Selai Kacang untuk Diet Bisa Turunkan Berat Badan, Kenali Manfaat Baik Lainnya

Selain kacang memang enak untuk dimakan dengan roti. Ternyata, konsumsi selai kacang untuk diet juga bisa menurunkan berat badan, lho. Kenapa sih? Bukannya selai kacang banyak lemak? Yuk, kita cari tahu.

Peanut butter memang tinggi lemak, akan tetapi semuanya adalah lemak sehat dan kaya nutrisi. Namun, selai kacang yang dimaksud jelas yang organik dan natural tanpa adanya bahan tambahan lain.

Pastikan kamu memilih produk selai kacang untuk diet dengan kandungan tepat

Benarkah Selai Kacang Baik untuk Diet?

Tahun 2010 lalu terdapat sebuah penelitian yang menyebut bahwa kacang bisa menjaga respons glikemik dalam tubuh. Artinya ketika ada perubahan kadar gula darah setelah makan bisa lebih terjaga.

Kacang juga mengandung serat yang membuat seseorang akan merasa kenyang lebih lama. Menurut penelitian dari Harvard School of Public Health menyebut bahwa orang yang mengonsumsi secara rutin selai kacang setidaknya dua kali dalam seminggu, maka bisa mengurangi risiko kenaikan berat badan hingga 8 tahun ke depan. Itulah kenapa selai kacang terkenal untuk menurunkan berat badan dalam waktu singkat.

Adapun kandungan dalam selai kacang ini adalah sumber lemak sehat dan protein. Ada juga kandungan vitamin dan mineral, seperti vitamin E, asam lemak omega 6, potasium, serta magnesium.

Dalam 2 sendok makan peanut butter, setidaknya mengandung:

  • Protein 7 gram
  • 191 kalori
  • Lemak 5 gram
  • Karbohidrat 7 gram

Takaran ideal konsumsi selai kacang ini dalam sehari adalah cukup 2 sendok makan saja. Tentu, selai kacang yang dipilih tanpa ada tambahan bahan lain seperti gula, garam, atau minyak. 

Adakah Manfaat Selain Kacang untuk Tubuh?

Dari berbagai penelitian yang pernah dilakukan, wajar jika selai kacang dijadikan alternatif menurunkan berat badan dalam waktu singkat. Selain itu, ada beberapa manfaat selai kacang bagi tubuh yang perlu diketahui, yaitu:

  1. Menurunkan Berat Badan

Selain kacang untuk diet tentu akan efektif jika tanpa tambahan bahan lain berupa gula, garam, serta bahan pengawet. Jadi, untuk mendapatkan manfaat menurunkan berat badan, maka sebaiknya pilihlah peanut butter organik karena kaya akan protein, lemak sehat, dan serat. Selai kacang juga bisa membuat sistem pencernaan jadi lebih lancar.

  1. Terasa Kenyang Lebih Lama

Keinginan untuk terus makan camilan di sela waktu makan memang menjadi musuh utama orang yang menjalani diet. Meskipun makan camilan sehat, biasanya akan tetap mudah lapar tidak lama setelahnya. 

Namun, mengonsumsi selai kacang bisa memberikan sensasi rasa kenyang yang lebih lama. Hal ini disebabkan adanya kandungan lemak sehat dan juga protein. Rasa kenyang ini membuat Anda tidak akan tergoda untuk melirik camilan lain. Dengan begitu, target menurunkan berat badan akan mungkin terwujud.

  1. Mengurangi Risiko Penyakit Jantung

Ternyata, mengonsumsi selai kacang dan jenis kacang-kacangan lain bisa menurunkan risiko terkena penyakit kanker, jantung, dan pernapasan. 

  1. Memulihkan Energi

Saat Anda merasa lelah setelah beraktivitas dengan intensitas tinggi seperti berolahraga, Anda bisa mengonsumsi selai kacang yang akan membantu memulihkan energi karena kandungan protein di dalamnya. 

  1. Memberikan Respons Glikemik yang Lebih Baik

Selain kacang yang punya rasa manis ternyata mengandung angka indeks glikemik yang rendah. Padahal kebanyakan makanan yang melalui proses pengolahan yang banyak biasanya mudah sekali meningkatkan kadar gula darah dalam tubuh. Sehingga berisiko meningkatkan kadar gula dan menyebabkan penyakit diabetes dan obesitas.

Namun, konsumsi selai kacang tidak akan membuat kadar gula dalam darah meningkat signifikan.

Memutuskan konsumsi selai kacang untuk diet memang tepat. Asal, selai kacang yang dipilih yang organik dengan bahan utama kacang tanpa adanya tambahan gula, garam, dan bahan pengawet. Namun, bukan berarti juga dengan makan selai kacang, berat badan Anda langsung berkurang dalam sekejap.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *