Manfaat serta Penggunaan Paramex Nyeri Otot

Paramex nyeri otot adalah obat dengan kandungan kombinasi 350mg paracetamol dan 200mg ibuprofen. Kombinasi obat ini mampu meredakan beberapa gejala diantaranya:

-meringankan nyeri sendi

-nyeri otot

-sakit punggung

-pegal linu

Namun diluar itu, Paramex nyeri otot juga punya kemampuan meringankan gejala berupa:

-demam disertai nyeri akibat flu 

-meredakan sakit kepala serta migrain 

-sakit gigi

-sakit teliga

-nyeri haid

-nyeri pasca operasi.

Bagaimana anjuran minumnya?

Paramex nyeri otot dapat diminum sesuai aturan pakai yang sudah tertera pada kemasan, yaitu diminum 1 tablet, 3-4 kali perhari sesudah makan.

Karena mengandung dosis 320mg untuk paracematol dan 200mg ibuprofen, obat ini dapat diminum dalam selang waktu 4-6 jam.

Aman dikonsumsi bagi orang dewasa, tapi tidak dianjurkan untuk digunakan oleh anak-anak terkecuali terdapat anjuran dari dokter.

Peringatan sebelum mengkonsumsi paramex nyeri otot:

-pastikan penderita tidak memiliki alergi terhadap obat dengan kandungan paracetamol dan ibuprofen. Ditakutkan akan menghasilkan gejala gatal dan ruam pada kulit.

-bagi penderita gangguan fungsi hati, riwayat gagal jantung, gagal ginjal, hipertensi, stroke, atau asma sebelumnya sebaiknya konsultasikan terlebih dahulu pada dokter

-jika mempunyai riwatat pendarahan pada lambung, pastika mengkonsumsinya sesuai anjuran

-jangan minum bersamaan dengan alkohol, terlebih pada penderita gangguan fungsi hati karena akan memperparah keadaan fungsi hati.

-dapat menyebabkan kantuk, hindari penggunaan saat hendak melakukan perjalanan yang mengharuskan penderita berkendara.

-obat ini termasuk dalam kategori B (tidak beresiko pada janin terhadap beberapa penelitian) tapi untuk lebih amannya konsultasikan kedokter apakah obat ini aman dikonsumsi saat sedang hamil. 

-bagi Ibu menyusui dianjurkan untuk konsultasikan terlebih dahulu pada dokter sebelum mengkomsumsinya untuk mengetahui pasti apakah obat ini aman saat terserap ASI atau tidak.

-anak-anak dibawah 16 tahun dilarang mengkonsumsi obat ini (aman untuk orang dewasa)

-orang dengan berat badan yang sangat rendah, harus mengkonsultasikannya kedokter terlebih dahulu sebelum meminum obat ini.

Adakah efek samping yang dihasilkan?

Umumnya obat ini jarang menimbulkan efek samping yang berarti, namun bagi penderita yang mengkonsumsinya dengan tidak sesuai aturan bisa menyebabkan efek samping seperti:

-perut kembung

-mual muntah

-urine berwarna lebih gelap

-detak jantung yang lebih cepat atau lebih lambat

-keringat dingin

-perubahaan mood

-gatal pada kulit

Efek diatas adalah contoh efek ringan yang ditimbulkan. Bila obat ini digunakan dalam jangka panjang ditakutkan akan memunculkan gejala berupa kerusakan hati dan ginjal, serta overdosis.

Inilah sebabnya mengapa obat seperti ini tidak bisa dijadikan obat rutin. Setelah gejala sakit yang dikeluhkan hilang, berhentikan penggunaan paramex nyeri otot pada penggunaan obat harian.

Paramex nyeri otot dijual dengan harga Rp1.600-Rp4.800 perstripnya.

Obat ini adalah obat dengan indikasi ringan yang dapat diminum dengan tidak menggunakan resep dokter, namun jika terdapat gejala atau keluhan tak biasa setelah meminumnya, berhentikan penggunaan obat dan konsultasikan segera pada dokter.

Adakah obat yang mungkin terindikasi dari paramex nyeri otot?

Obat ini umumnya aman dikonsumsi dengan obat lain, terlebih dengan antibiotik. Tapi amannya konsultasikan pada dokter mengenai hal tersebut. Obat yang perlu dihindari untuk mengkonsumsinya bersamaan:

-obat dengan indikasi pengencer darah seperti warfarin, kandungan paracetamol didalam paramex ditakutkan akan meningkatkan resiko pendarahan.

-obat dengan indikasi khusus untuk mengobati epilepsi seperti carbamazepine, penytoin, phenobarbital, cholestyramine, karena akan mengganggu efektivitas obat

Cara penyimpanan obat: 

Simpan ditempat yang sejuk dan jauhkan dari sinar matahari langsung. Jangan lupa untuk selalu periksakan masa kadaluarsa obat sebelum meminumnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *