Panduan Memilih Rapid Test Jakarta Barat.

Pengujian untuk virus corona telah sangat banyak diberitakan. Fokus pertama dan paling mendesak adalah meningkatkan akses ke tes untuk mendiagnosis orang dengan infeksi saat ini. Tapi sekarang tes lain muncul juga. Tes antibodi, yang dapat mengidentifikasi orang dengan tanda-tanda infeksi, ada berbagai pilihan test Covid-19 seperti rapid test Jakarta barat

Berikut adalah panduan cepat untuk memilah plus dan minus untuk setiap jenis tes.

Tes diagnostik atau PCR

Fungsinya: Dokter menggunakan tes ini untuk mendiagnosis orang yang saat ini sakit dengan COVID-19. Ini adalah salah satu yang kita telah mendengar begitu banyak tentang.

Cara kerjanya: Tes ini menggunakan sampel lendir yang biasanya diambil dari hidung atau tenggorokan seseorang. Tes ini juga dapat bekerja pada air liur – itu sedang diselidiki. Ia mencari materi genetik virus corona. Tes ini menggunakan teknologi yang disebut PCR (polymerase chain reaction), yang sangat menguatkan materi genetik virus jika ada. Materi itu dapat dideteksi ketika seseorang terinfeksi secara aktif.

Seberapa akurat: Secara umum, ini adalah tes yang paling dapat diandalkan. Namun, beberapa hari mungkin berlalu sebelum virus mulai bereplikasi di tenggorokan dan hidung, sehingga tes tidak akan mengidentifikasi seseorang yang baru saja terinfeksi. Dan penyeka terkadang gagal mendeteksi tanda-tanda infeksi aktif.

Seberapa cepat: Sampel ini biasanya dikirim ke laboratorium terpusat untuk dianalisis, sehingga perlu waktu beberapa hari untuk mendapatkan hasilnya kembali. Waktu tunggu lebih lama di awal pandemi karena backlog pengujian. Ada juga dua tes PCR cepat, yang dapat dijalankan pada peralatan khusus yang sudah didistribusikan secara luas di seluruh AS. Tes tercepat, oleh Abbott Laboratories, dapat memberikan hasil dalam 13 menit, tetapi satu studi menunjukkan tes ini dapat melewatkan lebih dari 10% kasus.

Tes antibodi

Fungsinya: Tes antibodi mengidentifikasi orang yang sebelumnya telah terinfeksi virus corona. Mereka tidak menunjukkan apakah seseorang saat ini terinfeksi. Ini terutama cara yang baik untuk melacak penyebaran virus corona melalui suatu populasi.

Cara kerjanya: Ini adalah tes darah. Ia mencari antibodi terhadap virus corona. Tubuh Anda memproduksi antibodi sebagai respons terhadap agen infeksi seperti virus. Antibodi ini umumnya muncul setelah empat hari hingga lebih dari seminggu setelah infeksi, sehingga tidak digunakan untuk mendiagnosis penyakit saat ini.

Seberapa akurat: Ada lebih dari 120 tes antibodi di pasaran. Food and Drug Administration telah mengizinkan mereka untuk dipasarkan tanpa otorisasi FDA, dan kualitas menjadi perhatian besar. Beberapa tes telah secara sukarela diserahkan ke persetujuan FDA tambahan. Tes lain sedang divalidasi oleh laboratorium medis individu atau peneliti universitas.

Secara umum, tes ini tidak cukup andal bagi individu untuk bertindak berdasarkan hasil. Dan para peneliti mengatakan, bahkan jika Anda yakin Anda memiliki antibodi terhadap virus corona, masih belum diketahui apakah itu melindungi Anda dari sakit lagi. Namun, tes ini dapat memberikan informasi yang baik tentang tingkat infeksi di komunitas, di mana kesalahan dalam hasil individu memiliki dampak yang lebih kecil. Di Jakarta ada beberapa pilihan rapid test Jakarta barat salah satunya tes antibodi ini. 

Seberapa cepat: Tes ini umumnya memberikan hasil dalam beberapa menit, berdasarkan setetes darah yang diambil dari jari. Beberapa laboratorium penelitian menggunakan tes antibodi yang lebih canggih, yang disebut Elisa (Enzyme-linked immunoassay) yang lebih akurat tetapi tidak tersedia secara luas.

Tes antigen

Fungsinya: Tes ini mengidentifikasi orang yang saat ini terinfeksi virus corona. Ini dapat digunakan sebagai tes cepat untuk mendeteksi infeksi aktif. Awalnya tidak akan digunakan untuk mendiagnosis penyakit, tetapi dapat digunakan untuk menyaring orang untuk mengidentifikasi mereka yang membutuhkan tes yang lebih definitif.

Cara kerja: Tes antigen dapat mengidentifikasi virus pada sekret hidung dan tenggorokan. Ini dilakukan dengan mencari protein dari virus (berlawanan dengan tes diagnostik, yang mencari materi genetik). Ini adalah teknologi yang sama yang digunakan di kantor dokter Anda untuk pengujian strep cepat.

Seberapa akurat: Yang pertama dari tes ini memperoleh izin FDA pada 8 Mei. Perusahaan, Quidel Corp., mengatakan akan menggunakan 40.000 tes pertama untuk mendapatkan ide yang lebih baik tentang keakuratan tesnya. Para peneliti tidak mengharapkannya seakurat tes diagnostik PCR, tetapi ada kemungkinan tes antigen dapat digunakan untuk menyaring pasien untuk infeksi. Dr. Jordan Laser, direktur lab di Northwell Health, mencatat pengujian antigen digunakan untuk tes radang cepat, yang dapat diandalkan, dan tes flu cepat, yang tidak.

Seberapa cepat: Tes ini akan memberikan hasil hanya dalam beberapa menit. Akibatnya, mereka dapat digunakan untuk menyaring orang di rumah sakit, tempat kerja tertentu, atau di tempat lain di mana penting untuk mengetahui dengan cepat apakah seseorang saat ini berisiko menyebarkan penyakit. Tetapi kecuali tes ini terbukti sangat akurat, dokter masih perlu menindaklanjuti hasil positif dengan tes PCR untuk membuat diagnosis medis. Itulah berbagai pilihan rapid test Jakarta barat yang bisa dipilih dan diakses untuk mengetahui diri Anda terjangkit virus Covid-19 atau tidak. 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *