Solusi Bayi MPASI Tidak BAB 3 Hari

Anda sedang khawatir bayi MPASI tidak BAB 3 hari? Dalam banyak kasus, hal ini merupakan sesuatu yang normal. Bahkan beberapa bayi bisa tidak BAB selama seminggu. Namun, terkadang bayi akan menderita konstipasi dan membutuhkan sedikit bantuan untuk mengatasinya. Apabila bayi sedang konstipasi, dokter anak dapat merekomendasikan penggunaan home remedies sebagai perawatan pertama konstipasi pada bayi. 

Adapun beberapa hal yang bisa Anda lakukan untuk mengatasi bayi MPASI tidak BAB 3 hari di antaranya.

Bayi sering BAB sebanyak 2-5 kali per hari hingga ia berusia 6 minggu
  • Latihan. Sama seperti orang dewasa, latihan dan banyak gerak dapat membantu menstimulasi usus bayi. Akan tetapi, mungkin bayi Anda belum bisa berjalan atau bahkan merangkak. Untuk itu, orang tua dapat membantu bayi beraktivitas untuk meredakan konstipasi. Anda bisa dengan lembut menggerakkan kaki bayi pada saat mereka berbaring di ranjang. Tiru gerakan kaki mengayuh seperti sedang mengendarai sepeda. Dengan cara ini, Anda bisa membantu fungsi usus dan meredakan bayi MPASI tidak BAB 3 hari. 
  • Mandi air hangat. Memandikan si kecil dengan air hangat dapat menenangkan otot perut dan membantu mencegah otot menegang. Mandi menggunakan air hangat juga dapat meredakan rasa tidak nyaman yang berhubungan dengan konstipasi. 
  • Perubahan diet. Beberapa perubahan diet tertentu dapat membantu meredakan konstipasi pada bayi MPASI tidak BAB 3 hari. Namun hal ini tentunya akan bervariasi tergantung pada usia bayi dan juga diet yang dikonsumsi. Saat menyusui bayi, ibu dapat mengurangi beberapa konsumsi makanan tertentu, misalnya produk dairy, dari diet sang ibu. Butuh beberapa uji coba untuk mengidentifikasi perubahan diet yang dapat membantu, dan bahkan sangat mungkin bahwa perubahan diet tidak akan memberikan efek apapun pada konstipasi yang diderita bayi. 

Untuk bayi yang diberi minum formula, orang tua dapat mencoba beberapa jenis formula yang berbeda hingga menemukan yang tepat. Akan lebih baik untuk tidak berganti ke formula bebas dairy atau lembut sebelum mengkonsultasikan hal ini dengan dokter anak terlebih dahulu. Jika perubahan tidak memberikan perbedaan apapun, terus mencoba formula yang berbeda mungkin tidak akan membantu. Jika bayi Anda sudah mengonsumsi makanan padat, orang tua perlu memperkenalkan anak dengan makanan-makanan sumber serat yang baik. Banyak buah dan sayuran dapat membantu menstimulasi pergerakan usus karena tinggi kandungan serat. Adapun beberapa pilihan makanan untuk bayi MPASI tidak BAB 3 hari di antaranya adalah apel tanpa kulit, brokoli, gandum utuh seperti oatmeal, buah persik, buah pir, dan buah plum. 

  • Hidrasi. Bayi biasanya tidak membutuhkan suplementasi cairan karena mereka akan mendapatkan cukup hidrasi lewat ASI maupun formula. Akan tetapi, bayi yang sedang konstipasi bisa mendapatkan manfaat dari sedikit cairan ekstra. Dokter anak terkadang merekomendasikan menambahkan sedikit air atau jus buah ke dalam diet bayi ketika mereka berusia antara 2-4 bulan dan sedang menderita konstipasi. 
  • Jus buah. Setelah bayi berusia 2-4 bulan, mereka boleh mengonsumsi jus buah dalam jumlah kecil, seperti jus apel. Jus ini dapat membantu merawat konstipasi. Gula yang ada di dalam jus sulit untuk dicerna. Sebagai hasilnya, lebih banyak cairan masuk ke usus, yang mana akan membantu melunakkan dan mengurai feses. Namun, orang tua tidak boleh memberikan jus buah ke anak sebelum berkonsultasi dengan dokter anak terlebih dahulu. 

Hal-hal tersebut di atas merupakan beberapa solusi bayi MPASI tidak BAB 3 hari. Konstipasi merupakan hal yang umum dijumpai, dan banyak kasus kondisi ini tidak perlu menimbulkan kekhawatiran tersendiri. Akan tetapi, apabila konstipasi diikuti dengan gejala lain seperti adanya darah di kotoran, bayi terus menerus rewel, menderita nyeri perut, atau bahkan tidak ada kemajuan setelah mendapatkan perawatan, hubungi dokter.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *