kandungan strawberry

Kandungan Strawberry Bernutrisi Tinggi, Ini 5 Manfaatnya Bagi Kesehatan

Buah stroberi memang termasuk salah satu buah yang jadi favorit banyak orang. Buah dengan rasa asam manis ini bisa dikonsumsi dengan berbagai cara, seperti dikonsumsi langsung, diolah menjadi smoothies, jadi topping cake, dan sebagainya. Selain rasanya yang unik, kandungan strawberry yang kaya nutrisi ternyata juga memiliki manfaat yang menyehatkan.

Kandungan Nutrisi Buah Strawberry

Kandungan stawberry yang paling utama adalah terdiri dari 91 persen air da 7,7 persen karbohidrat. Berikut nutrisi lengkap yang terkandung dalam buah strawberry dalam setiap 100 gramnya.

  • 7,68 gram karbohidrat
  • 90,95 gram air
  • 32 kalori
  • 2 gram serat
  • 4,9 gram gula total
  • 0,3 gram lemak total
  • 0,67 gram protein

Di samping nutrisi makro, ada juga nutrisi lain yaitu vitamn dan mineral yang terkandung dalam buah stroberi. Vitamin dan mineral tersebut di antaranya adalah:

  • Vitamin C

Ternyata kandungan vitamin C dalam buah stroberi lebih banyak dibanding jeruk, yaitu 94 miligram atau setara dengan 1,5 kebutuhan asupan vitamin harian tubuh.

  • Mangan

Mineral yang satu ini biasanya banyak ditemukan pada gandum utuh, buah dan sayur, serta polong-polongan.

  • Kalium

Mineral ini cukup penting dalam tubuh, misalnya untuk mengontrol darah.

  • Folat atau Vitamin B9

Nutrisi ini dibutuhkan tubuh untuk menunjang perkembangan dan pertumbuhan jaringan dan fungsi sel. Asam folat berguna bagi ibu hamil untuk mencegah risiko cacat tabung saraf pada janin dalam kandungan.

  • Antioksidan

Kandungan stroberi seperti pelargonidin, ellagitannins, ellagic acid, serta procyanidins, cukup tinggi dalam buah ini. Antioksidan berguna melindungi sel tubuh dari kerusakan karena radikal bebas yang masuk ke dalam tubuh. Fungsi lain antioksidan ini yaitu untuk melindungi organ hati serta bersifat antiinflamasi.

Ada pula kandungan lain dalam buah ini seperti vitamin B6, vitamin E, vitamin K, magnesium, fosfor, zat besi, dan tembaga.

Manfaat Kesehatan dalam Buah Strawberry

Banyaknya kandungan strowberry berupa minera dan vitamin, maka tak heran jika buah berwarna merah ini memiliki banyak manfaat bagi kesehatan. Apa saja? Simak penjelasan berikut ini.

  • Mengontrol Gula Darah

Mengonsumsi buah strobei disebut bisa memperlambat proses pencernaan glukosa. Selain itu, strawberry dapat mengurangi peningkatan gula darah dan kadar insuli setelah konsumsi karbohidrat turun drastis.

Itulah kenapa buah strawberry disebut bermanfaat untuk mencegah penyakit diabetes tipe 2 dan sindrom metabolik.

  • Mencegah Kanker

Zat antioksidan dalam kandungan stawberry dapat melawan kerusakan sel karena radikal bebas. Selain itu, antioksidan juga berguna mencegah pembentukan sel kanker dalam tubuh, hingga membunuhnya.

Dikonsumsi langsung maupun diolah, kandungan antioksidan dalam buah strobei ini  tetap tinggi dan manfaatnya mencegah kanker tidak hilang. Strawberry juga disebut bisa mencegah kanker darah atau leukimia, menghambat kanker kulit, hati, payudara, hingga prostat.

  • Mencegah Penyakit Jantung

Kandungan berbagai nutrisi seperti karbohidrat, folat, kadar vitamin yang tinggi, hingga serat membuat buah strobei efektif mencegah penyakit jantung dan mengurangi kadar kolesterol dalam tubuh.

Buah stroberi juga disebut dapat meningkatkan status antioksidan dalam darah, meredakan stres oksidatif, peradangan, serta meningkatkan fungsi pembuluh darah dalam tubuh seseorang.

  • Mengontrol Tekanan Darah

Buah strawberry juga dapat menekan atau mengatasi tekanan darah tinggi karena adanya kandungan zat besi dan kalium di dalamnya. Sehingga dengan konsumsi buah mungil ini bisa membuat tekanan darah Anda kembali normal.

  • Menjaga Kesehatan dan Fungsi Otak

Radikal bebas yang masuk dalam tubuh bisa mengancam  kesehatan. Selain menyebabkan penuaan dini, radikal bebas juga bisa mengancam kondisi fungsi otak. Untuk mencegah kondisi tersebut terjadi dan otak tetap terjaga kesehatannya, Anda bisa mengonsumsi buah stroberi.

Mengonsumsi strawberry juga bisa menjaga kesehatan kulit dan mata, memutihkan gigi, mengobati jerawat, serta membuat nafas lebih segar.

Kandungan strawberry memang tinggi vitamin dan mineral. Selain rasanya juga enak, stroberi juga bermanfaat bagi kesehatan tubuh.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *