Jangan Keliru, Ini Cara Memilih Rekomendasi Breast Pads

Banyak wanita menggunakan breast pads untuk melindungi payudara mereka, khususnya di masa kehamilan dan menyusui. Karena ada banyak sekali produk breast pads yang dijual, Anda harus tahu cara memilih rekomendasi breast pads yang tepat.

Sebagai informasi, breast pads adalah lapisan khusus yang diletakkan di dalam bra. Lapisan ini dipasang untuk mencegah cairan yang keluar dari puting membasahi payudara.

Cairan ini dapat berupa apa saja. Misalnya, pada wanita menyusui, cairan bisa berupa susu. Sementara, pada wanita yang menderita infeksi seperti eksim, cairan bisa saja berupa efek samping dari kondisi. 

Memilih rekomendasi breast pads berdasarkan jenisnya

Ketika akan memilih rekomendasi breast pads, Anda perlu mengetahui jenis breast pads yang paling sesuai dengan kebutuhan Anda. Secara umum, berikut ini beberapa jenis breast pads yang cukup umum:

  • Breast pads yang bisa dipakai kembali

Bantalan breast pads jenis ini biasanya bisa dibersihkan setelah dipakai, kemudian digunakan kembali. Breast pads jenis ini lebih ramah lingkungan dan juga lebih terjangkau dari segi harga.

Akan tetapi, Anda harus memastikan bahwa breast pads benar-benar dicuci dengan bersih dan menggunakan sabun cuci yang aman. Jika tidak, penggunaannya bisa menimbulkan efek negatif pada kulit payudara.

  • Breast pads berbahan hidrogel

Breast pads jenis ini secara khusus dirancang bukan untuk menampung cairan yang bocor. Biasanya, ini digunakan untuk mengatasi puting payudara yang mengalami nyeri. Misalnya nyeri akibat menyusui atau nyeri karena kondisi lain di payudara.

Sebelum digunakan, Anda bisa menyimpan breast pads berbahan hidrogel di freezer. Sensasi dingin bisa melegakan dan meredakan nyeri pada area puting.

  • Breast pads sekali pakai

Berbeda dengan breast pads yang bisa dipakai berulan kali, jenis breast pads ini hanya bisa dipakai sekali saja. Rekomendasi breast pads sekali pakai cocok untuk Anda yang akan melakukan perjalanan, karena Anda tidak perlu repot-repot mencucinya.

Di satu sisi, breast pads sekali pakai memang lebih praktis. Namun ini membuat bantalan menjadi lebih tidak ramah lingkungan dan Anda pun harus mengeluarkan lebih banyak uang untuk membelinya dalam jumlah besar. 

  • Breast pads berbahan silikon

Ada juga breast pads dengan bahan pembuatan utama silikon. Cara kerjanya bukan menyerap cairan yang bocor keluar dari puting, melainkan memberi tekanan lembut di payudara untuk mencegah kebocoran.

Breast pads berbahan silikon lembut dan permukaannya lengket. Ini membuat batalannya bisa langsung menempel di payudara Anda sehingga bisa dikenakan tanpa bra. Biasanya, breast pads silikon dipakai ketika berenang. 

  • Breast pads buatan sendiri

Jika Anda ingin lebih berhemat, Anda bisa mencoba membuat breast pads sendiri. Ada banyak bahan rumahan yang bisa Anda gunakan. Misalnya dengan memotong bantalan pada popok atau pembalut wanita sekali pakai.

Potong supaya ukurannya sesuai dengan bra Anda. Anda juga bisa menjahitnya langsung ke bra apabila ingin pemakaiannya lebih nyaman. 

Tapi, saat akan membuat rekomendasi breast pads sendiri, hindari menggunakan bahan-bahan yang terlalu kasar atau berkualitas buruk. Usahakan untuk menggunakan bahan katun karena lebih lembut di kulit dan mampu menyerap kebocoran dengan baik.Itulah beberapa hal yang perlu diperhatikan ketika akan membeli rekomendasi breast pads berdasarkan jenisnya. Tentukan jenis yang paling sesuai dengan kebutuhan serta kenyamanan Anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *