Hernia Umbilikalis pada Bayi di Operasi Usia 4 Tahun

Hernia Umbilikalis pada Bayi di Operasi Usia 4 Tahun

Sebagian besar kasus hernia umbilikalis pada bayi akan sembuh dengan sendirinya, maka tindakan operasi tidak disarankan pada bayi. Dokter akan menyarankan Anda untuk memantau tonjolan tersebut hingga bayi berusia sekitar 4 tahun.

Terkadang, seorang anak lahir dengan lubang di dinding perut. Masalah ini terjadi saat bayi berkembang selama kehamilan  otot dinding perut tidak sepenuhnya menutup di sekitar organ.

Hernia terjadi ketika usus mulai mendorong melalui lubang. Anda mungkin melihat tonjolan di pusar sepanjang waktu. Atau Anda mungkin hanya menyadarinya ketika anak Anda meregangkan otot-otot itu dengan cara tertentu baik dengan menangis, batuk, atau mengejan saat buang air besar.

Apakah hernia umbilikalis membutuhkan pengobatan?

Hernia umbilikalis mungkin tidak memerlukan perawatan apa pun. Jika ya, operasi dapat memperbaikinya.

Sebagian besar waktu – di lebih dari 90% kasus  hernia pusar sembuh dengan sendirinya saat anak berusia tiga atau empat tahun. Penyedia layanan kesehatan Anda kemungkinan akan merekomendasikan menunggu sampai usia tersebut untuk melakukan operasi.

Anak Anda lebih mungkin membutuhkan pembedahan jika hernia:

  • Dipenjara.
  • Lebih besar dari dua sentimeter, sekitar ¾ inci.

Hernia yang lebih besar dan terkurung cenderung tidak sembuh sendiri dan mungkin memerlukan operasi perbaikan hernia.

Apa itu perbaikan hernia umbilikalis?

Hernia umbilikalis pada bayi maupun pada anak-anak adalah titik lemah alami di dinding perut. Hernia dapat terjadi pada titik lemah ini ketika jaringan keras yang menghubungkan otot-otot di sekitar pusar gagal menutup sepenuhnya setelah lahir. Biasanya, proses penutupan ini selesai selama beberapa hari atau minggu pertama setelah lahir. Kelemahan atau bukaan ini memungkinkan jaringan di sekitar pusar untuk keluar, terutama saat anak menangis atau buang air besar. Terkadang ia kembali ke perut saat anak rileks. Hernia terkandung dalam lapisan atau “kantong”.

Perbaikan hernia pusar dilakukan dengan bius total. Anestesi umum membuat seluruh tubuh anak Anda tertidur dan dibutuhkan untuk pembedahan agar refleksnya benar-benar rileks. Anestesi umum membuat operasi lebih mudah dan aman untuk dilakukan karena anak Anda tidak akan merasakan sakit atau mengingatnya.

Operasi

Setelah anak Anda terdaftar, dia akan dibawa ke “tempat penampungan” di mana Anda akan bertemu dengan ahli anestesi dan ahli bedah Anda. Ahli anestesi pediatrik  dokter spesialis anestesi untuk anak-anak  akan memberikan obat yang akan membuat anak Anda tertidur selama operasi. Saat ini, Anda dapat mengajukan pertanyaan tentang prosedur tersebut.

Setelah pertanyaan dijawab dan ruang operasi disiapkan, anak Anda akan dibawa ke ruang operasi dan diberi anestesi untuk membuatnya tertidur. Saat anak Anda tertidur, operasi akan dimulai.

Berapa lama pemulihan dari hernia umbilikalis?

Hernia umbilikalis pada bayi akan dilakukan operasi pada usia 4 tahun, Kemudian setelah dilakukan operasi ada proses untuk pemulihan. Meskipun anak pulang pada hari yang sama, dia akan sakit selama tiga atau empat hari. Sebagian besar anak membutuhkan Tylenol atau Motrin untuk meredakan nyeri, dan hanya sedikit yang memerlukan resep obat pereda nyeri. Untuk beberapa hari pertama, pasien perlu bersikap santai dan kemungkinan tidak bisa pergi ke penitipan anak atau sekolah. Dalam seminggu, kebanyakan anak merasa baik-baik saja; namun, kami tetap menganjurkan agar mereka menahan diri dari aktivitas fisik yang berat selama beberapa minggu.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *