Pahami Cara Pakai Masker Medis yang Benar

masker medis

Masker menjadi senjata untuk meminimalkan penyebaran virus Covid 19. Dari berbagai jenis masker, masker medis menjadi salah satu jenis masker yang paling dicari karena mampu menangkal penyebaran virus sampai 90 persen lebih. 

Namun, tentunya kemampuan masker medis untuk menangkal penyebaran virus baru bisa terjadi jika Anda memakainya dengan tepat. Sebaliknya jika Anda asal memakainya, risiko terpapar virus corona baru tetaplah besar. 

Tidak sulit memasang masker medis secara benar ke wajah Anda. Berikur ini adalah langkah-langkah memasang masker medis yang efektif menangkal jalur penyebaran virus Covid 19 agar Anda tidak mudah terpapar. 

  1. Awali dengan Cuci Tangan 

Ingatlah, ketika Anda memakaikan masker medis ke wajah dengan tangan yang terpapar virus Covid 19, kemungkinan virus tersebut berpindah ke area mulut dan hidung sehingga menginfeksi tubuh semakin besar. Untuk itu, biasakanlah mencuci tangan terlebih dahulu sebelum memasang masker medis. Lakukan langkah cuci tangan sesuai standar World Health Organization, di mana seluruh permukaan tangan terkena air dan sabun serta memiliki durasi minimal 20 detik. Setela itu, jangan lupa untuk mengeringkan tangan agar masker medis tidak lembap. 

  1. Sisi Berwarna di Luar 

Masih banyak orang yang sering bingung menentukan sisi masker yang berwarna atau yang putih yang seharusnya berada di sisi luar. Tidak jarang orang berpikiran semua sisi sama saja. Jangan sampai Anda seperti itu. Pastikan Anda memakai masker dengan sisi berwarna di bagian luar. Sisi tersebut menahan air, partikel, dan virus untuk masuk bagian dalam masker. Sebaliknya ketika memakai bagian putih di luar, sifat sisi ini menyerap sehingga masker akan cepat lembap dan meresapkan partikel yang mungkin saja mengandung virus ataupun bakteri. 

  1. Hindari Memegang Sisi Masker 

Ketika memakai maupun melepas masker medis, sebaiknya Anda tidak memegang bagian sisi masker, baik untuk bagian luar atau bagian dalam. Bagian masker yang bisa Anda peganmg hanyalah di tali pengait ataupun pita elastis. 

  1. Bentuk Lekuk di Hidung 

Masker medis rata-rata memiliki strip atau logam sebagai penyangga hidup. Pastikan ketika Anda memakai jenis masker ini, strip tersebut tepat berada di batang hidung Anda tidak tidak menyisakan rongga. Anda sebaiknya menekan strip tersebut dengan jari untuk menyesuaikannya dengan bentuk lekuk hidung Anda. Dengan demikian, masker medis pun akan menutup area atas hidung dengan rapat. 

  1. Tutupi Sampai Dagu 

Bagaimana masker medis menutupi wajah Anda selama ini? Jika masker medis hanya menutup area hidung dan mulut, Anda salah besar karena efektivitas masker menangkal virus bisa menjadi sangat rendah. Pemakaian masker medis yang benar adalah menarik masker sampai ke bagian bawah dagu ketika memakainya sehingga tidak menyisakan rongga bawah yang menjadi lubang ke arah mulut. 

  1. Jangan Sungkan Mengganti 

Jangan berpikiran untuk menghemat penggunaan masker medis yang bersifat sekali pakai dengan menggunakannya secara berlama-lama. Maksimal waktu penggunaan sebuah masker medis adalah 4 jam. Setelah itu, Anda wajib menggantinya. Masker medis juga harus langsung diganti apabila kotor atau lembap. 

  1. Akhiri dengan Cuci Tangan 

Bukan hanya ketika mau memakai masker medis, Anda harus mencuci tangan. Selesai memakai dan melepaskan masker medis, Anda pun wajin mencuci tangan sesuai dengan anjuran cuci tangan yang benar. Ini guna mencegah menempelnya virus dan bakteri dari sisi masker ke tangan Anda ketika proses pelepasan. 

Selain memakai masker medis, Anda juga harus menjalankan protokol kesehatan lainnya guna menekan tingkat penyebaran virus corona barulah. Sesering mungkin mencuci tangan dan selalu menjaga jarak tidak boleh terlupa!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *