Snack Sehat untuk Cemilan di Malam Hari

snack sehat

Rasa lapar yang mendadak datang di malam hari sering membuat Anda bingung untuk memilih makanan, sebab makan di malam hari sering dikaitkan dengan penambahan berat badan. Oleh karena itu, penting bagi Anda untuk menyediakan sejumlah snack sehat.

Snack sehat tidak perlu sulit untuk dibuat, ada yang bisa langsung Anda konsumsi begitu saja seperti buah-buahan dan yogurt. Beberapa cemilan sehat bahkan juga bisa membantu tidur Anda lebih nyenyak.

Snack Sehat di Malam Hari

Jangan salah pilih snack sehat untuk dikonsumsi di malam hari. Jaga porsi yang Anda asup sekitar 200 kalori untuk menghindari penambahan berat badan yang tidak diinginkan.

Berikut adalah makanan dan juga minuman yang bisa Anda manfaatkan sebagai cemilan sehat kala lapar melanda di malam hari:

1. Telur

Telur merupakan makanan serbaguna yang bisa kamu jadikan apa saja. Anda bisa merebusnya dan menyimpan beberapa di dalam kulkas, supaya jika sewaktu-waktu Anda lapar di malam hari bisa langsung ambil dan dimakan.

Anda juga bisa membuat salad telur, omelet telur, dan bahkan muffin. Satu telur berukuran besar mengandung hanya 72 kalori dan 6 gram protein yang bisa membuatmu kenyang seketika. 

2. Kiwi

Buah kiwi yang manis dan bernutrisi memiliki 93 kalori, 5 gram serat dan 190 persen asupan rekomendasi harian dari vitamin C. Ditambah lagi, kiwi juga bisa membuat Anda tidur lebih nyenyak.

Sebab kandungan serotonin, hormon yang dapat membuat saraf rileks, di dalam buah berkulit unik ini cukup banyak. Selain itu serotonin juga bisa menekan rasa lapar.

3. Oatmeal

Tidak hanya untuk sarapan, namun semangkuk oatmeal hangat juga tepat dijadikan cemilan saat lapar di malam hari. Oatmeal tinggi akan serat dan juga beta-glucan yang dapat menjaga kadar kolesterol tetap normal.

Jika Anda tidak ingin membuang waktu banyak, buatlah oatmeal instan menggunakan susu bebas-lemak. Tambahkan beberapa buah kering dan madu atau sirup mapel sebagai tambahan rasa.

4. Pisang dan selai kacang

Buah pisang yang diberi selai kacang merupakan cemilan yang lezat namun juga sehat. Pisang juga dikenal mengandung serotonin yang cukup tinggi sehingga bisa membuat Anda tidur lebih nyenyak.

Sebaiknya pilih selai kacang yang alami, seperti selai kacang almond. Almond yang menjadi bahan dasar selai mengandung melatonin, lemak sehat, vitamin E, dan magnesium yang baik untuk tubuh. 

5. Protein smoothie

Mengonsumsi cemilan tinggi protein dapat membantu perbaikan otot dan juga memperlambat kehilangan otot karena usia. Smoothie bisa menjadi cemilan yang cocok untuk memenuhinya, terutama bagi Anda yang rutin berolahraga.

Membuat protein smoothie cukup mudah, cukup blender susu rendah-lemak dengan buah-buahan beku seperti nanas. Susu dan nanas diketahui dapat membantu Anda tidur lebih nyenyak. 

6. Yogurt dan buah

Yogurt merupakan sumber kalsium terbaik dan diketahui dapat membantu tidur Anda lebih nyenyak. Pastikan Anda mengonsumsi yogurt dengan kandungan rendah gula atau tanpa gula dan perasa sama sekali.

Anda bisa menambahkan rasa dengan buah-buahan, potongan kacang, dan madu. Buah-buahan yang direkomendasikan adalah buah beri yang tinggi serat dan magnesium yang membuat saraf dan otot rileks sehingga mempercepat rasa kantuk. 

Manfaat Ngemil Sehat di Malam Hari

Mungkin Anda terkejut jika ternyata mengonsumsi snack sehat di malam hari punya manfaat tersendiri. Tentunya manfaat ini bisa didapatkan jika cemilan yang Anda konsumsi bukan dari makanan yang penuh bahan tambahan buatan dan tetap pada porsi yang cukup.

Berikut adalah beberapa manfaat yang bisa didapatkan:

1. Menurunkan berat badan

Berbeda dari yang banyak dipercaya, ngemil snack sehat di malam hari diketahui bisa membantu menurunkan berat badan. Orang yang cenderung makan banyak saat makan malam, kemudian ngemil sehat setelah makan bisa membantu mengontrol nafsu makan dan mencegah makan berlebihan.

Membiasakan pola makan yang sehat ini tentunya seiring waktu dapat membantu menurunkan berat badan dan bukannya menambah berat badan.

2. Tidur lebih nyenyak

Kurang tidur kerap dikaitkan dengan banyak masalah kesehatan, salah satunya adalah obesitas yang dapat mengarah pada banyak penyakit kronis. Kurang tidur bisa disebabkan oleh banyak hal, salah satunya adalah tidur yang kurang nyenyak.

Makanan-makanan sehat yang digunakan sebagai cemilan di malam hari seperti buah-buahan, yogurt, dan susu diketahui memiliki kandungan yang dapat membuat Anda tidur lebih nyenyak.

3. Menstabilkan gula darah di pagi hari

Di pagi hari, liver mulai memproduksi ekstra glukosa atau gula darah yang memberikan Anda energi untuk memulai hari. Sehingga, beberapa orang ada yang mengalami hipoglikemia atau gula darah rendah di malam hari.

Proses ini tentu berdampak cukup signifikan pada pengidap diabetes. Penelitian menyebutkan bahwa mengonsumsi snack sehat di malam hari dapat mencegah adanya perubahan pada gula darah dengan memberikan tambahan sumber energi di malam hari. 

Hal yang paling penting untuk dilakukan adalah tetap menyediakan snack sehat di sekitar Anda untuk bisa dinikmati sewaktu-waktu. Dengan begitu Anda tidak perlu membeli makanan dan berakhir menikmati cemilan yang tinggi kalori dan tidak sehat sebelum tidur. 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *