Mirip Buah Lengkeng, Ini Manfaat Buah Matoa

Manfaat buah matoa asal papua ini dipercaya bisa mengatasi masalah pencernaan

Buah matoa merupakan salah satu buah eksotis yang ditemukan pada negara-negara tropis, seperti di Indonesia. Ada banyak sekali manfaat buah matoa yang baik bagi kesehatan, sayangnya tidak banyak orang yang tahu mengenai buah ini.

Sekilas, matoa tampak serupa dengan buah lengkeng. Matoa sebenarnya memang masih sejenis dengan lengkeng. Hanya saja, rasa dari matoa cenderung lebih manis dan umumnya ditemukan di Papua. 

Manfaat buah matoa bagi kesehatan

Sebagai salah satu jenis buah, matoa mengandung banyak sekali nutrisi di dalamnya. Dari nutrisi-nutrisi tersebut, Anda akan mendapatkan manfaat matoa berupa: 

  • Menurunkan tekanan darah tinggi

Mengonsumsi matoa bisa membantu untuk menurunkan atau mengontrol tekanan darah yang tinggi. Buah ini mengandung senyawa aktif yang bersifat diuretik, yaitu senyawa yang bekerja dengan meningkatkan kadar cairan yang dikeluarkan oleh tubuh.

Semakin banyak cairan yang dikeluarkan dari tubuh, apalagi cairan dari pembuluh darah, maka tekanan darah akan semakin menurun. Inilah yang membuat buah matoa cocok bagi Anda yang menderita hipertensi. 

  • Meningkatkan kesuburan

Jika Anda dan pasangan menghadapi masalah kesuburan, maka cobalah menggunakan buah matoa sebagai salah satu pengobatan alami. Karena, manfaat buah matoa lainnya adalah untuk meningkatkan kesuburan.

Di dalam buah matoa, terdapat kandungan vitamin E. Vitamin E ini sangat penting bagi kesehatan tubuh dan berkontribusi juga untuk meningkatkan kesuburan. Bahkan, penelitian telah membuktikan bahwa konsumsi buah matoa mampu memaksimalkan siklus ovulasi pada wanita. 

  • Menjaga kesehatan pencernaan

Di dalam buah matoa, ada senyawa berupa antioksidan yang memiliki berbagai manfaat positif bagi tubuh. Salah satunya adalah berkontribusi dalam melancarkan sistem pencernaan. 

Antioksidan ini juga mampu meningkatkan produksi bakteir baik di alam usus, sehingga proses pencernaan pun semakin maksimal. Pertumbuhan bakteri-bakteri jahat di saluran pencernaan pun akan dicegah dengan antioksidan dari matoa. 

  • Membuat kulit lebih sehat

Bukan hanya berdampak pada organ-organ di dalam tubuh, Anda juga bisa merasakan manfaat buah matoa pada kulit Anda. Buah ini dipercaya bisa menjaga kesehatan kulit, membuat kulit tampak lebih menarik dan awet muda.

Kandungan di dalam buah matoa mampu memperbaiki kerusakan kulit yang terjadi akibat paparan sinar matahari berlebih. Selain itu, ada juga kandungan vitamin C dan vitamin E dari matoa yang bisa membuat kulit menjadi lebih elastis. 

  • Meningkatkan sistem kekebalan tubuh

Seperti yang disebutkan di poin sebelumnya, buah matoa juga mengandung vitamin C. Vitamin C adalah sumber vitamin yang sangat esensial untuk mendukung kekebalan tubuh. Inilah salah satu manfaat buah matoa bagi kesehatan Anda.

Dengan kekebalan tubuh yang kuat, Anda akan terlindungi dari berbagai ancaman penyakit. Ini membuat buah matoa cocok dikonsumsi apabila Anda ingin terhindar dari berbagai penyakit.

  • Menurunkan risiko terkena kanker

Beberapa jenis kanker bisa dicegah dengan rutin mengonsumsi buah matoa. Kemampuan ini berasal dari senyawa aktif di dalam matoa yang dipercaya mampu menurunkan risiko beberapa jenis kanker.

Senyawa tersebut juga bekerja bersamaan dengan antioksidan untuk menangkal radikal bebas. Menurut penelitian, radikal bebas yang berlebih di dalam tubuh bisa meningkatkan risiko kerusakan sel dan menyebabkan kanker. Itulah berbagai macam manfaat buah matoa yang mungkin akan dirasakan setelah mengonsumsinya. Buah ini tergolong sebagai buah eksotis yang unik dan terbatas, sehingga sulit untuk didapatkan. Tapi, ada banyak buah matoa yang tersedia di toko-toko online.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *