Kesulitan Bernapas? Dapatkan Perawatan Metro Hospitals Cikarang Secepatnya

Mengalami kesulitan bernapas dapat digambarkan dengan rasa tidak nyaman saat bernapas dan perasaan seperti Anda tidak bisa menarik napas dalam-dalam. Kondisi ini dapat terjadi secara tiba-tiba atau berkembang secara perlahan. Gangguan pernapasan ringan, misalnya akibat kelelahan setelah Anda menjalani kelas aerobik, tidak masuk ke dalam kelas aerobik ini. Kesulitan bernapas dapat disebabkan oleh berbagai kondisi yang berbeda. Kondisi ini juga dapat berkembang sebagai hasil dari stres dan kecemasan. Penting untuk diketahui bahwa episode sesak napas terus menerus atau tiba-tiba, kesulitan bernapas intens dapat menjadi tanda gangguan kesehatan serius yang membutuhkan perhatian medis. Anda perlu mendiskusikan gangguan pernapasan apapun dengan dokter Metro Hospitals Cikarang

Kondisi paru-paru yang dapat menyebabkan kesulitan bernapas

Ada beberapa kondisi paru-paru yang dapat menyebabkan Anda mengalami kesulitan bernapas. Kebanyakan dari kondisi ini membutuhkan perawatan medis Metro Hospitals Cikarang segera. 

  • Asma. Asma adalah sebuah peradangan dan penyempitan saluran udara yang dapat menyebabkan sesak napas, mengi, dada yang sesak, dan batuk. Asma adalah sebuah kondisi yang umum dijumpai dengan tingkat keparahan yang beragam. 
  • Pneumonia. Ini adalah infeksi paru-paru yang dapat menyebabkan peradangan dan penumpukan cairan dan nanah di paru-paru. Kebanyakan jenis pneumonia menular. Pneumonia dapat menjadi kondisi yang mengancam nyawa, sehingga perawatan segera sangat penting. Beberapa gejala yang perlu diwaspadai di antaranya adalah sesak napas, batuk, nyeri dada, tubuh menggigil, berkeringat, demam, nyeri otot, dan kelelahan. 
  • Penyakit paru obstruktif kronis (COPD). Ini merupakan sebuah kelompok penyakit yang dapat menyebabkan menurunnya fungsi paru-paru. Gejala dan tanda lain di antaranya adalah mengi, batuk konstan, meningkatnya produksi lendir, level oksigen yang menurun, dan sesak dada. Emphysema sering disebabkan karena merokok aktif secara bertahun-tahun masuk ke dalam kategori penyakit ini. 
  • Pulmonary embolism. Adalah penyumbatan di satu atau lebih areri yang menuju ke paru-paru. Kondisi ini sering disebabkan karena penggumpalan darah dari seluruh tubuh, misalnya dari kaki dan pelvis, yang menuju ke paru-paru. Kondisi ini dapat mengancam nyawa dan membutuhkan perhatian medis Metro Hospitals Cikarang secepatnya. Gejala lain di antaranya adalah pembengkakan pada kaki, nyeri dada, batuk, mengi, terus menerus berkeringat, detak jantung yang tidak normal, pusing, hilangnya kesadaran, dan warna kebiruan pada kulit. 
  • Pulmonary hypertension. Ini adalah tekanan darah tinggi yang memengaruhi arteri di paru-paru. Kondisi ini sering disebabkan karena penyempitan dan pengerasan arteri dan dapat menyebabkan kegagalan jantung. Gejala kondisi ini berawal dari nyeri dada, sesak napas, kesulitan saat berolahraga, dan rasa lelah ekstrim. Setelah beberapa waktu, gejala dapat mirip dengan gejala akibat pulmonary embolism. Kebanyakan orang dengan kondisi ini akan menyadari kondisi sesak napas mereka berubah menjadi lebih parah. Nyeri dada, sesak napas, dan hilangnya kesadaran merupakan gejala yang perlu mendapatkan atensi medis Metro Hospitals Cikarang secepatnya. 
  • Croup. Ini adalah sebuah kondisi pernapasan yang disebabkan karena infeksi virus akut. Kondisi ini ditandai dengan batuk “menggonggong” yang khas. Hubungi dokter Metro Hospitals Cikarang apabila Anda atau anak memiliki gejala ini. Anak-anak usia 6 bulan hingga 3 tahun paling rentan menderita kondisi ini. 

Beberapa kondisi kesulitan bernapas merupakan gejala penyakit jantung dan paru-paru serius. Dalam kasus ini, dokter Metro Hospitals Cikarang akan meresepkan obat-obatan dan perawatan lain. Apabila Anda memiliki asma, misalnya, Anda mungkin perlu menggunakan “inhaler” secepatnya setelah menderita gangguan pernapasan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *