Tips Memilih dan Rekomendasi Face Wash untuk Kulit Berminyak

Memastikan wajah tetap bersih adalah kunci utama untuk menghindari adanya masalah seperti jerawat atau komedo. Terlebih bagi pemilik kulit berminyak harus lebih extra dalam membersihkan kulit wajah. 

Pemilihan jenis face wash juga juga harus dilakukan hati-hati, karena face wash harus mampu mengangkat penumpukan minyak alami, kotoran, debu, bakteri, serta mencegah pori-pori tersumbat.

Rekomendasi 10 Facial Wash Lokal Terbaik

Tips Cara Memilih Face Wash untuk Kulit Berminyak

Jenis kulit tiap orang berbeda-beda, sehingga kebutuhan sabun wajahnya juga berbeda. Untuk memudahkan kamu memilih jenis sabun muka yang cocok untuk kondisi kulitmu, berikut tipsnya:

  • Lihat kandungan dari face wash

Mencermati kandungan dari sabun muka adalah hal yang harus dilakukan sebelum membelinya. Kandungan sabun wajah yang tepat dapat membantu kondisi kulit lebih baik, sedangkan kandungan yang tidak tepat malah membuatnya semakin buruk. Jenis kandungan yang dianjurkan ada pada sabun muka untuk kulit berminyak adalah seperti benzoil peroksida, asam glikolat, asam salisilat, dan niacinamide. Kandungan-kandungan tersebut dapat mengendalikan produksi minyak alami di wajah sehingga mencegah timbulnya jerawat.

  • Pilih face wash dengan label non comedogenic dan oil free

Untuk pemilik kulit berminyak, kamu dapat menggunakan sabun muka yang memiliki label ‘oil free’ dan ‘non comedogenic’ pada kemasannya sehingga tidak menyumbat pori-pori. 

Produk yang sudah melalui tes non comedogenic maka telah teruji tidak terdapat kandungan minyak di dalam produk tersebut.

Rekomendasi Face Wash untuk Kulit Berminyak

  1. Cetaphil Oily Skin Cleanser

Untuk mengurangi produksi minyak alami di wajah, kamu bisa menggunakan Cetaphil Oily Skin Cleanser. Walaupun mampu membersihkan minyak berlebih secara menyeluruh, kamu tidak perlu takut wajah menjadi terasa kering saat menggunakan produk ini.

Face wash ini menghasilkan busa lebih sedikit dibandingkan dengan dengan sabun muka lainnya dan mampu membersihkan wajah secara menyeluruh dengan efektif.

  1. Azalea Face Wash Oil Control 

Brand Azalea juga mengeluarkan sabun cuci muka khusus untuk kulit berminyak dan berjerawat. Azalea Face Wash Oil Control mampu membersihkan wajah dari sisa kotoran, make up, dan minyak berlebih secara menyeluruh. Dengan produk ini, wajah akan tampak lebih cerah, lembab, serta terasa lebih lembut saat disentuh.

  1. Cetaphil Gentle Skin Cleanser

Formula pada Cetaphil Gentle Skin Cleanser tidak menyebabkan iritasi dan lembut di kulit. Produk ini cocok digunakan dari berbagai rentang usia, kecuali bayi dan anak-anak. Tidak perlu khawatir, Cetaphil Gentle Skin Cleanser juga telah melalui proses non comedogenic yang aman bagi kulit berminyak. Face wash ini juga telah banyak disarankan oleh dokter dan ahli kesehatan kulit.

  1. Elsheskin Oily Cleanser Wash

Face wash yang ditujukan bagi kulit berminyak selanjutnya adalah Elsheskin Oily Cleanser Wash. Terdapat beberapa kandungan bahan aktif yang berguna untuk membersihkan sisa kotoran dan make up di wajah secara menyeluruh, yaitu glucose oxidase, lactoferrin, potassium thiocyanate, citric acid, lactoperoxidase, dan glucose pentaacetate.

Selain produksi minyak wajah yang berkurang, kamu juga bisa mendapatkan wajah yang lembut dengan menggunakan produk ini.

  1. Tea Tree Skin Clearing Facial Wash by The Body Shop

Face wash selanjutnya yang dapat dipertimbangkan adalah The Body Shop Tea Tree Skin Clearing. Terdapat kandungan tea tree oil yang terkenal ampuh untuk mencegah noda bekas jerawat, peradangan pada jerawat, dan mengontrol minyak alami yang berlebih pada wajah. Produk ini berwarna bening dan memiliki aroma mint yang segar saat digunakan. 

  1. Himalaya Herbal Oil Control Lemon Face Wash

Cari face wash untuk kulit berminyak dan sekaligus mencerahkan wajah? Kamu bisa memilih Himalaya Herbal Oil Control Lemon Face Wash. Produk ini memiliki kandungan ekstrak lemon sebagai antibakteri. Asam sitrat pada lemon mampu mencerahkan wajah dan mengurangi peradangan jerawat secara bersamaan.

Tidak hanya itu, terdapat kandungan ekstrak madu dan minyak jojoba yang mampu menjaga kelembapan kulit mu. Produk ini juga tidak mengandung paraben sehingga kamu bisa menggunakannya dengan aman setiap hari.

  1. Safi White Expert Oil Control and Anti Acne Facial Cleanser

Salah satu brand lokal yang dapat kamu pertimbangan dalam memilih face wash khusus kulit berminyak adalah Safi. Sabun muka untuk kulit berminyak yang dikeluarkannya adalah Safi White Expert Oil Control & Anti Acne Facial Cleanser. Diperkaya dengan oxy white, produk ini mampu membersihkan kotoran dan minyak berlebih pada wajah.

Tidak hanya itu, terdapat kandungan mineral zinc pada sabun muka ini yang dapat merawat kulit berminyak yang rentan berjerawat.

Itu tadi 7 rekomendasi face wash bagi kulit berminyak. Selalu pastikan wajah dalam keadaan bersih, terutama setelah beraktivitas diluar dan setelah menggunakan make up untuk menghindari masalah pada kulit wajah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *