Selain Dehidrasi, Berikut 9 Pemicu Bibir Berdarah

Selain Dehidrasi, Berikut 9 Pemicu Bibir Berdarah

Bibir berdarah memang mudah sekali terjadi. Sebab, bibir merupakan bagian tubuh yang paling lembut dan tipis. Untuk mengatasi permasalahan bibir berdarah ini, tentu disesuaikan dengan penyebabnya agar tidak asal-asalan saja. 

Apa Saja Penyebab Bibir Berdarah?

Bibir berdarah biasanya sering disebabkan karena bibir kering dan pecah-pecah. Hal ini terjadi karena bibir tidak memiliki perlindungan selayaknya bagian kulit tubuh yang lain. Lagi pula, bibir juga tidak bisa melembapkan permukaannya sendiri. 

Lebih jelasnya, berikut penyebab bibir berdarah yang sering terjadi.

  1. Bibir Kering dan Pecah-pecah

Bibir kering memang bisa terjadi kapan saja dan bisa dipicu oleh berbagai hal, seperti suhu udara yang terlalu dingin, lingkungan, berangin, hingga udara kering. Selain itu, bibir pecah-pecah juga bisa terjadi akibat iritasi kulit dan peradangan.

Pada kasus yang lebih parah, biasanya pada sudut bibir mengalami peradangan yang disebut juga dengan angular cheilitis. Kondisi ini menyebabkan munculnya luka di sudut bibir.

  1. Dehidrasi

Bibir kering pecah-pecah hingga menyebabkan bibir berdarah biasanya karena dehidrasi. Kondisi ini terjadi saat tubuh mengalami kekurangan cairan karena minum yang terlalu sedikit. Terlebih bagi kita yang tinggal di Indonesia yang merupakan negara tropis. 

Bibir tidak memiliki kelenjar minyak seperti bagian kulit tubuh lain sehingga tidak bisa memproduksi zat pelembap untuk membuat bibir terus terhidrasi dengan baik sehingga tidak kering. 

  1. Terkena Paparan Sinar Matahari

Ternyata bibir juga perlu dilindungi dari paparan sinar matahari yang berbahaya. Biasanya, bibir yang tidak terlindungi tabir surya akan rentan mengalami peradangan. 

Tentu dalam jangka panjang akan membuat bibir menjadi kering dan kaku. Efeknya, akan membuat bibir menjadi pecah-pecah.

  1. Kebiasaan Menjilat Bibir

Ada sebagian orang yang memiliki kebiasaan menjilat bibir ketika dia merasa bibirnya sudah mulai kering. Namun, kebiasaan ini ternyata bisa membuat kondisi bibir menjadi tambah parah, lho. Sebab, air ludah bisa mempertahankan kelembapan bibir. Akan tetapi, saat air ludah tersebut menguap, maka akan membuat bibir jadi lebih kering bahkan dibanding sebelumnya.

  1. Kekurangan Vitamin dan Mineral

Tubuh yang kekurangan vitamin B bisa membuat kulit mengalami masalah kesehatan kulit. Sebab, diantara sekian banyak fungsi vitamin B, salah satunya adalah untuk membuat kulit menjadi lebih sehat.

Jika tubuh kekurangan vitamin B, maka bisa menimbulkan berbagai penyakit kulit seperti ruam, kulit berjerawat, hingga bibir pecah-pecah. Selain itu, kekurangan mineral seperti zinc dan juga zat besi bisa menyebabkan kondisi yang sama seperti kekurangan vitamin B. Terlebih di bagian sudut bibir.

  1. Penggunaan Pasta Gigi

Pasta gigi yang biasa digunakan mengandung sodium lauryl sulfate (SLS). Ternyata zat SLS ini bisa menghilangkan kelembapan bibir, lho. Jika Anda mengalami kondisi bibir yang pecah atau kering, maka periksalah pasta gigi yang ANda gunakan, bisa jadi mengandung SLS.

  1. Bernafas dengan Mulut

Mungkin bagi penderita pilek, asma, atau masalah pernapasan lainnya biasanya akan sering kali menghadapi masalah bibir kering dan pecah. Hal ini karena biasanya mereka cenderung menggunakan mulut untuk bernafas sehingga aliran udara akan sangat kencang dan sering.

  1. Cedera

Bibir berdarah juga bisa disebabkan oleh adanya cedera yang terjadi. Misalnya bibir terkena hantaman, pukulan, terjatuh, terkena goresan pinggiran kertas, atau karena tergigit. Selain berdarah, biasanya bibir juga bisa menjadi bengkak.

  1. Reaksi Alergi

Selain itu, bibir mengalami kering dan pecah hingga berdarah bisa juga disebabkan karena alergi penggunaan produk bibir seperti lipstik, pelembap bibir, dan sebagainya. Biasanya juga disertai dengan gejala lain seperti bibir gatal, iritasi, bibir kering, hingga ruam yang terjadi di sekitar mulut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *