter anak perawatan primer dapat merujuk pasien ke spesialis medis jika mereka menunjukkan gejala kondisi medis yang serius untuk mengatasi masalah tersebut secara efisien. 

Namun, untuk remaja berusia 11 hingga 21 tahun dapat dirawat oleh spesialis kesehatan remaja. Dokter anak ini akan secara khusus dilatih untuk membantu remaja dan dewasa muda dengan kebutuhan perawatan emosional, perilaku, dan fisik termasuk penyakit yang mengancam jiwa. 

Mengapa Anda membutuhkan dokter anak?

Meskipun dokter keluarga dapat memberikan perawatan rutin untuk Anda, namun ada beberapa keluarga yang juga akan membutuhkan dokter anak secara terpisah. Berikut beberapa alasan untuk mempertimbangkan memilih dokter anak:

  • Dokter anak memiliki pelatihan khusus dalam kebutuhan fisik, emosional, dan perilaku anak
  • Dokter anak hanya melihat anak-anak, jadi mereka sering kali memiliki pengalaman yang lebih luas dalam mengenali dan mengobati penyakit masa kanak-kanak
  • Jika anak Anda lahir lebih awal atau memiliki kondisi kesehatan yang memerlukan pemantauan ketat, dokter anak mungkin akan menawarkan perawatan yang lebih khusus. 

Dokter anak adalah dokter yang merawat bayi, anak-anak, dan remaja. Beberapa dokter anak adalah dokter perawatan primer. Yang lain mengkhususkan diri pada kondisi anak-anak tertentu. Jadi, ada baiknya anak Anda mengunjungi dokter anak saat membutuhkan pemeriksaan kesehatan dan pemeriksaan pertumbuhan serta imunisasi yang diperlukan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *