Gejala dan Cara Atasi Puting Masuk ke Dalam

Gejala dan Cara Atasi Puting Masuk ke Dalam

Puting masuk ke dalam atau inverted nipple merupakan kondisi yang dapat dialami oleh sebagian wanita di dunia. Kondisi ini terjadi ketika puting tertarik ke dalam payudara alih-alih mengarah keluar pada salah satu atau kedua payudara. Beberapa ahli ada juga yang menyebutnya sebagai nipple inversion, retracted nipple, atau invaginated nipple

Beberapa orang mengalami puting masuk ke dalam sejak dari lahir. Dalam beberapa kasus, kondisi ini disebabkan oleh cedera atau trauma. Setiap kondisi yang menyebabkan peradangan pada sekitar jaringan di belakang puting juga dapat menyebabkan puting masuk ke dalam. Akan tetapi, Anda perlu mewaspadai jika kondisi baru muncul saat sudah dewasa. Bisa jadi, terdapat kondisi medis tertentu yang menyebabkannya.

Apa gejala puting masuk ke dalam?

Kondisi puting masuk ke dalam atau inverted nipple wajar terjadi pada perempuan maupun laki-laki. Namun, meski demikian, jika kondisi ini baru terjadi ketika Anda dewasa atau terjadi dengan cepat selama beberapa minggu, ada baiknya untuk segera menemui dokter.

Bila kondisi puting masuk ke dalam merupakan bawaan dari lahir, Anda mungkin tidak akan menemukan gejala lainnya. Tapi, jika ada penyakit yang mendasari terjadinya kondisi ini, terdapat beberapa gejala yang mengikutinya. Seperti berikut ini:

  • Benjolan di bawah atau di dekat puting
  • Keluar cairan dari puting yang bukan susu dan mungkin berdarah
  • Puting terasa lembut atau nyeri saat disentuh, yang mungkin juga berpengaruh terhadap jaringan sekitar payudara
  • Perubahan tekstur dan warna kulit pada puting, seperti kemerahan atau mengelupas

Gejala-gejala ini dapat mempengaruhi satu atau kedua sisi payudara, tergantung pada penyebabnya. Konsultasikan pada dokter jika mengalami puting masuk ke dalam dengan atau tanpa gejala-gejala di atas.

Bagaimana cara mengatasi puting masuk ke dalam?

Bagi sebagian perempuan, keadaan puting masuk ke dalam dapat mempengaruhi dan mengganggu penampilan. Bahkan untuk seorang ibu, kondisi ini akan sangat berpengaruh ketika sedang menyusui. Pasalnya, mulut bayi akan sulit menghisap puting yang masuk ke dalam.

Ada beberapa solusi sederhana yang dapat dilakukan dalam mengatasi puting masuk ke dalam. Salah satunya menggunakan pelindung payudara untuk menekan area sekitar puting. Pelindung payudara adalah pelindung plastik yang Anda kenakan di atas puting. Alat ini menekan dengan lembut dan secara bertahap menarik puting keluar. 

Ada juga alat hisap yang bisa digunakan. Keduanya memiliki cara kerja yang mirip. Dengan memakai secara rutin, perawatan ini dapat memperbaiki masalah puting masuk ke dalam dalam beberapa minggu.

Bagi ibu yang menyusui, coba konsultasikan dengan dokter. Jika Anda mampu menyusui dengan benar dapat membantu meningkatkan elastisitas puting dan dapat mengatasi masalah puting masuk ke dalam.

Operasi juga dapat digunakan sebagai cara memperbaiki puting masuk ke dalam jika perawatan lain tidak berhasil. Terdapat beberapa teknik bedah yang biasa dilakukan, tapi semuanya merupakan operasi plastik. 

Salah satu yang biasa dilakukan adalah nipple correction. Operasi ini bertujuan untuk memperbaiki puting masuk ke dalam dengan membuat puting menonjol keluar. Nipple correction akan berlangsung selama 30-120 menit, tergantung pada kondisi puting. 

Pada kasus yang sederhana, dokter akan membedah bagian bawah puting. Setelah itu, pembuluh susu pada dada akan diulur, sehingga akan menyebabkan puting yang menonjol. Konsultasikan terlebih dahulu kepada dokter, penyebab puting masuk ke dalam, apa yang dirasakan, serta efek samping dari operasi plastik tersebut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *