Ketahui Prosedur USG Prostat di Klinik Prodia Kudus

USG prostat atau yang kerap disebut sebagai sonografi prostat merupakan suatu tes yang dapat menghasilkan gambar hitam putih dari prostat. USG prostat yang merupakan salah satu layanan di Klinik Prodia Kudus ini dilakukan menggunakan alat yang dapat memantulkan gelombang suara dari jaringan tubuh. Tes USG prostat digunakan untuk mengetahui atau memeriksa kondisi prostat apakah ada kelainan, kanker, atau kondisi terkait prostat lainnya.

Tes ini aman dan dapat dilakukan dalam waktu kurang dari satu jam. Ini membantu dokter Anda mengidentifikasi kemungkinan kondisi prostat sebelum menjadi lebih serius atau tidak terkendali.

Kegunaan USG Prostat

USG prostat yang merupakan salah satu layanan dari Klinik Prodia Kudus digunakan untuk memeriksa kelenjar prostat, dengan menggunakan citra ultrasound. Prosedur ini dapat memberi dokter informasi melalui gambar hitam-putih dari prostat dan jaringan di sekitarnya. Dokter biasanya tidak akan melakukan USG prostat sebagai bagian dari pemeriksaan fisik, tetapi mereka mungkin merekomendasikannya jika:

  • Anda berusia lebih dari 40 tahun
  • Anda melihat atau mengalami  gejala yang tidak biasa
  • Anda berisiko terkena kanker prostat.

Selain itu, dokter juga dapat melakukan USG prostat jika mereka menemukan kelainan selama pemeriksaan dubur .

Beberapa gejala yang mungkin mendorong dokter untuk merekomendasikan Anda melakukan USG prostat meliputi:

  • kesulitan buang air kecil
  • terdapat darah dalam urin 
  • terdapat benjolan atau nodul (kelebihan jaringan) di sekitar dubur 
  • hasil yang abnormal dari tes darah atau urin
  • jumlah sperma rendah (ditentukan menggunakan tes kesuburan)

Ultrasonografi prostat juga dapat digunakan untuk membantu dokter mengambil sampel jaringan, atau biopsi, dari prostat.

Prosedur USG Prostat

Saat tiba di fasilitas untuk tes USG prostat, teknisi USG prostat mungkin akan meminta Anda untuk melepas pakaian dan menggantinya dengan gaun khusus. Kemudian, teknisi akan meminta Anda untuk berbaring telentang atau menyamping di meja pemeriksaan dan menekuk lutut.

Untuk melakukan USG transrektal (TRUS), teknisi akan menutupi alat pencitraan kecil yang disebut transduser dengan menggunakan gel ultrasound yang digunakan untuk membantu alat agar menampilkan gambar yang bagus. Kemudian, teknisi perlahan memasukkan transduser ke dalam rektum dan menggerakkannya dengan lembut untuk mendapatkan gambar prostat dari berbagai sudut. Untuk tindakan biopsi, teknisi perlahan akan memasukkan jarum di samping transduser ke prostat untuk mengangkat jaringan.

Saat dilaksanakan USG prostat, rektum mungkin terasa seperti bengkak saat transduser berada di dalam, dan gel bisa terasa lembap dan dingin. Oleh karena itu, beri tahu teknisi jika Anda merasa tidak nyaman selama prosedur pemeriksaan. Teknisi mungkin akan menggunakan anestesi lokal atau obat penenang untuk membantu Anda merasa lebih nyaman.

Setelah tes selesai, Anda dapat melepas gaun khusus yang sebelumnya dikenakan dan mengenakan kembali pakaian Anda. Rektum mungkin terasa lunak selama beberapa hari, tetapi Anda tidak perlu mengikuti instruksi perawatan khusus apa pun. Dokter mungkin akan memberi resep antibiotik untuk mencegah infeksi.

Dalam beberapa kasus, dokter atau teknisi bisa meminta Anda untuk menunggu di fasilitas sampai hasil telah tersedia. Anda biasanya harus menunggu beberapa hari hingga ahli radiologi melihat gambar dan mendiagnosis kondisi apa pun. Tergantung di mana tes dilakukan, Anda dapat menunggu hingga dua minggu untuk hasilnya.

Dokter biasanya akan menjadwalkan janji temu lanjutan untuk mendiskusikan hasil tes yang telah Anda lakukan. Jika terdapat kelainan pada kondisi yang terlihat pada gambar, dokter akan menunjukkan area tersebut. Jaringan berlebih, pembesaran prostat, atau tumor kanker akan muncul pada hasil gambar ultrasound sebagai area putih terang yang mewakili jaringan padat.

Untuk Anda yang memerlukan prosedur USG prostat, Anda bisa mendapatkannya di rumah sakit atau klinik terdekat di rumah Anda seperti Klinik Prodia Kudus yang berlokasi di Jalan Kyai H. Wachid Hasyim No. 75, Krajan, Panjunan, Kec. Kota Kudus, Kabupaten Kudus, Jawa Tengah 59313. Klinik Prodia Kudus memiliki jam operasional yaitu Senin sampai Sabtu pukul 07.00-17.00.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *