Resep Ayam Woku Manado dan 7 Manfaat Mengonsumsinya

Anda bosan dengan olahan ayam khas jawa semacam soto dan lodeh? Kenapa tidak coba bergeser ke menu masakan khas Manado? Yup, Manado memang punya makanan spesial yang tak kalah lezat. Nama menunya adalah ‘Ayam Woku Manado’. Dengan penggunaan berbagai macam jenis bahan bumbu, membuat cita rasa Ayam Woku Manado ini sangat kuat. Nah, bagaimana cara memasaknya? Simak resep Ayam Woku Manado berikut ini. 

Resep ayam woku memiliki cita rasa yang gurih dan pedas

Resep Ayam Woku Manado

Sebelum memasak Ayam Woku Manado, pelajari dulu resepnya. Pastikan bahan-bahan yang dibutuhkan sudah lengkap:

  • Potongan ayam yang sudah dicuci
  • Daun jeruk dan salam (masing-masing 2 lembar)
  • Daun kemangi
  • Daun bawang
  • Serai
  • Gula, garam
  • Minyak
  • Bawang putih dan bawang merah dengan perbandingan 4:8 atau 3:6. 
  • Cabai merah 5 buah
  • Jahe 1 ruas
  • Kunyit bubuk

Nah, setelah bahan-bahan tersebut sudah lengkap, saatnya untuk memasaknya. Ikuti instruksi berikut ini:

1. Haluskan semua bumbu. Ulek sampai benar-benar halus. Anda juga bisa menggunakan blender untuk mempercepat prosesnya. 

2. Nah, setelah semua bumbu halus, segera tumis ke dalam wajan berisi minyak panas. 

3. Di tengah-tengah proses menumis, jangan lupa masukkan kemangi yang sudah dihancurkan. Ini untuk membuat masakan jadi beraroma wangi. 

4. Kemudian masukkan juga daun salam, serai dan juga jeruk. Lalu segera masukkan ayam. 

5. Tambahkan air ke dalam masakan secukupnya, koreksi rasa dengan menambah garam dan gula. 

6. Tunggu sampai bumbu benar-benar meresap. Nantinya, secara lambat laun air pun akan menyusut. Tunggulah hingga air benar-benar habis atau kering. 

7. Angkat, sajikan. 

Tips Memasak Daging Ayam yang Benar

Nah, setelah anda mengetahui resep ayam woku manado, alangkah baiknya juga diperhatikan cara pengolahan daging ayam yang benar. Pasalnya, banyak ibu-ibu yang tidak tahu langkah memasak daging ayam dengan cara yang sehat. Well, anda bisa ikuti langkah mengolahnya yang benar berikut ini:

  1. Hindari memasak daging ayam dengan api yang terlalu besar

Anda memang tidak boleh mengonsumsi daging ayam mentah begitu saja. Namun, bukan berarti anda harus memasaknya terlalu matang.  Memasak daging terlalu matang justru bisa menghilangkan nutrisi baik yang terkandung di dalamnya. 

Nah, untuk menghindari hal ini terjadi,  sebaiknya atur besaran api yang dipakai memasak. Cukup gunakan api yang kecil dengan suhu 60 derajat Celcius dalam waktu satu jam. Meskipun anda membutuhkan waktu lebih lama untuk menunggunya matang, cara ini justru lebih baik untuk menjaga kandungan mineral baik di dalamnya. 

  1. Hangatkan daging ayam dalam air panas sebelum memasak

Selain menggunakan api kecil untuk memasak, anda juga boleh menghangatkan daging ayam terlebih dahulu pada air panas sebelum menaruhnya ke wajan. Cara ini bertujuan untuk mempercepat proses matangnya ayam di wajan. Selain itu, ayam pun terhindar dari resiko hancur saat dimasak di dalam wajan dengan api besar. 

  1. Hangatkan ayam di dalam microwave

Tak hanya menggunakan air hangat, anda juga bisa memasak daging ayam menggunakan microwave terlebih dahulu sebelum memasukkan daging ayam ke wajan. Ini supaya proses matangnya pun bisa lebih cepat

Manfaat Mengonsumsi Daging Ayam

Daging ayam memiliki manfaat yang sangat besar bagi tubuh manusia. Itulah kenapa, sebaiknya anda rutin mengonsumsinya minimal 2 kali dalam seminggu. Tingginya protein di dalam daging ayam merupakan komponen yang bagus untuk pembentukan imun. 

Anda pun bisa mencoba konsumsi daging ayam dengan variasi masakan yang berbeda tiap harinya. Resep daging ayam manado ini bisa anda gunakan sebagai bahan referensi sajian untuk makanan di rumah. Selamat mencoba!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *