Tidak Hanya Actifed Hijau, Obat Batuk Ini Juga Sangat Manjur!

Batuk terjadi saat debu dan zat pemicu alergi masuk ke sistem pernapasan, sehingga otak akan mengirimkan sinyal pada otot dada dan perut untuk mengeluarkan benda asing itu. Ketika otot berkontraksi, sistem pernapasan akan mengeluarkan debu dan benda asing ini. Actifed hijau merupakan salah satu obat batuk yang sudah menjadi andalan.

Ada dua jenis batuk yang sering dialami, yaitu batuk kering dan berdahak. Batuk berdahak disebabkan oleh infeksi virus, bakteri, dan radang tenggorokan, sedangkan batuk kering terjadi akibat iritasi pada tenggorokan, dan alergi. Batuk berdahak cenderung disertai pilek, dan batuk kering disertai rasa gatal di tenggorokan.

Jangan asal beli tanpa baca kandungannya, cek dulu fungsi dari setiap kandungan yang ada di obat batuk. Ini beberapa kandungan yang terdapat dalam obat batuk beserta fungsinya.

  • Supresan, digunakan untuk meringankan gejala batuk kering dan gatal. Bahan yang digunakan adalah dextromethorphan dan codeine untuk menekan refleks batuk.
  • Ekspektoran, membantu mengencerkan lendir, sehingga lendir atau dahak tersebut dapat dikeluarkan melalui batuk.
  • Demulcent, bekerja dengan cara melapisi tenggorokan, sehingga mengurangi rangsangan untuk batuk.
  • Antihistamin, meredakan gejala alergi pada saluran pernapasan.
  • Analgesik, meredakan nyeri dan membantu menurunkan demam.
  • Dekongestan, berfungsi meredakan hidung tersumbat.

Berikut ini obat batuk yang efektif redakan batuk berdahak dan batuk kering. Bila sakit tidak kunjung sembuh dalam tiga hari, konsultasikan ke dokter. Bisa jadi ada penyakit serius yang menyertainya, dan jangan minum lebih dari dosis yang dianjurkan.

  1. Actifed plus expectorant atau Actifed hijau

Produk ini merupakan obat batuk untuk meringankan pilek dan batuk berdahak. Obat batuk Actifed Plus Expectorant ini bisa aman dikonsumsi oleh anak mulai usia 2 tahun sampai orang dewasa. 

Obat ini bekerja menurunkan viskositas lendir dengan cara meningkatkan volume dan kandungan air dari sekresi tenggorokan. Dengan begitu, obat batuk anak ini akan membantu pengeluaran dahak. Ini karena mengandung senyawa dari golongan pyrrolidine yang mampu menekan sistem saraf pusat, sehingga obat ini akan menyebabkan kantuk.

  1. Woods

Woods Peppermint Antitussive digunakan untuk mengatasi batuk kering yang disebabkan oleh alergi, karena mengandung antitusif dan antihistamin yang akan meredakan gatal di tenggorokan. Sedangkan, jika kamu mengalami batuk berdahak, gunakan Woods Peppermint Expectorant yang berfungsi untuk mengencerkan lendir dan membantu mengeluarkan dahak. Rasa peppermintnya memberikan sensasi segar di tenggorokan.

  1. OB Herbal

OB Herbal merupakan obat batuk yang diformulasikan dari ekstrak tanaman seperti jahe dan jeruk nipis, serta ditambah madu untuk mengatasi batuk dan meredakan rasa tidak nyaman di tenggorokan. Tenggorokan jadi lebih hangat. Obat batuk ini juga tidak menyebabkan kantuk dan bebas alkohol. Obat ini juga membantu mengencerkan dahak dan mengeluarkan dahak sehingga melegakan pernapasan. Dosis penggunaannya adalah 3×1 sendok takar. Obat batuk herbal ini juga aman digunakan untuk anak di atas 2 tahun.

  1. Bisolvon

Obat batuk Bisolvon Elixir bisa jadi pilihan saat Anda sudah menunjukkan gejala batuk berdahak. Jika batuk sudah berjalan selama beberapa hari, Anda bisa menggunakan Bisolvon Extra. Kandungan Guaifenesin pada Bisolvon Extra bisa untuk membantu mengeluarkan dahak, sehingga membuatmu lebih lega saat bernapas. 

Namun, jangan gunakan obat batuk Bisolvon Extra saat kamu mengalami batuk kering. Saat batuk kering, gunakan Bisolvon Antitussive yang menekan pusat batuk dan menekan gejala alergi, sehingga mengurangi rasa gatal di tenggorokan. Selain sirup, obat batuk ini juga menyediakan bentuk tablet.

  1. Konidin

Selain batuk kering dan batuk berdahak, Konidin juga diklaim efektif mengobati batuk yang disebabkan oleh alergi hingga menuntaskan sisa-sisa bronkitis. Konidin mengandung chlorpheniramine maleat atau yang lebih dikenal sebagai CTM. Jadi, setelah mengonsumsi obat ini dapat menyebabkan kantuk. Oleh karena itu, pastikan kamu tidak sedang beraktivitas atau berkendara saat mengonsumsi obat ini.

Itulah beberapa obat batuk selain Actifed hijau yang bisa membantu Anda untuk mengatasi batuk berdahak. Anda bisa membeli semua obat – obatan melalui SehatQ. Tidak hanya itu, Anda juga bisa konsultasi dengan dokter tentang sakit yang diderita secara daring di SehatQ.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *